Connect with us

Event

Catat Jadwalnya, Pianis Jonathan Kuo Gelar Resital Piano The Great Three ‘B’

Published

on

Kabarhiburan.com – Sukses menggelar resital piano ‘The Russian Connections’  bersama Jakarta Sinfonietta, pianis  Jonathan Kuo kembali menunjukan mahakarya keduanya di tahun 2021.

Pria yang akrab disapa Jo akan tampil solo membawakan tema spektakuler The Great Three ‘B’. Penampilan Jonathan akan kita nikmati melalui kanal YouTube Jakarta Conservatory of Music, Jum’at 16 Juli 2021 pukul 20.00 WIB mendatang.

Sebelum sampai kesana, Jonathan menjelaskan tentang tema yang dibawakannya, yakni The Great Three ‘B’, diambil dari tiga inisial komponis terbaik dari Jerman. Mereka adalah Johann Sebastian Bach, Ludwig van Beethoven dan Johannes Brahms.

“Jonathan memilih ketiga komponis berinisial ‘B’ ini karena mereka komponis favorit. Bach, Beethoven dan Brahms adalah komponis terpenting dan terbaik dari Jerman. Saya merasa ada kecocokan karakter dengan karya-karya mereka,” jelas Jonathan dalam keterangannya, Minggu (11/7).

Tentang apa yang jadi pesan penting dalam konsernya nanti, Jonathan ingin berbagi keindahan karya ketiganya. Sekaligus Jonathan ingin memperlihatkan evolusi musik barat bagi penikmat musik klasik.

“Ketiganya komponis dari zaman yang berbeda, Jonathan ingin memperlihatkan evolusi musik barat. Selain itu Jonathan ingin menunjukan pengaruh dan warisan budaya antara ketiga komponis,” jelasnya.

Bersama Iswargia R Sudarno dari Konservatorium Musik Jakarta, Jonathan mulai berlatih sejak April lalu. Bagi pria kelahiran Bandung, 21 September 2002 segala persiapan dilaluinya tanpa kesulitan.

“Terhitung sudah 2,5 bulan sejak April. Sama saja persiapan secara pribadinya tanpa kesulitan, namun harus kerja keras. Jelang tiga hari sebelum tampil, ada latihan dengan orkes,” jawab Jonathan yang selalu menerapkan disiplin dalam berlatih.

Terlebih di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, Jonathan ingin konsisten berbagi keindahan musik klasik. Jonathan justru menggunakan waktu untuk memperdalam kemampuan bermain piano.

“Kalau soal pandemi tidak ada gangguan. Malah pandemi ini membuat kita lebih rajin, lebih mengenal musiknya dengan dalam. Seluruh waktu untuk santai dan jalan-jalan di luar bisa digunakan untuk latihan,” tambahnya.

Selama mendampingi anak didiknya, Iswargia mengakui bila Jonathan sangat mengagumi tiga komponis besar ini. Bahkan Jonathan menurutnya sangat menikmati program resital ini.

“Ketiga karya komponis besar ini memang sangat menyentuh Jonathan. Sehingga ia pun secara natural dan spontan mampu memproyeksikan ekspresi yang terkandung di dalamnya.

Harapannya agar pendengar akan terbuai dengan interprestasi Jonathan atas karya-karya ini,” aku Iswargia.

Sebagai informasi, Iswargia menjelaskan satu persatu ketiga komponis berinisial ‘B’. Diawali dengan Johann Sebastian Bach yang mengasimilasi musik Barok hingga mencapai puncaknya baik secara estetik maupun struktural.

Kedua adalah Ludwig van Beethoven. Seorang revolusioner yang tidak hanya berani memberi gebrakan pada estetika dan teknik komposisional, tapi mengubah pandangan masyarakat dan juga musisi tentang profesinya.

“Beethoven yang pertama kali berani menjadi seorang musisi freelance,” jelas Iswargia.

Sedangkan Brahms, di tengah perkembangan musik romantik yang semakin individualis menguatkan kembali struktur musik yang berbobot dan brilian.

Iswargia juga menjelaskan dalam konser virtualnya nanti, Jonathan mengambil karya Bach, Brahms dan Beethoven secara beruntun. Pertama, Prelude dan Fuga dalam Gis Minor dari “Das Wohltemperierte Klavier, Buku II” (Johann Sebastian Bach). Kedua, delapan karya-karya piano, Op.76 (Johannes Brahms) serta ketiga, Sonata dalam A Mayor, Op. 101 (Ludwig van Beethoven).

“Sebelum memainkan tiap karya, Jonathan akan memberi keterangan singkat tentang karya yang akan dibawakan,” ujar Iswargia menambahkan. (Tumpak S)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Event

Ada Kategori Khusus Wartawan Pada Lomba Karaoke dan Akustik Sambut HPN dan Hari Musik 2022

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 sudah di depan mata. Guna memeriahkan hari bersejarah tersebut, Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan lomba karaoke dan akustik. Kegiatan ini juga dikaitkan dengan Hari Musik, yang dirayakan pada 9 Maret.

Kick-off Lomba Karaoke dan Akustik berlangsung di Gudang Coffe, kawasan Meruya, Jakarta Barat, yang dihadiri jajaran pengurus PWI Jaya dan panitia pelaksana dari Gudang Coffee, Sabtu (15/1/2022).

Tampak pula sejumlah penyanyi yang sekaligus menjadi juri lomba ini, di antaranya Lina Geboy, Sofie Angel dan Barbie Kumalasari. Mereka berkesempatan melantunkan suara emasnya, termasuk berduet dengan Ketua Dewan Kehormatan (DK) PWI Jaya Diapari Sibatangkayu dan Cak Herry Sarsongko Ludiro.

Kemeriahan tersebut menggenapi acara pemotongan tumpeng oleh Indra Edi Yani selaku owner Gudang Coffee, yang diberikan kepada Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah dan Ketua Panitia, Tubagus Adhi.

Potongan tumpeng juga diberikan kepada Dadang Rahmat dan Supendi, selaku Event Organizer Turnamen Golf.

Sayid Iskandarsyah pada kesempatan menyampaikan tentang adanya kategori khusus wartawan pada lomba nyanyi berhadiah total Rp45 juta ini.

“Dari kalangan media juga banyak yang bisa menyanyi. Lomba ini sekaligus menjadi ajang penyaluran bakat mereka,” jelas Sayid Iskandarsyah, yang juga penanggung jawab acara ini.

Lomba nyanyi menjadi salah satu kegiatan PWI Jaya dalam rangka memeriahkan peringatan HPN 2022 di tingkat DKI Jakarta. Kegiatan lainnya adalah Turnamen Golf dan Anugerah Jurnalistik Muhammad Husni Thamrin (MHT Awards).

Turnamen Golf dilangsungkan pada Minggu, 20 Maret 2022, di Rancamaya Golf & Country Club (JGCC), Bogor. Itu, selang sehari setelah final Lomba Karaoke dan Akustik pada 19 Maret.

Sebagaimana lomba nyanyi, panitia pelaksana turnamen golf juga bekerja keras mempersiapkan penyelenggaraannya.

“Persiapan lomba nyanyi dan turnamen golf sudah on the track,” ujar Tubagus Adhi, ketua panitia lomba nyanyi dan turnamen golf HPN PWI DKI Jaya.

Untuk Turnamen Golf, kata Tubagus  Adhi, panpel secara khusus mengundang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran.

Terkait lomba nyanyi, panpel mengakomodir antusiasme peserta dari luar Jakarta, khususnya Jabar, dengan memberikan kesempatan mendaftar sekaligus audisi awal di Jay Krhesna, dengan alamat: Warkop Kopid Zona Bahagia, Patrol, Indramayu. Atau melalui email:  jay.krhesna@gmail.com.

Untuk peserta dari wilayah Jabodetabek, pendaftaran bisa melalui website: www.gudangcoffee.com. Atau, datang langsung ke Gudang Coffee, di Jalan H. Lebar No 9, RT 04/ RW 0, Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat. Persisnya di belakang kampus Universitas Mercu Buana (UMB).

Biaya pendaftaran Lomba Karaoke dan Akustik sebesar Rp100.000, akustik Rp150.000. (Tumpak S)

Continue Reading

Event

Miss Indonesia 2022 Mencari Perempuan yang “Manner, Impresive, Smart dan Social”

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Yayasan Miss Indonesia bersama RCTI kembali menggelar ajang beauty pageant bergengsi di Indonesia, yakni Miss Indonesia 2022. Audisinya dilakukan secara online melalui aplikasi RCTI+ dan IgetSpot mulai hari ini, 15 Januari 2022.

Sempat tertunda pelaksanaannya selama setahun akibat pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air, perhelatan kembali diadakan.

Liliana Tanoesoedibjo selaku Chairwoman Yayasan Miss Indonesia mengatakan, setiap kegiatan ajang Miss Indonesia selalu memberikan dukungan terhadap pelestarian dan perkembangan budaya Indonesia.

Yayasan Miss Indonesia bersama RCTI selalu berkomitmen menghadirkan ajang bagi para perempuan yang tidak hanya cantik, bertalenta, dan pandai. Selain memiliki rasa sosial dan kepribadian yang baik, disamping dedikasinya yang tinggi dalam mewakili perempuan Indonesia ke ajang International, khususnya Miss World,” ujar Liliana Tanoesoedibjo dalam keterangannya, Sabtu (15/1/2022). Yayasan Miss Indonesia.

Tidak sekadar memiliki paras cantik, namun ajang Miss Indonesia mencari perempuan yang berkharisma yang memenuhi kriteria “MISS” yaitu Manner, Impressive, Smart, serta Social.

Manner, artinya setiap Miss Indonesia harus memiliki kepribadian dan perilaku yang baik sebagai role model.

Impressive, artinya seorang Miss Indonesia tidak hanya cantik tetapi memiliki kharisma yang menarik.

Smart, artinya seorang Miss dituntut tidak hanya sekedar pintar tetapi cerdas dalam segala hal, termasuk dalam menghadapi dan memecahkan masalah, menyesuaikan dan memposisikan diri, berwawasan luas,  dan dapat berkomunikasi dengan baik.

Social, artinya seorang Miss harus memiliki pribadi yang  tulus, suka menolong orang, terutama yang membutuhkan.

Cara mengikuti sebagai berikut:

Audisi online di RCTI+:

1.Mengunduh aplikasi RCTI+

2.Klik banner audisi online Miss Indonesia 2022

3.Unggah dua video yang berisi perkenalan diri dalam bahasa Inggris serta video talenta yang dimiliki

4.Wajib mengisi google form dengan klik link audisi online Miss Indonesia 2022

Audisi online melalui igetSpot:

1.Mengunduh aplikasi igetSpot,

2.Klik banner audisi online Miss Indonesia 2022

3.Isi data di halaman Miss Indonesia 2022

4.Unggah tiga foto close-up atau medium serta foto full body, lalu unggah dua video berisi perkenalan diri dalam Bahasa Inggris dan video talenta yang dimiliki pada halaman audisi online Miss Indonesia 2022.

Informasi selengkapnya, dapat dilihat di instagram: @missindonesia, @officialrcti, facebook: miss indonesia dan twitter: @missindo_rcti. (Tumpak S. Foto-foto: Dok. RCTI)

Continue Reading

Event

New York Indonesia Fashion Week Hadirkan Hijab Fashion Show

Published

on

By

Kabarhiburan.com – New York Indonesia Fashion Week (NYIFW) kembali akan digelar di Venue 48th Wall Events, New York, NY 10005, pada 11 Februari 2022 mendatang.

New York Indonesia Fashion Week mempunyai misi membawa karya desainer Indonesia untuk dapat langsung memasarkan produknya di Amerika Serikat.

Produsernya, Vanny Tousignant, memberikan para desainer kebebasan untuk membawa apa yang menjadi misi mereka melalui desain dan koleksinya asalkan tidak membawa swim wear.

“Kami fokus untuk ready to wear dan cocktail dress. Kami juga membuka pintu untuk couture designers,” tutur Vanny dalam keterangannya pada Jumat (14/1/2022).

Selain memberikan desainer kebebasan dalam membawa karyanya, New York Indonesia Fashion Week juga akan menghadirkan Hijab Fashion Show.

Hijab Fashion Show akan menghadirkan lima desainer dari Indonesia yang akan meluncurkan desain terbarunya.

Kemudian juga menampilkan desainer ready to wear dari Amerika, Berlin  dan Indonesia, sebelum ditutup dengan Couture dan Culture Desainer dari Belgia, India dan Indonesia.

“Total ada 16 desainer untuk New York Indonesia Fashion Week. Tahun ini banyak desainer yang ingin bergabung, tapi kami harus mengkurasi semua sebelum akhirnya memilih hanya 16 untuk Februari 2022,” tutur Vanny.

Tema New York Indonesia Fashion Week selalu mengikuti tema New York Fashion Week untuk bulan February dan September, yaitu  F/W 22 atau Fall Winter 22.  Mulai tahun ini perhelatan akan menggunakan venue yang terbilang high end di New York.

“Harapannya kami nama Indonesia semakin diperhitungkan di dunia fashion internasional,  khususnya di AS dan kami pun dapat memasarkan baju yang dibawa desainer Indonesia ke New York,” imbuh Vanny.

New York Indonesia Fashion Week juga diharapkan dapat membantu perekonomian para desainer dan pelaku UMKM Indonesia dalam memasarkan hasil kreasinya dan juga sebagai jembatan antara desainer Indonesia dengan pembeli internasional yang berada di Amerika khususnya. (Tumpak S)

Continue Reading
Advertisement

Trending