Connect with us

Lifestyle

Aneka Trik Cerdas Ustad Yusuf Mansyur Berkebun di Rumahnya

Published

on

Kabarhiburan.com, Tangerang – Jangan dulu berkecil hati jika tidak memiliki banyak lahan untuk membuat taman. Maksimalkan saja lahan yang ada untuk mempercantik tampilan rumah, selain berkontribusi pada peningkatan kualitas lingkungan hidup.

Ustad Yusuf Mansyur yang akrab dipanggil UYM sudah membuktikannya. Pimpinan dari pondok pesantren Daarul Quran Ketapang, Cipondoh, Tangerang tersebut memanfaatkan setiap jengkal lahan terbuka di rumahnya untuk menyalurkan hobi berkebun.

UYM mengaku mulai senang berinteraksi dengan tanaman mulai tumbuh sejak menggagas program sedekah sawah bersama teman-temannya beberapa tahun silam. Mereka mengumpulkan dana untuk membeli sebidang sawah. Selanjutnya, pada setiap panen hasilnya dibagikan kepada warga yang membutuhkan.

“Alhamdulillah, saat ini di rumah kami setiap makan buah, maka bijinya tidak dibuang percuma, melainkan ditanam. Misalnya, kami beli sebuah melon jepang. Puluhan bijinya kemudian disemai menjadi puluhan bibit melon jepang yang siap ditanam,” kenang UYM saat ditemui di rumahnya di kawasan Ketapang, Cipondoh, Tangerang, Selasa (21/1).

Mansyurponic

UYM lalu mengajak untuk berkeliling rumahnya. Pada halaman rumah yang tidak terlalu luas, tampak  aneka warna dan ragam tanaman buah, sayuran dan tanaman hias sedang bermekaran. Banyak pula tanaman yang menjuntai.

Sementara pada tembok yang mengelilingi sebagian halaman, disulap dengan trik cerdas menjadi taman hijau nan asri. Mulai dari taman vertikal, memanfaatkan botol plastik bekas menjadi pot, hingga ranjang bertingkat bekas pun disulap menjadi taman bertingkat.

Pada sudut lain tembok halaman rumah,  disulap menjadi taman vertikal yang menggunakan media air untuk bertanam sayuran organik.

“Orang lain biasa menyebutnya tanaman hydroponic. Kalau disini, saya sebut ‘Masyurponic’,” ujar UYM sambil tertawa.

Bukan itu saja. UYM juga menfaatkan atap rumahnya yang datar dan terbuat dari dak beton, menjadi taman hijau yang lumayan luas untuk bertanam aneka jenis sayuran dan buah. Semua tumbuh dan mekar di dalam pot berbagai ukuran dan bentuk.

Kini, ayah dari dua anak ini sudah menikmati hasil dari taman asri di seputar rumahnya. Selain menjadikan sekeliling rumah menjadi hijau asri yang menyegarkan, rumah pun mendapat suplai oksigen yang tiada habisnya.

“Rasa capek langsung hilang saat melihat tanaman mulai berbunga atau berbuah. Kita akan mengalami girangnya metik. Pengalaman seperti itu enggak pernah dimiliki oleh mereka yang enggak pernah nanam.

Ketahanan Pangan

Pengalaman menarik dan sejuta manfaat berkebun di lahan terbatas di rumah, rupanya ingin UYM bagikan kepada masyarakat. Katanya bisa dimanfaatkan untuk menghadapi harga kebutuhan yang merambat naik belakangan ini.

“Belakangan ini masyarakat mulai mengeluhkan harga kebutuhan rumah tangga semakin mahal. Padahal, di rumah mereka punya halaman. Kalaupun enggak punya halaman, kan bisa memanfaatkan tembok rumah sebagai lahan untuk menanam sayur. Kalau perlu, tanaman bisa digantung bak kandang burung,” keluhnya.

UYM mengaku yakin bahwa dengan memanfaatkan lahan yang ada bisa digunakan untuk mensiasati kebutuhan sehari-hari. Apalagi,  menanam sayuran maupun buah bukanlah ilmu yang rumit. Semua sudah tersaji dengan gambling di  media sosial.

“Begitu juga memelihara ikan lele. Saat ini tidak perlu harus memiliki lahan kolam ikan. Bisa pakai terpal, yang ditaruh di teras, kalau sama sekali tidak punya lahan,” kilahnya.

Lebih jauh UYM mengatakan bahwa saat ini jumlah penduduk Indonesia lebih dari 265 juta jiwa. Kalau masing-masing memiliki 10 pot tanaman di rumahnya, akan ada tambahan 265 miliar tanaman baru.

Begitu pula, atap rumah jika dimanfaatkan sebagai lahan untuk tanaman sayuran dan buah.

“Katakan ada 10 juta rumah yang atapnya berukuran minimal 100 meter persegi. Itu artinya ada tambahan lahan baru seluas 1 miliar meter persegi. Nah, kalau dimanfaatkan sebagai lahan tanaman, maka ketahanan pangan negara kita akan semakin mantap,” ujar Ustad Yusuf Mansyur optimis. (Tumpak Sidabutar/KH)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle

Luncurkan Kampanye ‘What Next’, Glenfiddich Ajak Keluar dari Zona Nyaman

Published

on

By

Duta Glenfiddich di Asia Tenggara (Instagram/bayly_of_the_deer)

Kabarhiburan.com – Glenfiddich, merek minuman Single Malt Scotch Whisky ternama, baru saja meluncurkan kampanye bertajuk Where Next. Sebuah kampanye yang dimaksudkan untuk menginspirasi banyak orang agar keluar dari zona nyaman, selain mendorong untuk menghadapi tantangan demi hidup lebih bermakna.

Berbagai negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand menjadi sasaran kampanye tersebut. Titik sentralnya adalah para “Mavericks-Mavericks” atau orang-orang yang cukup berpengaruh dan membawa perubahan.

Kampanye Where Next juga bekerja sama dengan TEDx di berbagai komunitas di seluruh Asia Tenggara, untuk mewakili semangat ImagiNext, yakni  sesi berbagi dengan menampilkan para pembicara hebat dari tiap-tiap negara di Asia Tenggara.

Duta Glenfiddich untuk Asia Tenggara, Brett Bayly, mengatakan bahwa kampanye Where Next mengusung pemikiran bahwa tumbuh kembang hanya bisa diraih dengan mencari tahu akan hal-hal baru.

“Kami ingin mengundang mereka dalam sebuah petualangan besar dari penemuan jatidiri di setiap fase kehidupan,” ujar Bret Bayly dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/12).

Dengan pengalaman Where Next Instagram, latihan digital sederhana memungkinkan pertanyaan diajukan kepada komunitasnya, tentang hal apa saja yang selalu ingin Anda coba, tetapi tidak pernah berani Anda lakukan.

Melalui langkah pertama ini, Glenfiddich berupaya memotivasi lebih banyak Mavericks untuk mengembangkan semangat yang tak tergoyahkan untuk memperbaiki diri. (Tumpak S)

Continue Reading

Lifestyle

Drama Korea ‘Mine’ Menggantikan ‘Vicenzo’, Sponsor Tetap Kopiko

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Drama Korea Vicenzo berakhir penayangan di tvN pada 2 Mei 2021. Serial drama yang dibintangi oleh si tampan Song Joong Ki dan si cantik Jeon Yeo Bin tersebut, Kopiko sempat hadir sebagai sponsor.

Sebagai pengganti Vicenzo, tvN menghadirkan drama Korea terbaru berjudul Mine, tayang sejak 8 Mei 2021 silam. Kopiko lagi-lagi tampil sebagai sponsor, pada serial yang dibintangi oleh  Lee Bo Young  dan Kim Seo Hyung tersebut.

Bahkan, Kopiko ditampilkan dalam salah satu adegan Mine, serial dengan rating tertinggi di sepanjang penayangan di tvN tersebut.

Adegan tersebut menampilkan permen Kopiko Blister di episode 4, yakni saat Seo Hee Soo yang diperankan oleh artis papan atas Lee Bo Young sedang dirias wajahnya. Saat menikmatinya, Lee Bo Young mengaku rasa kantuknya sudah hilang.

Adegan tersebut sontak membuat netizen bangga, seperti dituliskan Seleb TikTok yang memiliki 405 ribu pengikut, @boboholokal yang dijuluki Rajanya Drakor. Selain membahas alur cerita Mine, aku itu juga menulis tentang munculnya Kopiko pada adegan drama Mine, termasuk alur ceritanya.

Postingan tersebut langsung dibanjiri komentar netizen, diantaranya memperlihatkan rasa bangga pada produk lokal yang kini mendunia.

“Gw bangga karena Kopiko yang selama ini gw makan, juga dimakan sama aktor-aktor di drakor,” tulis akun @baekhyunatauchanyeol.

“Bangga banget Kopiko go internasional, tapi gak banyak TV lokal yang menyorot, ga banyak yang tau kalo ga nonton drakor. Semua kalah sama gosip xixixi,” tulis @user148516214.

Warga Korea emang lagi suka Kopiko buat pengganti ice Americano, kayaknya,” kata pemilik akun @asjkim30.

Seperti diketahui, hampir di setiap drama Korea, ada saja pemeran yang memesan Ice Americano untuk menghilangkan kantuk atau sekadar pemacu semangat. Namun sekarang, mereka sudah bisa menikmati Kopiko. (Tumpak S)

Continue Reading

Lifestyle

Pertama di Indonesia, Gloskin Luncurkan Kombinasi Triple Xpert Serum

Published

on

By

dr. Nanang Masrani diapit oleh dr Radema M. Pranata dan dr. Gilang Gumilang.

Kabarhiburan.com – Memiliki kulit wajah yang sehat dan cerah merupakan harapan semua orang, terutama bagi wanita karir yang menuntut selalu tampil sempurna.

Kondisi kulit dibilang sehat dan bercahaya ketika wajah bebas jerawat, vlek, tidak berminyak, serta tidak kering.

Hanya saja, tidak semua orang seberuntung itu. Ada berbagai sebab munculnya beragam permasalahan kulit wajah, diantaranya pola hidup yang salah, tingkat stress yang tinggi, paparan sinar matahari dan polusi udara.

Situasi tersebut dapat menyebabkan kulit berjerawat, bekas jerawat, noda hitam, flek, muka kusam, kering dan kerutan-kerutan halus.

Dr. Nanang Masrani, selaku CEO dan Founder Gloskin menganjurkan agar setiap permasalahan kulit yang demikian, perlu dikonsultasikan dan mendapat perawatan sejak dini. Oleh sebab itu, pandai-pandailah memilih skincare,” ujarnya, saat ditemui di kliniknya,  di Jl. Bumi, Jakarta Selatan, Jumat (7/5) malam.

Gloskin merupakan salah satu klinik kecantikan ternama di Indonesia. Gloskin tiada henti melakukan inovasi, hingga siap menghadirkan produk terbaru, yang disebut sebagai Inovasi Wajah Glowing Dari Sang Ahli.

Inovasi tersebut berupa kombinasi Triple Xpert Serum yang terdiri atas Clear Xpert, Hydra Xpert dan White C Xpert. Semuanya mengandung bahan aktif berkualitas tinggi, yang aman dan efektif sesuai dengan berbagai permasalahan kulit, khususnya kulit orang Asia.

“Pemilihan kandungan Triple Xpert serum sudah melalui fase penelitian yang cermat selama hampir 2 tahun, hingga akhirnya di produksi,” jelas Nanang Masrani.

Clear Xpert, serum ini membantu memperkecil pori-pori, mengontrol produksi minyak dan menyamarkan nodsa hitam maupun bekas jerawat.

Hydra Xpert, serum ini mampu meningkatkan kadar air kulit, mengatasi kerutan halus dan mengurangi peradangan kulit.

White C Xpert serum yang berfungsi melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, menangkal radikal bebas dan polusi, membantu pembentukan kolagen, sekaligus mencerahkan kulit.

“Kombinasi Triple Xpert Serum berfungsi sebagai antioksidan kulit, anti aging, sekaligus memperbaiki kulit berjerawat dengan formula yang alami cocok dipakai jangka panjang tanpa efek samping,” jelas dr. Radema M. Pranata, SpKK, salah seorang Dermatolog di Gloskin.

Menariknya, Triple Xpert Serum dapat digunakan untuk semua jenis dan kondisi kulit.

“Bahkan aman bagi kulit ibu hamil maupun menyusui,” kata dr. Gilang Gumilang, aesthetic consultan di Gloskin.

Kini, Gloskin Xpert Serum sudah tersedia di seluruh cabang Gloskin, seperti Kebayoran  dan Tebet (Jakarta Selatan), Bekasi, Gading Serpong, Surabaya, Malang, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar dan Bali.

Di sana pasien dapat berkonsultasi di klinik maupun secara virtual dengan para dokter ahli di Gloskin. (Tumpak S)

Continue Reading
Advertisement

Trending