Connect with us

Event

Festival Mocosik 2019 Bukan Sekadar Buku dan Musik

Published

on

Kabarhiburan.com, Jogjakarta – Setelah meraup sukses pada dua kali perhelatan berturut-turut sebelumnya, panggung akbar yang mempertemukan buku dan musik dalam satu panggung besar bernama  Festival Buku dan Mocosik, kembali digelar di Jogjakarta.

Sesuai temanya, Buku, Musik, Kamu, festival ini tetap bernafaskan semangat mendekatkan buku dan musik, berlangsung di Jogja Expo Center (JEX), sejak Jumat (23/8) sampai Minggu (25/8).

MocoSik merupakan festival yang mencoba mendekatkan para penikmat konser kepada buku, juga sebaliknya, mengakrabkan insan literasi dan pencinta buku kepada musik. Itulah misi literasi budaya yang diusung MocoSik.

Founder MocoSik Festival, Anas Syahrul Alimi, berujar bahwa MocoSik tidak mengarusutamakan buku melebihi musik, atau sebaliknya.

“Keduanya sama rendah, sama tinggi. Baik buku maupun musik berbagi dalam panggung dan waktu yang sama,” ujarnya pada konferensi pers MocoSik di Medpresso Coffee, Kamis lalu (1/8).

Anas yang juga CEO Rajawali Indonesia selaku penyelenggara, mengatakan bahwa MocoSik tidak hanya menampilkan musisi ataupun penulis yang tengah naik daun.

“Yang berada sangat jauh dan sudah berkarya lebih dahulu di waktu lampau, namun tetap eksis, juga kami berikan panggung yang sama,” ujar Anas. “Penghikmat buku dan penikmat musik,  diringkas menjadi satu: “Kamu,” imbuhnya.

Bagi Direktur Programnya, Irwan Bajang memastikan bahwa penyelenggaraan tahun ini jauh lebih meriah, dibanding penyelenggaraan tahun silam. Selama tiga hari penyelenggaraan, Panggung Festival Mocosik#3 dipenuhi oleh 68 penampil.

Obrolan Kian Beragam

Bukan hanya penampil yang bertambah, Mocosik#3 tidak hanya bicara kelindan antara buku dan musik,  buku dan film, serta buku dan seni rupa.

“Pecinta buku dan penikmat musik mendapat suguhan yang beragam dari panggung literasi maupun musik,” jelasnya.

Pada Jumat (23/8) Festival Mocosik menghadirkan  Zen R. S., penulis novel Jalan Lain Ke Tulehu (difilmkan oleh Angga Dwimas Sasongko berjudul Cahaya Dari Timur), Ody Mulya Hidayat (Produser Dilan 1&2), serta F. X. Rudy Gunawan (penulis skenario Terima Kasih Emak, Terima Kasih Abah).

Mereka membahas kelindan film dan buku dalam diskusi bertajuk Terima Kasih Emak, Terima Kasih Emak: Cerita Sinema, Kisah Buku,  dipandu aktris Annisa Hertami.

Tak ketinggalan, seni rupa juga dijadikan topik obrolan MocoSik #3. Duo legendaris dunia penerbitan Jogjakarta, Buldanul Khuri (Penerbit Bentang) dan Dodo Hartoko (Penerbit Buku Baik), hadir sebagai  pemandu diskusi bertajuk “Buku dan Seni Rupa”.

Sementara para perupa, seperti Ugo Untoro, Ong Hari Wahyu, Samuel Indratma dan Jumaldi Alfi, akan  membincang seputar sampul buku sekaligus ruang pamer seni rupa.

Yang terbaru dalam MocoSik #3 kali ini, festival buku dan musik ini juga menyuguhkan lokakarya menulis lagu yang berlangsung pada hari kedua dan ketiga, Sabtu-Minggu, 24-25 Agustus 2019. Lokakarya akan diisi oleh Yura Yunita, dan Marzuki Mohammad/Kill The DJ.

Irwan Bajang yang juga pegiat dunia penerbitan buku indie di Indonesia ini, merinci sejumlah nama yang mengisi sepuluh sesi obrolan maupun lokakarya musik, film, dan seni rupa yang memiliki korelasi dengan dunia buku dan literasi.

Para penampil yang dimaksud, sebut saja  Zen R. S., Joko Pinurbo, Eko Prasetyo, Edi Mulyono, Aguk Irawan M. N., Windy Ariestanty, Iqbal Aji Daryono, Mas Aik, Anton Kurnia, Pepeng, Kalis Mardiasih, Hengki Herwanto, Erie Setiawan, Nuran Wibisono, David Tarigan, John McGlynn dan Okky Madasari.

Di sisi lain, panggung music Mocosik#3  menampilkan Tulus, Yura Yunita, Pusakata dan musisi gaek dan legendaris seperti Ebiet G. Ade.

Ada pula Gallaby, Langit Sore, Nostress, Dialog Dini Hari, Tashoora, Sujiwo Tejo & Sastra Warna Banf, Guyon Waton, hingga konser puisi cinta yang melow yang “dikonduktori” sastrawan dan sutradara teater Agus Noor.

Pameran Seni Lini Masa Sastra

Sebagaimana pergelaran MocoSik di tahun kedua, pameran Seni Lini Masa pada penyelenggaraan tahun ketiga ini, maka ruang pameran seni dihadirkan di antara panggung musik dan bangku obrolan literasi.

Jogjakarta sebagai salah satu kota seni rupa terpenting di Indonesia memungkinkan ruang MocoSik juga mendapatkan sentuhan seni.

“Tema ruang pameran seni MocoSik tahun ini adalah Lini Masa Sastra Indonesia: Lama-Kini,” jelas Bakkar Wibowo. Co-founder MocoSik.

Ia mengatakan, Indonesia tidak hanya dibangun lewat adu kuat bedil, tetapi juga ide. Dengan sastra dan  teks, Indonesia yang kita proklamasikan pada 17 Agustus 1945 ini pun lahir.

Karena bersifat kilas balik, pameran seni mengingat tonggak-tonggak penting “Ide Indonesia” ini juga didukung sejumlah diskusi, antara lain perihal pendokumentasian dan bagaimana para akademisi dari luar negeri jatuh hati pada (ide) Indonesia.

“Kita menggelar selama tiga hari buku-buku lawasan sastra/humaniora dan artefak-artefak dunia musik masa lalu. Kita menggandeng komunitas yang selama ini bermain di buku-buku klasik dan juga Record Store yang berbasis di Yogyakarta,” tutur Bakkar Wibowo.

“Hadirnya buku-buku yang bernilai sejarah tinggi dan sejumlah majalah dan rilisan musik dari masa yang jauh, tetapi dikemas dalam sebuah pameran seni,” pungkas Bakkar. Setidaknya menyodorkan kepada generasi milenial bahwa masa lalu itu asyik dan enggak bikin spaneng, apalagi kusam. (Rls)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Event

Ajang Pencarian Bakat Seni, ‘Byarr Indonesia’ Masuki Grand Final

Published

on

By

Titi DJ antusias sambut Malam Puncak ajang Byarr Indonesia

Kabarhiburan.com – Satu lagi ajang pencarian talenta baru dibidang seni telah lahir di Bumi Pertiwi. Namanya Byarr Indonesia. SCTV resmi terpilih untuk menayangkan Malam Final Byarr Indonesia, pada Sabtu (31/10), pukul 15.00 WIB mendatang.

Penyelenggaraan Byarr Indonesia yang digagas oleh Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) ini diharapkan mampu melahirkan keceriaan dan optimisme di tengah pandemi Covid-19.

Ketua IIPG sekaligus penyelenggara Byarr Indonesia, Yanti Airlangga menyebut ajang ini merupakan bentuk kepedulian Partai Golkar kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19.

“Kami ingin memberi semangat untuk terus berkreasi dan berkegiatan, meski harus mengikuti protokol kesehatan,” ujar Yanti Airlangga, yang sudah menyiapkan hadiah berupa Mobil dan uang sebagai modal usaha bagi para pemenang Gyarr Indonesia.

Ajang Byarr Indonesia diharapkan bisa menjadi pelepas penat masyarakat, karena menyanyi dan menari adalah salah satu bentuk keceriaan untuk menghilangkan beban pikiran.

Biarkan dirimu bersinar, Byarr Indonesia,” seru Yanti Airlangga, selaku penggagas Byar Indonesia.

“Kita melihat di media sosial, seperti  Intagram dan Facebook banyak yang menyanyi dan menari sebagai bentuk keceriaan. Lewat ajang ini kami mengajak ‘Byarrkan Dirimu Bersinar, Byarr Indonesia,” seru Yanti.

Byarr Indonesia telah menyisir bakat ribuan peserta dari berbagai provinsi di Indonesia. Seleksi yang dilakukan oleh Dewan Juri Rossa, Titi DJ, Aming, Yovie Widianto dan Nino RAN telah memilih 20 semifinalis.

Ke-20 semifinalis, baik perseorangan maupun kelompok akan mengikuti karantina di Jakarta. Selama itu pula Dewan Juri akan menetapkan 8 peserta saja yang berhak maju ke Acara Puncak Byarr Indonesia, yang berlangsung Sabtu (31/10) mendatang.

Tak hanya menilai, Dewan Juri juga akan memberikan tips tentang pengalaman selama berkiprah di industri hiburan.

Titi DJ membenarkan, bahwa kriteria penilaian sangat beragam, diantaranya keunikan karakter serta passion, bisa jadi peluang peserta meraih juara.

“Saya yakin peserta yang terpilih punya keunikan yang tidak dimilliki peserta kebanyakan. Saya juga akan berbagi pengalaman dan tips agar mereka tampil berkarakter di panggung nanti,” ujar Titi DJ yang sudah puluhan tahun menjadi penyanyi.

Mencari talenta baru dari berbagai latar belakang profesi yang berbeda di berbagai daerah, menjadi tantangan pihak penyelenggara,

Indra Mulyanto selaku GM Creative Indonesia Entertainment Produksi (IEP), ditantang menyiapkan tayangan yang berbeda dari ajang pencarian bakat pada umumnya.

Indra menambahkan bahwa latar belakang peserta yang beragam dan belum berpengalaman di panggung hiburan, merupakan  tantangan tersendiri pihak penyelenggara yang harus diatasi.

“Selanjutnya, dengan karakter masing-masing peserta yang berbeda, kami harus membuat tayangan grand final yang spektakuler. Ini memerlukan kerja keras,” ujar Indra. (Tumpak Sidabutar)

Continue Reading

Event

Ikuti Ajakan Hidup Sehat MNC 31 Virtual Ride, Raih Hadiahnya

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Sambut ulang tahun ke-31, MNC Group menyelenggarakan MNC 31 Virtual Ride. Acara ini akan diikuti oleh masyarakat, yang sudah mendaftar sejak Senin 19 Oktober 2020.

“Segera daftarkan diri Anda di MNC 31 Virtual Ride melalui app 99 Virtual Race,” ujar Ketua Pelaksana MNC e-Fest 2020 Jessica Tanoesoedibjo, di Jakarta, baru-baru ini.

Peserta MNC Virtual Ride akan mendapatkan finisher pack mulai dari jersey, e-BIB, finisher medal, e-certificate dan drawsting bag.

Selain itu, yang paling ditunggu-tunggu adalah MNC Group juga bakal memberikan doorprize menarik untuk para peserta yang beruntung.

“Riders, yuk hidup sehat, ajak teman-teman, komunitas, keluarga dan pasangan untuk ikut sepedaan di MNC 31 Virtual Ride, ya!” kata Jessica.

Jessica menambahkan ajang ini terdiri dari dua kategori, yakni Fun Ride dan Vision on Ride. Masing-masing kategori memiliki jarak tempuh 31 KM dan 100 KM.

“Untuk Fun Ride tersedia 600 slot peserta dan Vision Ride ada 200 slot,” jelas Jessica.

Untuk mengikuti Fun Ride, peserta umum cukup membayar Rp131.000, sudah termasuk donasi Rp31.000. Adapun, untuk kategori Vision on Ride, cukup membayar Rp231.000, sudah termasuk donasi Rp50.000.

Tak hanya bersepeda, peserta juga dapat mengikuti photo costume contest atau kontes foto dengan menggunakan kostum menarik saat sedang gowes. Untuk kontes ini, peserta berkesempatan memenangkan uang tunai Rp1 juta untuk juara 1, Rp750.000 untuk juara 2 dan Rp500.000 untuk juara 3.

Jessica menjelaskan peserta dapat melakukan pendaftaran mulai 19 Oktober hingga 7 November 2020. Adapun, periode gowes akan dilaksanakan mulai 1-7 November 2020. (Tumpak S)

Continue Reading

Event

Ada Beragam Kejutan Malam Puncak Perayaan HUT MNCTV ke-29

Published

on

By

Kabarhiburan.com – MNC TV genap berusia 29 tahun menemani dan menghibur pemirsa di Indonesia. Berbagai prestasi telah diraih MNC TV di industri televisi bahkan di masa pandemi ini. Salah satu prestasi yang diraih adalah MNCTV mencapai peningkatan audience share tertinggi dibandingkan TV nasional sepanjang tahun ini.

Untuk itu, jajaran Komisaris dan Direksi serta karyawan MNCTV  Selasa (20/10/2020) menyelenggarakan doa dan syukuran bersama atas berbagai pencapaian tersebut.

Acara yang diselenggarakan di Studio RCTI+, kawasan MNC Studios Kebon Jeruk Jakarta ini, juga diisi oleh doa agar pelaksanaan malam puncak Kilau Raya MNCTV 29 yang ditayangkan Live Onair di MNCTV, Sabtu  24 Oktober 2020 mulai pukul 19.00 berjalan lancar, sukses dan meriah.

Noersing selaku Managing Director megatakan, MNCTV yang selalu di hati pemirsanya setiap tahunnya selalu merayakan ulang tahun. Tak hanya di Jakarta, tapi juga di 2 atau 3 lokasi di kota-kota besar lainnya, dengan penonton di lokasi bisa mencapai 50 ribu orang. Tujuannya, sebagai bentuk apresiasi dan makin mendekatkan MNCTV dengan basis pemirsanya.

Namun, di masa pandemi Covid-19 tahun ini tentu tantangannya lebih besar, bagaimana menyajikan tontongan berkualitas pada malam puncak dengan pembatasan social distancing yang ada.

Noersing mengatakan, tim MNCTV berpikir keras dan come up dengan creative solution yang tidak kalah kualitasnya dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Malam puncak akan diselenggarakan di komplek MNC Studios Kebon Jeruk Jakarta diadakan di 3 lokasi,1 lokasi indoor di Studio RCTI+ yang merupakan salah satu studio tercanggih di Asia, dan 2 lokasi outdoor.

“Di lokasi outdoor akan ada pertunjukan spektakuler dari para artis yang akan bernyanyi dan menari di dalam air, serta panggung di atas air dengan tata lampu dan air mancur menari yang fantastis,” jelas Noersing.

Sepanjang Malam Puncak Kilau Raya MNCTV 29, pemirsa akan dihibur berbagai artis dari lintas usia dengan berbagai genre musik mulai dari dangdut, melayu, pop dan campur sari.

Yang yang tidak kalah menarik dan pastinya ditunggu tunggu pemirsanya adalah sketsa dari para pemeran “Kembalinya Raden Kian Santang”, yang akan hadir di panggung studio RCTI+.

Selama persiapan dan acara berlangsung, seluruh kru yang bertugas, artis dan pengiring, semuanya harus mengikuti protokol kesehatan dan juga menjalani Rapid Test dan Swab Test. Itu untuk memastikan bahwa pelaksanaan program bisa berjalan dengan aman dan sesuai standar kesehatan.

Noersing menambahkan, harapannya tentu di usia MNCTV ke 29 ini, MNCTV semakin selalu di hati penonton Indonesia dan mampu memberikan tayangan-tayangan yang menghibur dan juga mendidik bagi seluruh pemirsa MNCTV di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, salah satu artis papan atas Tanah Air yang akan ikut memeriahkan Kilau Raya MNCTV ini, Dewi Perssik juga tengah sibuk mempersiapkan dirinya untuk tampil maksimal. Dia bahkan terpantau di kolam latihan selam di bilangan Jakarta Timur.

“Dewi sekarang berada di kolam yang dalam banget. Aku belum pernah berada di kolam sedalam 16 meter, biasanya cuma 2 sampai 3 meter aja. Ternyata, kolam ini biasa dipakai untuk latihan selam juga loh, mudah-mudahan aku kuat nafas dan fisik, karena ini dalam banget,” ungkapnya.

Dewi Perssik mengaku bangga dapat dipercaya lagi mengisi perayaan ulang tahun televisi milik MNC Group ini setiap tahunnya dengan selalu memberikan penampilan dan aksi panggung yang meriah.

Kejutan dari Dewi Perssik pun akan sangat unik, dia akan menari di dalam air yang akan memberikan suguhan yang berbeda bagi para pemirsa MNCTV.

“Aku senang banget dengan treatment underwater ini, karena tidak semua orang bisa melakukan dan ada manfaatnya juga buat aku bisa mengatur nafas. Aku tidak menyangka bisa lakukan ini semua dengan baik. Aku lakukan ini untuk memberikan yang unik dan beda dari yang lain untuk pemirsa setia MNCTV di hari ulang tahunnya,” ujarnya. (Tumpak S)

Continue Reading
Advertisement

Musik

Terbaru

Trending