Connect with us

Film

Dampak Covid-19, Film Nasional Terapkan Konsep ‘New Normal’

Published

on

Kabarhiburan.com, Jakarta Pandemi Covid-19 telah menghantam kehidupan pada semua lini, termasuk ekosistem industri perfilman, mulai produser, aktor, pekerja film, dan pengusaha bioskop.

Demikian mengemuka dalam HalalNilHalal Webinar Online bertajuk Film Nasional; Whats Next ? digagas Direktur Perfilman, Musik & Media Baru Kemendikbud RI bersama Demi Film Indonesia (DFI) di Jakarta.

Dalam Webinar tersebut, Direktur Perfilman, Musik & Media Baru, Kemendikbud RI, Ahmad Mahendra mengungkapkan, lantaran Covid-19 maka Direktorat yang dipimpinnya tidak dapat berbuat banyak, sejak dilantik pada akhir Januari 2020 menggantikan PusbangFilm Kemendikbud RI.

“Meski demikian, sebagaimana janji Presiden, Direktorat baru ini akan tetap berupaya meningkatkan sisi pendidikan film, musik dan media baru dari hulu hingga hilir,” kata Ahmad Mahendra, Senin (25/5/2020).

Ahmad Mahendra memastikan bahwa Direktorat yang dipimpinnya, maka fungsi PusbangFilm tidak akan berubah, dari fungsi literasi hingga apresiasinya.

Sejumlah kerja besar lainnya sudah dicanangkan. Mulai dari memperkenalkan budaya visual ke sekolah-sekolah dan masyarakat sejak dini,  berbagi pengajaran dan lomba penulisan skenario, kritik dan resensi film, serta pendidikan musik dan media baru.

“Meski sayangnya, semua itu belum maksimal kita kerjakan, karena Covid-19 keburu datang. Anggaran pun terpaksa dipotong karena Covid-19,” kata Ahmad Mahendra.

Ia menambahkan ada sekurangnya 11 ribu pelaku industri kreatif film terdampak Covid-19, dan mengharuskan pihaknya memberikan bantuan kepada tenaga film yang terdampak.

“Bantuan akan diberikan lewat Direktorat Tenaga dan Lembaga Keniscayaan, Kemendikbud,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Djonny Syafruddin selaku Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) menyampaikan harapannya, agar Direktorat baru ini dapat menekan pajak tontonan hingga ke angka 10 persen, dari angka 35 persen.

“Agar lebih berpihak kepada pelaku industri perfilman, maka UU Perfilman No 33/2019 yang menggantikan UU No 8  /1992 harus diperbaiki,” pintanya Djonny yang masih menunggu keputusan pemerintah untuk menjadwalkan bioskop akan beroperasi kembali.

Noorca Massardi selaku anggota LSF periode 2020-2024, pihaknya akan menerapkan konsep New Normal dalam pembukaan bioskop. Harus ada standar kesehatan yang ketat, khususnya dalam pengaturan teknis kursi penonton.

“Meski akan sangat sulit sekali mendapatkan penonton di angka satu juta pada masa Covid-19, dibandingkan sebelumnya, karena banyak kendala di sana-sini,” katanya.

Produser film dan mantan Ketum Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) H. Firman Bintang membenarkan bahwa masa new normal bila diberlakukan dalam pembukaan bioskop, harus ada perhitungan yang matang sekali.

“Kalaupun bioskop di buka, tidak seketika juga penonton datang. Tidak ada film yang mau jadi tumbal,” ujar Firman Bintang yang meminta agar memberikan layar bioskop sebanyak mungkin bagi film Indonesia.

“Makanya saya mengusulkan agar menyelamatkan SDM perfilman terdampak Covid-19 dahulu, dengan mengalihkan anggaran untuk pengembangan perfilman ke pekerja kreatif yang terkena dampak ekonomi wabah ini,” katanya.

Adapun sutradara Anggi Umbara mengatakan masih menunggu penerapan new normal bagi dunia perfilman dari pihak berwenang. Terutama dalam masa proses syuting sebuah judul film.

Melalui panduan dan aturan main yang jelas maka sebuah proses produksi film dapat dilakukan dengan standar kesehatan yang telah ditentukan.

Sutradara sejumlah film laris ini menengarai dampak ekonomi yang buruk sekali, jika kondisi seperti sekarang masih berlangsung dua atau tiga bulan lagi.

“Mungkin saya akan jual barang demi menghidupi karyawan saya. Sementara pemasukan tidak ada, karena untuk melakukan proses syuting dan pemutaran film di bioskop juga tidak ada dan tidak bisa karena wabah ini,” jelas Anggi Umbara. (Tumpak Sidabutar/KH)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Film

Jasa Raharja Persembahkan Serial ‘The Ways’ Untuk Pecinta Film Indonesia

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Tingginya animo penikmat film Indonesia terhadap web series di berbagai platform digital, menginspirasi Jasa Raharja untuk menggandeng Agustinus Sitorus dan Endik Koeswoyo untuk menyutradarai web series terbaru berjudul The Ways.

Web Series produksi PIM Pictures dan Antiga Films ini memilih para pemainfilm kenamaan, seperti Frislly Herlind, Sharon Sahertian Damara Finch, Geraldy Krechkhoff, Dearly Dave Sompie dan Dita Faisal. Terdapat pula nama Brisia Jodie, Fandy Christian dan Gabriella Ekaputri.

Agustinus Sitorus, CEO PIM Pictures sekaligus sutradara The Ways: Cinta Jalan Terus menuturkan, serial ini merupakan debutnya sebagai sutradara. Sebelumnya, Agustinus tercatat sebagai produser.

“Konten The Ways: Cinta Jalan Terus  sangat relate dengan kita dan membuat saya kian mengerti pentingnya berhati-hati di jalan,” ujar Agustinus dalam keterangan resmi, Senin (10/5).

Ia pun meyakini benar tingginya animo masyarakat menonton web series, dibuktikan dari penayangan di YouTube Jasa Raharja Official, dalam tiga hari saja The Ways berhasil meraup lebih dari 100 ribu penonton.

“Semoga konten-konten positif seperti ini bisa terus mendapat sambutan positif dari penikmat film dan serial di Indonesia,” pinta Agustinus.

Serial The Ways menyampaikan pesan tersirat Jasa Raharja tentang pentingnya tertib berlalu lintas dan kemudahan pengajuan klaim asuransi Jasa Raharja bagi korban yang tertimpa musibah kecelakan transportasi.

Penyampaian pesan tersebut menjadi efektif karena melibatkan para influencer idola masyarakat. (Tumpak S)

Continue Reading

Film

Lebaran Penuh Cinta, SCTV Hadirkan ‘Warkop DKI Reborn 3’ dan ‘Habibie dan Ainun 3’

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Meski tidak mudik tahun ini, SCTV selalu menemukan cara merayakan suka cita Idul Fitri yang menyenangkan bersama orang terkasih.

Rangkaian program bertema Lebaran Penuh Cinta, akan tayang sejak Kamis 13 Mei 2021 sampai Minggu 16 Mei 2021.

Banardi Rachmad selaku SVP Programming Acquisition SCTV mengatakan bahwa tayangan film layar lebar Tanah Air masih merupakan program favorit yang selalu ditunggu oleh pemirsa.

“Rangkaian film yang telah kami siapkan ini dipastikan menambah sukacita Hari Kemenangan pemirsa, saat bersilaturahmi bersama sanak saudara meski tetap berada di rumah saja,” jelas Banardi dalam jumpa pers virtual, Kamis (7/5).

Kamis, 13 Mei 2021, usai penayangan LIVE Shalat Idul Fitri 1442 H, pukul 07.00 WIB. Film Spesial Lebaran Kapal Goyang Kapten pada pukul 7.30 WIB, akan mengawali parade film tiga film Warkop DKI Reborn, yakni:

Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss! Part 1 pukul 12.30 WIB,  dilanjutkan Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss! Part 2, pada pukul 14.20 WIB.

Pamungkasnya adalah film yang tayang perdana di layar kaca: Warkop DKI Reborn 3, mulai pukul 16.15 WIB.

Pemirsa dipastikan akan terhibur dengan aksi Aliando Syarief, Adipati Dolken, dan Randy Danistha dalam film Warkop DKI Reborn 3.

Jumat, 14 Mei 2021, tersedia tiga judul Film Spesial Lebaran. Pukul 12.30 WIB, film Calon Bini, yang mengisahkan perjalanan cinta Michelle Ziudith dengan Rizky Nazar.

Film Milly & Mamet pada pukul 14.10 WIB, menceritakan kehidupan pasangan suami istri yang dibintangi oleh Sissy Pricillia dan Dennis Adhiswara.

Film Habibie & Ainun 3 pada pukul 16.00 WIB, mengisahkan cinta yang melegenda dari mendiang B.J. Habibie dan Ainun,  dihadirkan secara istimewa karena belum pernah tayang di stasiun TV lain.

Sabtu, 15 Mei 2021, Shandy Aulia dan Dodit Mulyanto ikut mewarnai layar kaca SCTV dalam film Cinta Itu Buta, tentang indahnya kisah cinta yang tidak memandang fisik sang pujaan hati.

Berlanjut pada sinetron tentang kisah pilu cinta sepihak akibat perjodohan, antara Indah Permatasari dengan Refal Hady pada film Wedding Agreement, pada pukul 14.25 WIB.

Minggu, 16 Mei 2021, ada dua film dengan cerita yang tak kalah menarik, yakni Yowis Ben sejak jam 12.30 WIB. Dilanjutkan dengan Yowis Ben 2 pada pukul 14.30 WIB.

Masih di bulan Mei 2021, SCTV telah siap meluncurkan sinetron terbaru yang akan memuaskan dahaga kerinduan pemirsa pada sosok Aliando Syarief.

Aliando Syarief akan beradu peran bersama aktor kenamaan Tanah Air, dipastikan bakal membuat pemirsa terbawa dengan jalinan kisahnya.

Bersamaan dengan program Lebaran Penuh Cinta, aneka sinetron unggulan SCTV tetap tayang, yakni  sinetron Dari Jendela SMP sejak pukul 16.30 WIB,  sinetron Buku Harian Seorang Istri pada pukul 18.10 WIB.

Kemudian, sinetron Love Story The Series pada pukul 20.10 WIB, dan ditutup dengan sinetron Samudra Cinta, hadir sejak pukul 21.40 WIB. (Tumpak S)

Continue Reading

Film

Catat Jadwalnya, Aplikasi MAXstream Hadirkan Serial Berkualitas, ‘Sajadah Panjang’

Published

on

By

Para pemain serial ‘Sajadah Panjang’ (Foto: Tangkapan layar saat jumpa pers virtual)

Kabarhiburan.com – Telkomsel resmi meluncurkan serial orisinal berkualitas bertema drama keluarga berjudul Sajadah Panjang, akan tayang di aplikasi MAXstream.

Menariknya, serial berdurasi 13 episode ini ditayangkan bertepatan dengan momentum Ramadan dan Idul Fitri 1442 H, pada setiap  Senin dan Kamis, mulai Kamis (6/5).

Serial ini menampilkan para aktor dan aktris, mulai dari Donny Alamsyah, Cut Mini, Arbani Yasiz, Hasyakyla Utami, Raffi Sanjaya, Annisa Kaila, Ence Bagus, hingga Kiky Saputri.

GM Digital Content Creator Telkomsel Aris Sudewo mengatakan bahwa serial Sajadah Panjang merupakan hasil kolaborasi antara Telkomsel, PT Oh My Goodness (OMG) dan band Yovie & Nuno.

“Akhirnya serial ini bisa dinikmati oleh insan keluarga Indonesia,” ujar Aris pada saat jumpa pers virtual pada Rabu (5/5) sore.

Aris menambahkan, kehadiran serial Sajadah Panjang akan menambah keragaman konten aplikasi original MAXstream.

Saat ini, aplikasi besutan Telkomsel itu menghasilkan berbagai konten original mulai dari genre komedi hingga horor.

“Kehadiran serial ini membuat konten MAXstream semakin beragam untuk semua segmen,” jelasnya.

Aris juga berharap serial ini dapat menjadi tontonan dan tuntunan yang menemani ibadah puasa di bulan Ramadan serta Idulfitri 1442 H.

Cut Mini memainkan karakter Aida.

Sajadah Panjang mengisahkan tentang rumah tangga penuh cinta pasangan Andhika (Donny Alamsyah) Aida (Cut Mini) serta tiga anaknya, Arya (Arbani Yasiz), Adinda (Hasyakila) dan Ariel (Rafi Sanjaya).

Kebahagiaan mereka berubah sejak Andhika memutuskan berhenti sebagai juru masak di kapal pesiar dan memulai bisnis. Terungkap pula fakta tentang istri kedua Andhika yang baru saja meninggal bernama Kartika.

Bersama Kartika, Andhika dikaruniai anak bernama Aisyah (Annisa Kaila). Sebagai bapak yang bertanggung jawab, ia bersikeras membawa Aisyah masuk ke dalam keluarga Aida dan anak-anaknya.

Bagaimana reaksi Aida? Apakah keluarga ini dapat bertahan utuh dengan prahara yang datang? Temukan jawabannya dalam serial Sajadah Panjang.

Seperti diketahui, MAXstream sejak 2018 mampu menghasilkan lebih dari 670 judul film dan serial orisinal.

Telkomsel juga berkolaborasi dengan lebih dari 25 professional generate content untuk menyuguhkan beragam tayangan #sinemaspektakuler dan hiburan digital demi mendukung industri kreatif Indonesia. (Tumpak S)

Continue Reading
Advertisement

Trending