Connect with us

Event

Chandra Darusman, Rhoma Irama Hingga Ikke Nurjanah Tolak Uji Materi UU Hak Cipta

Published

on

Kabarhiburan.com – Sidang uji materi Undang-undang Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014, tengah bergulir di Mahkamah Konstitusi. Sidang pendahuluannya, bahkan sudah berlangsung pada 13 Desember silam.

Upaya uji materi dilayangkan label Musica Studios, melalui kuasa hukumnya, Otto Hasibuan, pada 12 November 2021, mempersoalkan empat pasal dalam UU Hak Cipta, yakni pasal 18, pasal 30, pasal 122 dan pasal 63 ayat (1) huruf (b).

Sejumlah musisi Tanah Air pun bersatu dan bereaksi. Mereka yang menyatakan sikap penolakan terhadap gugatan tersebut. Mulai dari Rhoma Irama, Sam Bimbo, Dwikki Dharmawan, Dharma Oratmangun, Chandra Darusman, Sandec Sahetapy, Marcell Siahaan dan Ikke Nurjanah.

Bahkan, berbagai organisasi musik serta Lembaga Manajemen Kolektif (LMK), seperti Fesmi, PAMMI, KCI, WAMI, LMK-Pelari Nusantara, LMK-PAPPRI dan PRISINDO, yang selama ini menaungi para pencipta lagu, penyanyi dan pemusik, juga menyatakan penolakan atas gugatan uji materi Hak Cipta tersebut.

Para musisi keberatan dengan gugatan uji materi UU Hak Cipta dari Musica yang mempersoalkan Pasal 18 dan Pasal 30, dengan menyerahkan surat kuasa kepada tim pengacara yang berjumlah 11 orang, dengan Panji Prasetyo sebagai ketua tim.

Panji Prasetyo menilai ada upaya dan praktek-praktek yang tidak baik, dibalik gugatan yang dilayangkan Musica Studio.

“Oleh karena itu harus dilawan. Kami sudah mempersiapkan argumen-argumen untuk melawan ketidakadilan. Hak Cipta lebih penting daripada hak master,” terang Panji Prasetyo dalam jumpa pers di Depok, Jawa Barat, Jumat (24/12).

Rhoma Irama, bahkan menyebut Musica terlalu serakah karena ingin mengubah isi dari kedua pasal yang sudah disetujui oleh pemerintah itu.

“Saya rasa ini, mudah-mudahan enggak salah ini, keserakahan kembali muncul yang terjadi pada era-era dulu ya,” kata Rhoma Irama.

Ketua Umum FESMI, Candra Darusman, menyatakan bahwa inti gugatan adalah ingin mengubah atau menghilangkan beberapa pasal, diantaranya Pasal 18 dan Pasal 30 yang justru sudah dibuat sedemikian rupa untuk memenuhi rasa keadilan.

“Dalam Pasal 18, jelas disebut bahwa Hak Ciptanya beralih kembali kepada pencipta pada saat perjanjian tersebut mencapai jangka waktu 25 tahun. Tetapi oleh pihak Musica ingin dibuat dan diubah menjadi 70 tahun. Oleh karena itu, kita lawan,” tambah Candra.

Ketua Umum KCI, Dharma Oratmangun, menambahkan bahwa pemerintah dan DPR sebagai pembuat undang-undang sedang diuji kewibawaanya. Upaya yang dilakukan oleh Musica ini melawan pemerintah dan DPR, yakni upaya merampas hak eksklusif dari para pemilik Hak Cipta ini harus kita lawan.,” jelas Dharma.

Tak ketinggalan, Sam Bimbo yang jauh-jauh datang dari Bandung juga memaparkan perjuangannya selama ini.

“Kami berjuang selama 4 tahun hingga Undang-Undang Hak Cipta lahir. Ini teguran bagi musisi untuk bangun dan bangkit melawan kerakusan agar lebih adil dan beradab,” ujar Sam Bimbo.

Pasal 18 pada Undang-undang Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014 yang digugat oleh Musica Studio’s itu berbunyi:

“Ciptaan buku, dan/atau semua hasil karya tulis lainnya, lagu dan/atau musik dengan atau tanpa teks yang dialihkan dalam perjanjian jual putus dan/atau pengalihan tanpa batas waktu, hak ciptanya beralih kembali kepada pencipta pada saat perjanjian tersebut mencapai jangka waktu 25 tahun.

Sementara itu Pasal 30 sebagai berikut: “Karya pelaku pertunjukan berupa lagu dan/atau musik yang dialihkan dan/atau dijual hak ekonominya, kepemilikan hak ekonominya beralih kembali kepada pelaku pertunjukan setelah jangka waktu 25 tahun. (Tumpak S)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Event

Merk Kebanggaan Indonesia, Kopiko sponsori F1 Powerboat skala dunia!

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Merk kebanggaan Indonesia, Kopiko resmi menjadi sponsor utama kejuaraan powerboat skala internasional, yang  merupakan kejuaraan bergengsi skala dunia yang diikuti lebih dari 30 negara.

Tidak hanya menjadi sponsor utama, Kopiko bahkan menjadi bagian dari nama kejuaraan bergengsi skala dunia ini yaitu  Kopiko Formula One Powerboat World Championship.

Kejuaraan Kopiko F1 Powerboat tahun ini diselenggarakan di Danau Toba, Sumatra Utara. Danau Toba sendiri terkenal sebagai danau vulkanik terbesar di dunia dan diakui sebagai UNESCO Global Geoparks.

Berlangsung selama tiga hari, yakni 24 – 26 Februari 2023, para peserta kejuaraan dan pengunjung akan disajikan dengan rute yang unik dan pemandangan Danau Toba yang luar biasa dan tentunya adrenalin tinggi selama perlombaan powerboat berlangsung. Rute unik ini disebabkan oleh lanskap Danau Toba yang merupakan danau vulkanik.

Kopiko sebagai official titling sponsor F1 Powerboat telah diresmikan melalui penandatanganan kerjasama pada hari Kamis 2 Februari 2023 dan disaksikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan; Menteri Pemuda dan Olah Raga, Zainuddin Amali; dan Wakil Menteri II BUMN, Kartika Wirjoatmodjo.

Kebanggaan terlihat jelas selama penandatanganan berlangsung, menyambut Kopiko, sebagai produk lokal yang mendunia menjadi sponsor utama kejuaraan dunia. Tentu masyarakat dibuat semakin tidak sabar untuk menyaksikan Kopiko F1 Powerboat ini.

Sebagai produk lokal yang telah Go International, dukungan Kopiko di kompetisi internasional sebagai sponsor utama semakin memperkuat posisi Kopiko sebagai Kopi Nomor 1 di Dunia.

Kopiko terkenal di dunia karena kualitas produknya dan bahan utamanya yang super unik dan satu-satunya di dunia yaitu dari biji kopi asli pegunungan vulkanik di Indonesia. Pegunungan Vulkanik memiliki keunikan tersendiri dan kaya akan nutrisi sehingga menghasilkan biji kopi pilihan berkualitas tinggi dengan cita rasa unik.

Kopiko merupakan produk kebanggaan Indonesia yang berhasil dikancah internasional, terbukti karena  setiap hari dinikmati oleh jutaan orang di lebih dari 100 negara di seluruh dunia.

Inovasi Kopiko yang terus menerus dan gencarnya ekspansi dan komunikasi Kopiko diberbagai belahan dunia semakin memperkuat posisi Kopiko sebagai Kopi No.1 di dunia, dan tentu saja semakin membuat Bangga bangsa Indonesia. (Tumpak S)

Continue Reading

Event

Eventori Siap Gelar Ajang ‘The Next Vibes Season 3’

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Ajang pencarian bakat online berskala nasional serta terbesar di Indonesia ‘The Next Vibes Season 3’ siap digelar. Kabar gembira ini datang penyelenggaranya, Eventori selaku platform ekosistem industri hiburan nasional

Menariknya, Eventori tetap fokus terhadap talenta lokal Tanah Air, dengan terus mencoba memberikan kesempatan yang luas bagi seluruh pelaku industri hiburan.

Demikian antara lain disampaikan musisi kondang Agnez Mo, pada acara Anniversary Eventori yang bertajuk ‘Eventori Universe: Anyone, Anywhere, Anytime Entertainment’, di Jakarta, Kamis 2 Februari 2023.

“Inilah saatnya industri hiburan Indonesia menjadi kiblat untuk referensi hiburan internasional karena talenta-talenta kita luar biasa loh. Jadi, sekarang bukan kita doang yang liat referensi musik luar,” ujar Agnez Mo selaku Co-Founder Eventori.

Pada season pertama dan keduanya yang berlangsung 2022 lalu, talent show tersebut telah melahirkan juara-juara muda bertalenta dengan ribuan peserta yang telah berpartisipasi di ajang sebelumnya.

Di tempat yang sama, platform ekosistem industri hiburan terkemuka Tanah Air, Eventori juga meresmikan sinergi kolaborasi layanan baru, di antaranya kolaborasi bersama Tiketbox.com.

Sebuah ticketing management system yang menawarkan teknologi terkini, dengan fitur-fitur yang diharapkan bisa memudahkan pelaku industri entertainment dan entertainment fans untuk mendapatkan tiket akses ke berbagai music eventmusic concertamusement parksports event, dan beragam entertainment ticketing lainnya.

Kolaborasi layanan yang diresmikan ini merupakan produk inovasi dan eksplorasi Eventori sebagai platform ekosistem industri hiburan nasional. Melihat peluang dan minat masyarakat untuk mengakses segala jenis produk hiburan yang terus meningkat, Eventori turut serta menawarkan beragam pilihan baru dengan kematangan sistem yang terintegrasi satu sama lain.

“Masa depan industri hiburan Indonesia dapat kita genggam bersama dengan menyatukan kolaborasi antar semua elemen dalam industri hiburan baik segi pelaku, penggemar, dan penyelenggara, berada dalam satu naungan industri hiburan yang bersinergi,” tutur CEO Eventori Fary Farghob.

Fary menambahkan, Eventori hadir untuk membantu mengorkestrasi ekosistem industri hiburan untuk melangkah bersama sejumlah pihak. (Tumpak S)

Continue Reading

Event

Rayakan Hari Jadinya, Eventory Ingin Indonesia Jadi Kiblat Hiburan Internasional

Published

on

By

Agnez Mo selaku Co-Founder Eventory

Kabarhiburan.com – Berdiri pada 2 Februari 2020, Eventori menggebrak industri hiburan Indonesia dengan sejumlah ajang pencarian bakat, kompetisi talenta, serta konten hiburan melalui situs website dan media sosial, terutama di YouTube, Instagram, dan TikTok.

Memasuki anniversary ketiga, Eventori terus berkreasi menyemarakkan industri hiburan di Indonesia. Salah satunya menggelar dengan menggelar ‘Eventori Universe: Anyone, Anywhere, Anytime Entertainment’, pada Kamis (2/2) di Jakarta.

Sebagai momentum perayaan anniversary ini pula Eventori meresmikan setidaknya sinergi kolaborasi layanan baru, diantaranya kolaborasi bersama Tiketbox.com. Tiketbox.com merupakan layanan terbaru dari Eventori guna melengkapi ekosistem entertainment yang sudah berjalan.

Sebuah ticketing management system yang menawarkan teknologi terkini, dengan fitur-fitur yang diharapkan bisa memudahkan pelaku industri entertainment dan entertainment fans untuk mendapatkan tiket akses ke berbagai music event, music concert, amusement park, sports event, dan beragam entertainment ticketing lainnya.

“Eventori hadir untuk dapat membantu mengorkestrasi ekosistem industri hiburan untuk dapat melangkah bersama lebih baik bersama dengan semua pihak”, tutur Fary Farghob selaku CEO Eventori.

Kejutan selanjutnya adalah dengan diadakannya kembali ‘The Next Vibes Season 3’, Eventori kembali menyelenggarakan suatu ajang pencarian bakat online berskala nasional serta terbesar di Indonesia.

Pada season pertama dan keduanya yang dilangsungkan tahun 2022 lalu, talent show tersebut telah melahirkan juara-juara muda bertalenta dengan ribuan peserta yang telah berpartisipasi di ajang sebelumnya. Fokus terhadap talenta lokal Tanah Air, Eventori terus mencoba memberikan kesempatan yang luas bagi seluruh pelaku industri hiburan.

“Inilah saatnya industri hiburan Indonesia menjadi kiblat untuk referensi hiburan internasional karena talenta-talenta kita luar biasa loh. Jadi sekarang bukan kita doang yang liat referensi musik luar,” ucap Agnez Mo selaku Co-Founder Eventori.

Beberapa agenda kesepakatan pun dilaksanakan. Salah satunya adalah diadakannya penandatanganan kerja sama dengan PARFI 56 bersama Dennis Adhiswara selaku Sekjen PARFI 56. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan visi Eventori dalam mengembangkan talenta lokal Indonesia dalam bidang industri perfilman.

Selain kesepakatan tersebut, ada pula kegiatan penandatanganan bersama Dino Hamid selaku New Live Experience sebagai partner dalam meluncurkan kerjasama Entertainment IP bersama dengan Eventori melalui dua event pertama, yaitu Mie and Music Experience dan One Billion Songs Concert and Festival of Yovie Widianto.

Dengan diluncurkannya berbagai sinergi kolaborasi yang diinisiasi oleh Eventori, momentum perayaan “Eventori Universe: Anyone, Anywhere, Anytime Entertainment” diharapkan mampu menghasilkan gebrakan baru untuk industri hiburan nasional yang merata dan berkelanjutan. Selanjutnya, dalam upaya mewujudkan tata kelola ekosistem entertainment yang sehat, Eventori akan terus menjadi pionir dalam mengawal transformasi entertainment Indonesia pada era digital. (Tumpak S)

Continue Reading
Advertisement

Trending