Connect with us

Event

Anggy Umbara dan Ody Mulya Hidayat Bocorkan Kiat Bikin Film Box Office

Published

on

Kabarhiburan.com – Puncak penghargaan Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XI 2021 akan berlangsung pada 28 Oktober 2021 mendatang. Perhelatan ini didukung penuh Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru Kemendikbud Ristek RI.

Sebelum sampai ke sana, panitia FFWI juga membuat rangkaian acara, diantaranya webinar untuk kedua kalinya, yang berlangsung Selasa (7/9).

Temanya,”Menelisik Minat dan Selera Penonton Muda Indonesia“, yang menghadirkan tiga narasumber, yakni sutradara Anggy Umbara, produser Ody Mulya Hidayat, dan pengamat film Yan Wijaya.

Anggi Umbara memulai karir sebagai aktor, lalu penata skrip dan penata gambar, penulis skenario, serta sutradara. Salah satu garapannya film Warkop DKI Reborn, menduduki peringkat sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa.

Anggy menjelaskan sebuah film sukses tidak jauh dari kisah percintaan dan komedi.

“Penonton datang ke bioskop  maunya ingin dihibur. Salah alah satu syarat menghibur yang paling universal adalah dengan tawa. Jadilah formula yang jitu untuk film laris yakni percintaan digabung dengan komedi,” kata Anggy.

Anggy Umbara (Foto: Instagram Anngy_umbara)

“Genrenya bisa komedi dengan horor, komedi dengan action dan lain-lain!” Anggy menambahkan.

Anggy pun mengajukan lima formula sebuah film mampu meraih penonton sebanyak mungkin. Pertama, film sebagai IP (intelektual property) harus kuat. Kedua, ceritanya menarik dan menyasar penonton. Ketiga, production value yang totalitas dan konsisten. Untuk pemain, harus dipertimbangkan bisa nggak menarik penonton untuk ke bioskop.

“Kelima, promosi harus jitu, membangun  ketertarikan penonton akan sebuah judul film itu penting,” paparnya.

Anggy mengingatkan bahwa penonton muda merupakan mayoritas penonton di Indonesia, yakni usia 13 sampai 18 tahun.

“Sebelum pandemi, film Indonesia sedang di puncaknya. Kita bisa lihat penonton muda mendominasi di usia 13-18 tahun. Kita harus mengikuti cerita yang menarik buat mereka. Mudahnya ya, cerita cinta itu bisa diterima di semua usia,” katanya.

Sementara itu, Ody Mulya Hidayat selaku Produser di Max Pictures membenarkan Anggy Umbara. Hanya saja, Ody juga  melihat adanya pergeseran penonton dari layar bioskop ke OTT (over the top), khususnya selama pandemi, dimana bioskop tidak beroperasi.

Situasi ini, kata Ody, membuat strategi pemilihan pemain ikut berubah.

Ody Hidayat

“OTT mengubah kebutuhan pemain kita. Sekarang pemain nggak harus terkenal, asal dia punya banyak follower di media sosial bisa menjadi tolok ukur, apakah pemain bisa menarik minat penonton,” jelas Ody yang filmnya berjudul Dilan 1990, laris manis di bioskop.

Bagi pengamat film Yan Wijaya, mengukur jumlah penonton OTT tidak semudah mengukur penonton di bioskop.

“Dulu, kalau film Pak Ody sudah tayang dalam seminggu, saya bisa langsung kontak Pak Ody menanyakan berapa jumlah penonton. Kalau sekarang di OTT, tidak bisa seperti itu. Sangat sulit menghitung jumlah penonton secara pasti,” kata Yan.

“Bahkan dalam bentuk pay preview sekalipun, seperti yang dilakukan Bioskoponline, tidak mudah menghitung jumlah penonton. Karena satu tiket bisa ditonton oleh beberapa orang sekaligus, karena mereka menonton via laptop atau handphone,” jelas Yan.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Ahmad Mahendra mengapresiasi webinar bertajuk “Menelisik Minat dan Selera Penonton Muda Indonesia” ini.

Dia mengatakan pemerintah akan mendukung dan memfasilitasi gelaran Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) 2021 sebagai salah satu upaya untuk memperkuat ekosistem perfilman terutama di tengah pandemi.

“Wartawan tentu tidak terpisah dari perjalanan perfilman Indonesia. Jadi saat ada ide akan mengadakan FFWI, tentu kita dukung penuh. Ini langkah yang bagus untuk memperkuat ekosistem,” kata Ahmad.

“Jadi upaya yang baik ini tentu kita apresiasi. Kemendikbud Ristek sangat mendukung dan siap memfasilitasi,” katanya.

Ahmad menambahkan, pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang cukup serius bagi semua sektor termasuk perfilman di Indonesia.

Ia berharap gelaran FFWI dapat memacu kreativitas masyarakat untuk kembali berkarya di jalur film.

Senada dengan Ahmad Mahendra, Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), Djonny Safruddin, juga sangat mengapresiasi ajang FFWI 2021.

“Saya menilai bahwa FFWI ini punya mutu tersendiri karena penelitinya banyak sekali. Satu wartawan saja puluhan film bisa dinilai, apalagi ada ratusan wartawan,” kata Djonny.

“Jadi jangan khawatir, jalan terus. Saya akan terus mendukung,” tambahnya.

FFWI 2021 yang disebut-sebut sebagai Golden Globe-nya Indonesia menyediakan 30 piala yang akan diberikan pada malam puncak FFWI 2021. 27, di antaranya diberikan kepada pada para pemenang. Sisanya 3 piala diberikan kepada tokoh khusus di dunia perfilman.

Adapun yang menjadi juri dalam FFWI 2021 adalah wartawan aktif dari beragam usia dan generasi. Mereka akan menilai tiga genre film yakni drama, komedi, dan horor, yang pernah di tayangkan di bioskop maupun over the top (OTT) mulai September 2020 hingga September 2021. (TS)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Event

Merk Kebanggaan Indonesia, Kopiko sponsori F1 Powerboat skala dunia!

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Merk kebanggaan Indonesia, Kopiko resmi menjadi sponsor utama kejuaraan powerboat skala internasional, yang  merupakan kejuaraan bergengsi skala dunia yang diikuti lebih dari 30 negara.

Tidak hanya menjadi sponsor utama, Kopiko bahkan menjadi bagian dari nama kejuaraan bergengsi skala dunia ini yaitu  Kopiko Formula One Powerboat World Championship.

Kejuaraan Kopiko F1 Powerboat tahun ini diselenggarakan di Danau Toba, Sumatra Utara. Danau Toba sendiri terkenal sebagai danau vulkanik terbesar di dunia dan diakui sebagai UNESCO Global Geoparks.

Berlangsung selama tiga hari, yakni 24 – 26 Februari 2023, para peserta kejuaraan dan pengunjung akan disajikan dengan rute yang unik dan pemandangan Danau Toba yang luar biasa dan tentunya adrenalin tinggi selama perlombaan powerboat berlangsung. Rute unik ini disebabkan oleh lanskap Danau Toba yang merupakan danau vulkanik.

Kopiko sebagai official titling sponsor F1 Powerboat telah diresmikan melalui penandatanganan kerjasama pada hari Kamis 2 Februari 2023 dan disaksikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan; Menteri Pemuda dan Olah Raga, Zainuddin Amali; dan Wakil Menteri II BUMN, Kartika Wirjoatmodjo.

Kebanggaan terlihat jelas selama penandatanganan berlangsung, menyambut Kopiko, sebagai produk lokal yang mendunia menjadi sponsor utama kejuaraan dunia. Tentu masyarakat dibuat semakin tidak sabar untuk menyaksikan Kopiko F1 Powerboat ini.

Sebagai produk lokal yang telah Go International, dukungan Kopiko di kompetisi internasional sebagai sponsor utama semakin memperkuat posisi Kopiko sebagai Kopi Nomor 1 di Dunia.

Kopiko terkenal di dunia karena kualitas produknya dan bahan utamanya yang super unik dan satu-satunya di dunia yaitu dari biji kopi asli pegunungan vulkanik di Indonesia. Pegunungan Vulkanik memiliki keunikan tersendiri dan kaya akan nutrisi sehingga menghasilkan biji kopi pilihan berkualitas tinggi dengan cita rasa unik.

Kopiko merupakan produk kebanggaan Indonesia yang berhasil dikancah internasional, terbukti karena  setiap hari dinikmati oleh jutaan orang di lebih dari 100 negara di seluruh dunia.

Inovasi Kopiko yang terus menerus dan gencarnya ekspansi dan komunikasi Kopiko diberbagai belahan dunia semakin memperkuat posisi Kopiko sebagai Kopi No.1 di dunia, dan tentu saja semakin membuat Bangga bangsa Indonesia. (Tumpak S)

Continue Reading

Event

Eventori Siap Gelar Ajang ‘The Next Vibes Season 3’

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Ajang pencarian bakat online berskala nasional serta terbesar di Indonesia ‘The Next Vibes Season 3’ siap digelar. Kabar gembira ini datang penyelenggaranya, Eventori selaku platform ekosistem industri hiburan nasional

Menariknya, Eventori tetap fokus terhadap talenta lokal Tanah Air, dengan terus mencoba memberikan kesempatan yang luas bagi seluruh pelaku industri hiburan.

Demikian antara lain disampaikan musisi kondang Agnez Mo, pada acara Anniversary Eventori yang bertajuk ‘Eventori Universe: Anyone, Anywhere, Anytime Entertainment’, di Jakarta, Kamis 2 Februari 2023.

“Inilah saatnya industri hiburan Indonesia menjadi kiblat untuk referensi hiburan internasional karena talenta-talenta kita luar biasa loh. Jadi, sekarang bukan kita doang yang liat referensi musik luar,” ujar Agnez Mo selaku Co-Founder Eventori.

Pada season pertama dan keduanya yang berlangsung 2022 lalu, talent show tersebut telah melahirkan juara-juara muda bertalenta dengan ribuan peserta yang telah berpartisipasi di ajang sebelumnya.

Di tempat yang sama, platform ekosistem industri hiburan terkemuka Tanah Air, Eventori juga meresmikan sinergi kolaborasi layanan baru, di antaranya kolaborasi bersama Tiketbox.com.

Sebuah ticketing management system yang menawarkan teknologi terkini, dengan fitur-fitur yang diharapkan bisa memudahkan pelaku industri entertainment dan entertainment fans untuk mendapatkan tiket akses ke berbagai music eventmusic concertamusement parksports event, dan beragam entertainment ticketing lainnya.

Kolaborasi layanan yang diresmikan ini merupakan produk inovasi dan eksplorasi Eventori sebagai platform ekosistem industri hiburan nasional. Melihat peluang dan minat masyarakat untuk mengakses segala jenis produk hiburan yang terus meningkat, Eventori turut serta menawarkan beragam pilihan baru dengan kematangan sistem yang terintegrasi satu sama lain.

“Masa depan industri hiburan Indonesia dapat kita genggam bersama dengan menyatukan kolaborasi antar semua elemen dalam industri hiburan baik segi pelaku, penggemar, dan penyelenggara, berada dalam satu naungan industri hiburan yang bersinergi,” tutur CEO Eventori Fary Farghob.

Fary menambahkan, Eventori hadir untuk membantu mengorkestrasi ekosistem industri hiburan untuk melangkah bersama sejumlah pihak. (Tumpak S)

Continue Reading

Event

Rayakan Hari Jadinya, Eventory Ingin Indonesia Jadi Kiblat Hiburan Internasional

Published

on

By

Agnez Mo selaku Co-Founder Eventory

Kabarhiburan.com – Berdiri pada 2 Februari 2020, Eventori menggebrak industri hiburan Indonesia dengan sejumlah ajang pencarian bakat, kompetisi talenta, serta konten hiburan melalui situs website dan media sosial, terutama di YouTube, Instagram, dan TikTok.

Memasuki anniversary ketiga, Eventori terus berkreasi menyemarakkan industri hiburan di Indonesia. Salah satunya menggelar dengan menggelar ‘Eventori Universe: Anyone, Anywhere, Anytime Entertainment’, pada Kamis (2/2) di Jakarta.

Sebagai momentum perayaan anniversary ini pula Eventori meresmikan setidaknya sinergi kolaborasi layanan baru, diantaranya kolaborasi bersama Tiketbox.com. Tiketbox.com merupakan layanan terbaru dari Eventori guna melengkapi ekosistem entertainment yang sudah berjalan.

Sebuah ticketing management system yang menawarkan teknologi terkini, dengan fitur-fitur yang diharapkan bisa memudahkan pelaku industri entertainment dan entertainment fans untuk mendapatkan tiket akses ke berbagai music event, music concert, amusement park, sports event, dan beragam entertainment ticketing lainnya.

“Eventori hadir untuk dapat membantu mengorkestrasi ekosistem industri hiburan untuk dapat melangkah bersama lebih baik bersama dengan semua pihak”, tutur Fary Farghob selaku CEO Eventori.

Kejutan selanjutnya adalah dengan diadakannya kembali ‘The Next Vibes Season 3’, Eventori kembali menyelenggarakan suatu ajang pencarian bakat online berskala nasional serta terbesar di Indonesia.

Pada season pertama dan keduanya yang dilangsungkan tahun 2022 lalu, talent show tersebut telah melahirkan juara-juara muda bertalenta dengan ribuan peserta yang telah berpartisipasi di ajang sebelumnya. Fokus terhadap talenta lokal Tanah Air, Eventori terus mencoba memberikan kesempatan yang luas bagi seluruh pelaku industri hiburan.

“Inilah saatnya industri hiburan Indonesia menjadi kiblat untuk referensi hiburan internasional karena talenta-talenta kita luar biasa loh. Jadi sekarang bukan kita doang yang liat referensi musik luar,” ucap Agnez Mo selaku Co-Founder Eventori.

Beberapa agenda kesepakatan pun dilaksanakan. Salah satunya adalah diadakannya penandatanganan kerja sama dengan PARFI 56 bersama Dennis Adhiswara selaku Sekjen PARFI 56. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan visi Eventori dalam mengembangkan talenta lokal Indonesia dalam bidang industri perfilman.

Selain kesepakatan tersebut, ada pula kegiatan penandatanganan bersama Dino Hamid selaku New Live Experience sebagai partner dalam meluncurkan kerjasama Entertainment IP bersama dengan Eventori melalui dua event pertama, yaitu Mie and Music Experience dan One Billion Songs Concert and Festival of Yovie Widianto.

Dengan diluncurkannya berbagai sinergi kolaborasi yang diinisiasi oleh Eventori, momentum perayaan “Eventori Universe: Anyone, Anywhere, Anytime Entertainment” diharapkan mampu menghasilkan gebrakan baru untuk industri hiburan nasional yang merata dan berkelanjutan. Selanjutnya, dalam upaya mewujudkan tata kelola ekosistem entertainment yang sehat, Eventori akan terus menjadi pionir dalam mengawal transformasi entertainment Indonesia pada era digital. (Tumpak S)

Continue Reading
Advertisement

Trending