Connect with us

Event

Ajang Pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia Kembali Digelar

Published

on

Foto Istimewa

Kabarhiburan.com, Jakarta – Indonesia merupakan  negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, maka sektor kemaritiman perlu mendapat perhatian serius dari semua kalangan. Untuk itulah ajang pemilihan Putera-Puteri Maritim Indonesia (PPMI) tahun 2018 kembali diadakan, setelah sebelumnya dilangsungkan pada 2016 dan 2017.

Ajang ini memberikan kesempatan kepada pemuda-pemudi Indonesia terlibat langsung dalam mengenalkan dan memberikan jiwa kemaritiman.

“Mereka adalah duta-duta  yang nanti menjadi juru bicara kita kepada publik.  Pesan utamanya adalah agar mereka juga dapat menjelaskan mengenai kemaritiman kepada publik,” jelas Safri Burhanudin selaku Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman, di gedung Menko Kemaritiman, Jumat (8/6).

Para duta tersebut nantinya akan bekerjasama dengan kepala dinas setempat untuk melakukan kegiatan-kegiatan kemaritiman, memberikan pelatihan kepada para warga pesisir dan memberikan pengetahuan tambahan bagaimana mengelola ikan, budidaya terumbu karang, hutan mangrove dan mengkampanyekan penghentian penggunaan plastik, memerangi sampah-sampah plastik yang sudah menjadi persoalan serius bagi kesehatan generasi akan datang.

Di tempat yang sama, Pelindung Yayasan PPMI Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Purdijatno menambahkan bahwa  ajang pemilihan PPMI 2018 bertujuan untuk meningkatkan peran generasi muda dalam melanjutkan perjuangan bangsa Indonesia demi mengembalikan kejayaan maritim Indonesia.

“Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membantu pemerintah mendidik putera-puteri yang sungguh-sungguh mencintai negerinya. Hal ini pun sejalan dengan visi Presiden Jokowi untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” ujar Tedjo Edhy Purdjianto.

Para peserta PPMI 2018 diharapkan datang dari seluruh provinsi di tanah air dengan melakukan pendaftaran yang dibuka mulai mulai Jumat (8/6) hingga Minggu (8/7) mendatang, melalui situs resmi PPMI www.ppmaritimindonesia.com.

Persyaratan yang ditentukan oleh panitia PPMI 2018 adalah, peserta merupakan Warga Negara Indonesia berusia 18-26 tahun, belum pernah menikah, berpendidikan minimal SMA atau sederajat, sehat jasmani dan rohani, tinggi badan minimal 165 cm untuk perempuan dan 170 cm untuk laki-laki. Diwajibkan memiliki kemampuan berenang atau salah satu cabang olahraga air.

Para peserta juga membawa rekoemendasi dari pemerintah daerah tempatnya berasal. “Gunanya agar pemda juga mengawal dan membekali para peserta. Jika sudah menyelesaikan  proses karantina, baik menang atau tidak, pemda bisa memanfaatkan hasil penggemblengan selama di karantina,” tambah mantan KSAL ini.

Setelah melewati proses pendaftaran, seleksi administrasi serta seleksi wawancara, para finalis akan menjalani proses Pendidikan dan Pelatihan yang digelar selama 10 hari di Komando Armada-I, Pondok Dayung Jakarta Utara.

Masa Pendidikan dan Pelatihan berlangsung mulai tanggal 11 September hingga 21 September mendatang. Selama karantina ini para finalis mendapatkan berbagai macam materi dan kegiatan pelatihan, diantaranya pelatihan ala militer, seperti baris berbaris, menembak, memanah, dan kegiatan militer lainnya.

Tentu saja para finalis juga mendapatkan materi kemaritiman, pariwisata, komunikasi dan informasi, pengenalan diving, public speaking, table manner, beauty class, Lingkungan Hidup, Iptek, pengelolaan sampah termasuk melakukan bakti sosial di Pulau Edam, Kepulauan Seribu.

Akhirnya para finalis, kemudian harus membuktikan diri sebagai yang terbaik dalam ajang Grand Final PPMI 2018 yang diselenggarakan pada 22 September 2018 di Kementerian Pariwisata, untuk  memperebutkan hadiah utama, yakni Mahkota dan Piala Bergilir untuk Putera dan Puteri Maritim  Indonesia.

Seluruh finalis juga memperebutkan hadiah uang tunai, trophy, sertifikat, serta selempang Duta Maritim 2018. Selain  bersedia mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri untuk menjadi Duta Maritim Indonesia. (Tumpak Sidabutar/KH)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Event

Kim Soo Hyun Dapat Roma Kelapa, Penggemar Langsung Heboh

Published

on

By

Kim Soo Hyun (Foto: Instagram Soohyun k_216)

Kabarhiburan.com – Aktor film ternama dari Korea Selatan, Kim Soo Hyun merayakan ulang tahun ke 33, pada Rabu (16/2) silam.

Ia pun menerima ucapan selamat dari para penggemarnya di seluruh dunia melalui media sosial, hingga sempat menjadi trending di Twitter. Kim Soo Hyun juga mengabadikan tumpukan hadiah ultah yang diterima di akun instagram pribadinya.

Menariknya, diantara tumpukan hadiah ulang tahun tersebut, terlihat produk dari Indonesia. Salah satunya Roma Kelapa dari Mayora.

Para penggemar pun mengabadikan foto yang terdapat di postingan aktor drama It’s Okay to Not Be Okay tersebut, lalu menyebarkannya lewat media sosial. Itu artinya, cemilan dari Indonesia tersebut sudah go international.

Unggahan tersebut membuat penggemar dari Indonesia bertanya-tanya, siapa gerangan yang mengirimkan cemilan tersebut untuk aktor film The Thieves (2021), Secretly, Greatly (2013) dan Real (2017.

Banyak yang merasa iri karena belum mengirimkan cemilan Roma Kelapa kepada sang idola. Mereka membayangkan Kim Soo Hyun membuka kemasan Roma Kelapa, mencelupkannya ke teh, kopi, atau susu, lalu memakannya, seperti yang biasa orang Indonesia lakukan.

Seperti diketahui, Roma Kelapa merupakan biskuit berbahan baku kelapa asli dan berkualitas. Booming sejak akhir 1970-an, Roma Kelapa masih populer hingga saat ini. (Tumpak S)

Continue Reading

Event

Mungkin Anda yang Kami Cari. Ikuti ‘Sinemart Mencari Bintang’ Casting Online, Gratis!

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Sederetan sinetron unggulan SCTV, seperti Dari Jendela SMP, Buku Harian Seorang Istri, Love Story The Series, dan Samudra Cinta, yang sukses menghibur masyarakat Indonesia di masa pandemi, merupakan keberhasilan rumah produksi PT. Sinemart Indonesia dalam melahirkan kisah-kisah terbaik dengan dibintangi oleh sejumlah bintang berbakat.

Kini, PT. Sinemart Indonesia membuka kesempatan bagi generasi muda di penjuru tanah air untuk menyusul kesuksesan Giorgino Abraham, Rangga Azof, Dude Harlino, Haico Van Der Veken, Sandrinna Michelle dan masih banyak lagi dengan mengikuti Sinemart Mencari Bintang casting online.

Pendaftaran Sinemart Mencari Bintang casting online akan dibuka mulai 23 Februari 2021 hingga 25 Maret 2021 mendatang.

Produsernya, David Setiawan Suwarto mengungkapkan, Sinemart Mencari Bintang secara online demi mendukung pemerintah untuk menekan jumlah penyebaran Covid-19.

Casting online ini tentunya menjadi jawaban untuk generasi muda dari berbagai wilayah Indonesia yang ingin menyalurkan bakat terbaiknya di dunia akting.

“Melalui Sinemart Mencari Bintang casting online diharapkan dapat menemukan Bintang Sinemart selanjutnya dengan potensi terbaik untuk bersaing di dunia akting,” tambah David Setiawan Suwarto.

Sinemart Mencari Bintang casting online juga disambut baik oleh SCTV yang senantiasa menayangkan sinetron karya rumah produksi Sinemart bersama sejumlah aktor dan aktris muda populer yang juga telah menjadi Bintang Sinemart.

“Melalui Sinemart Mencari Bintang casting online ini diharapkan Bintang Sinemart terpilih dapat semakin mewarnai sejumlah judul sinetron dan memperkuat jam tayang SCTV,” pinta Banardi Rachmad selaku SVP Programming Acquisition SCTV.

Pendaftaran dapat diikuti oleh seluruh pemirsa setia yang memenuhi persyaratan, yakni berpenampilan menarik, sehat jasmani dan rohani, pria atau wanita berusia 13  sampai 17 tahun untuk kategori remaja dan usia 18  sampai 23 tahun untuk kategori dewasa.

Tidak terikat kontrak dengan pihak manapun (sosial media, youtube, rumah produksi, dan lain sebagainya), mengisi formulir pendaftaran secara online di www.sinemartmencaribintang.id dan mengikuti akun Instagram resmi @sinemart_ph @SCTV @kapanlagicom.

Calon peserta bersedia untuk mengikuti seluruh tahapan yang dilaksanakan oleh Sinemart hingga selesai. Nantinya, bagi peserta yang dinyatakan lolos ke Jakarta harus bersedia menjalani masa karantina untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Sinemart.

Peserta berkewajiban untuk mentaati seluruh peraturan dan tata tertib yang ditentukan oleh Sinemart. Peserta yang terpilih bersedia untuk dikontrak dengan pihak Sinemart. Hak cipta atas materi yang dikirimkan oleh peserta sepenuhnya menjadi milik Sinemart dan SCTV.

Calon peserta yang ingin mengikuti Sinemart Mencari Bintang casting online dapat mempersiapkan 3 foto dengan pose berbeda, yakni seluruh badan menghadap kanan, kiri  dan close up dengan ukuran file foto maksimal 5MB setiap foto, serta tidak diperkenankan menggunakan filter kamera.

Membuat video berdurasi maksimal 1 menit berukuran maksimal 200MB yang berisi konten perkenalan peserta dan akting peserta dengan memilih skrip dari salah satu karakter yang tersedia di www.sinemartmencaribintang.id, serta tidak diperkenankan menggunakan filter kamera.

Mengisi formulir pendaftaran di www.sinemartmencaribintang.id lalu upload foto dan video di kolom yang sudah disediakan. Setelah semua kolom terisi dan telah dipastikan tidak ada yang terlewat, klik tombol DAFTAR.

Selanjutnya peserta akan mendapat email notifikasi yang berisi NOMOR REGISTRASI. Pastikan NOMOR REGISTRASI tersimpan karena Sinemart akan mengkonfirmasi jika peserta dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya.

Sinemart Mencari Bintang casting online akan melakukan seleksi dari seluruh video peserta yang kemudian akan dipilih hingga menjadi 30 besar.

Dari 30 peserta terbaik ini, akan kembali diseleksi untuk memilih 12 peserta, yang akan mengikuti masa karantina di Jakarta.

Selama karantina, 12 peserta terpilih akan mendapat pembekalan berbagai ilmu menarik hingga menjadi seorang artis profesional.

Selain membintangi sejumlah judul sinetron yang diproduksi oleh Sinemart, pemenang juga berhak mendapatkan hadiah senilai ratusan juta rupiah.

Seluruh proses Sinemart Mencari Bintang casting online ini tidak dipungut biaya apapun, Gratis! Bersiaplah Menjadi Bintang Sinemart Selanjutnya! (Tumpak S)

Continue Reading

Event

Virzha dan Wizzy Meriahkan Acara BNPT, ‘Salam Indonesia Harmoni’

Published

on

By

BNPT menggelar Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional bertajuk ‘Salam Indonesia Harmoni’, dihadiri oleh Kepala BNPT Komjen Boy Rafli. (Foto: Istimewa).

Kabarhiburan.com – Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan nasional terhadap ancaman radikal terorisme, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar acara Salam Indonesia Harmoni di TVRI, Minggu, 14 Februari 2021, malam.

Kepala BNPT Komjen Boy Rafli hadir dengan mengenakan kostum pakaian adat Minangkabau, diikuti sejumlah tamu yang hadir juga turut mengenakan pakaian adat tradisional Nusantara.

“Salam Indonesia Harmoni adalah sebuah upaya kita untuk menyapa bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk sama-sama kita wujudkan Indonesia yang harmoni,” ujar Boy Rafli dalam talkshow yang dipandu Narji dan Fiona Fachru Nisa.

Boy Rafli juga mengatakan korelasi momen Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional dengan acara Salam Indonesia Harmoni, untuk menjadikan Indonesia yang harmoni maka kita tentu terus berupaya mengingatkan kepada semua pihak untuk sama-sama kita wujudkan kesiapsiagaan masyarakat Indonesia.

Ia menambahkan, kejahatan terorisme yang acap kali merupakan dibawa pihak-pihak tertentu dan bahkan terjadinya proses transnasional ideologi yangmana tidak identik, asimetrik dengan kepribadian bangsa Indonesia.

“Maka kita harus waspada, karena mereka dengan proses propaganda yang dilaksanakan bisa membuat masyarakat tidak terasa, tiba-tiba terbawa arus, terbawa paham-paham yang tidak identik dengan keindonesiaan, dengan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia, dan oleh karenanya memerlukan kewaspadaan kita bersama,” katanya.

Salam Indonesia Harmoni dibuka dengan penampilan teatrikal dari Huma Ark bersama Teater Kubur, mengangkat pesan untuk memerangi terorisme melalui sebuah cerita terkait dengan aksi dan dampak dari tindak pidana terorisme.

Virzha membawakan lagu ‘Kebyar Kebyar’

Mengakhiri teatrikal, tampil Virzha membawakan lagu Kebyar Kebyar yang yang memberi pesan bahwa sejatinya kita harus memegang teguh Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika, demi terciptanya Indonesia damai.

Diikuti Wizzy yang menghadirkan suasana haru Salam Indonesia Harmoni lewat penampilannya membawakan lagu Symphony yang Indah.

Menariknya, Salam Indonesia Harmoni juga dimeriahkan dengan penampilan dari Swaramipa, Tiga Jantung, Indira Dewi, Sofyan Saleh, SE Percussion, dan CAA Dancer.

Boy Rafli melakukan Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional pada acara tersebut diikuti oleh para hadirin yang dipimpin oleh Yoan Clara Teken, Runner Up 5 Putri Indonesia 2020.

Usai memimpin Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional, Yoan tampil mendeklamasikan puisi berjudul Dalam Damai Harmoni Indonesia, sebuah puisi karya Boy Rafli Amar.

Salam Indonesia Harmoni Bersama Untuk Indonesia ditutup oleh penampilan Wizzy dengan  membawakan medley lagu Sajojo dari PapuaKampuang Nan Jauh di Mato dari Sumatera Barat dan Ondel Ondel dari DKI Jakarta. (Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

Continue Reading
Advertisement

Trending