Connect with us

Event

Film ‘Damai Dalam Kardus’ Raih Juara Utama Pada Ajang Film Dokumenter Eagle Awards 2018

Published

on

Kabarhiburan.com, Jakarta – Film Damai Dalam Kardus meraih penghargaan tertinggi sebagai juara pertama dalam ajang film dokumenter bertajuk Eagle Awards Documentary Competition (EADC) 2018.

Film garapan Andi Ilmi Utami dan Sulaeman Nur ini menceritakan kehidupan salah seorang warga Poso bernama Gunawan, pasca kerusuhan agama di Poso pada satu dekade silam.

Kerusuhan yang telah meluluhlantakkan kota Poso tersebut, juga ikut menghancurkan keluarga Gunawan.

Film Damai Dalam Kardus mengalahkan film Menabur Benih di Lumpur Asmat yang terpilih sebagai juara dua.

Film besutan Yosep Levi dan Bernad Boki Konten ini memaparkan perjuangan guru SD Yufri di Asmat dalam memenuhi kebutuhan gizi siswanya.

Selain mengajar di depan kelas, tidak jarang para guru masih harus ‘mengajar’ para orang tua murid mengatasi masalah gizi dengan swasembada pangan secara mandiri di lahan yang didominasi dengan lumpur.

Sebagai juara ketiga, diberikan kepada  film Pusenai Last Dayak Basap. Film ini digarap oleh Fajaria Menur Widowati menceritakan kehidupan seorang nenek bernama Pusenai (87) dari suku Dayak Basap. Ia bermukim di Desa Teluk Sumbang, salah satu desa terluar di Provinsi Kalimantan Timur.

Pusenai harus beradaptasi dengan modernisasi pascarelokasi dari hutan ke pemukiman. Relokasi juga mengancam warga setempat kehilangan mata pencaharian, lantaran kawasan hutan berubah menjadi perkebunan kelapa sawit.

Pusenai  harus berjalan kaki hingga puluhan kilometer untuk mencari sejumput rotan sebagai bahan baku membuat tas etnik sebagai penyambung hidup.

Tiga film tersebut dinyatakan sebagai pemenang dari 187 judul film dokumenter yang diseleksi oleh sineas kenamaan Nia Dinata, Garin Nugroho dan mentor film dokumenter internasional dari India Supriyo Sen.

Sebagai juara pertama, Andi Ilmi Utami dan Sulaeman Nur berhak atas hadiah uang sebesar Rp100 juta.  Yosef Levi dan Bernad Boki Koten mendapat pada juara juara kedua mendapat Rp60 juta. Sementara Fajaria Menur Widowati memperoleh yang Rp40 juta.

Selain hadiah uang, para pemenang ini akan mendapatkan kamera Panasonic dan beasiswa S2 dari Kemendikbud.

Presiden Direktur Metro TV Suryopratomo menyampaikan selamat kepada seluruh pemenang, termasuk kepada dua peserta lainnya, Bioskop Kecil Harapan Besar, dan Menulis Mimpi di Atas Ombak yang masuk lima besar.

Baginya, film documenter bisa menjaga keutuhan NKRI dengan cara yang berbeda. Ajang EADC 2018 dapat meningkatkan kesadaran bahwa Indonesia harus jadi negara yang hebat. Pasalnya, Indonesia harus terus berproses untuk menjadi Indonesia.

“Jadi sesuai dengan tema kita, Menjadi Indonesia. Untuk menjadi Indonesia itu pilihan berat dan butuh proses,” ujar Suryopratomo dalam sambutannya.

Seluruh film ini akan ditayangkan di Metro TV setiap hari mulai tanggal 12 November hingga 16 November 2018 pukul 21.30 WIB sampai 22.00 WIB. (Tumpak Sidabutar/KH. Foto Istimewa)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Event

YPJI Galang Donasi via Live Streaming Bagi Korban Banjir Jakarta dan Jawa Barat

Published

on

By

Kabarhiburan.com, Jakarta – Salah satu bentuk kepedulian terhadap penderitaan para korban bencana alam di berbagai wilayah di Indonesia, Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia (YPJI)  menggelar kegiatan penggalangan donasi bagi para korban terdampak.

Salah satu bencana yang baru saja terjadi yakni banjir di wilayah Jakarta dan Jawa Barat (Jabar) pada 20 Februari 2021 silam, dijadikan sebagai fokus penggalangan dana ini.

Penggalangan dana terlaksana berkat kerja sama YPJI dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI), Politeknik STMI Jakarta, yang berlangsung sejak awal Februari 2020.

Penggalangan dana juga dilakukan lewat acara live streaming bertajuk ‘Live Charity Stream Disaster Relief’ secara online, yang digelar di Lobbyn Sky Terrace, Hotel Liberta, Kemang, Jakarta Selatan, yang berlangsung Kamis (25/2) malam.

Acara meriah tersebut tersebut dimeriahkan penampilan DJ Ay Claudia dan DJ Jasmine Larosie, dengan dipandu oleh host pengurus YPJI, yakni Pray dan D Novriansyah, selaku Kepala Bidang Donasi dan Sosial YPJI.

Donasi yang terkumpul dalam program ini akan disalurkan bagi masyarakat dan juga rekan jurnalis terdampak banjir di wilayah Jakarta dan Jawa Barat.

Wakil Ketua YPJI, Mambang Yazid, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari YPJI ke masyarakat dan jurnalis yang yang terdampak bencana banjir.

“Sebagai jurnalis, kita turut merasakan penderita masyarakat terdampak banjir. Rencananya, kita akan serahkan donasi bagi korban banjir bersama teman-teman mahasiswa HMTI Politeknik STMI Jakarta,” ujar Mambang Yazid.

Dalam penggalangan donasi ini, YPJI juga bekerjasama dengan Mustika Ratu dan Lobbyn Sky Terrace Hotel Liberta, serta beberapa donatur pribadi yang enggan menyebut namanya.

“YPJI juga berterima kasih banyak kepada semua pihak yang telah mendukung kita. Terima kasih juga buat para donatur pribadi yakni Maya Miranda Ambarsari selaku President Director PT Batamec Shipyard, Vicky Muhamad, Gita, Puri, Igub, serta donatur lainnya,” ujar Mambang Yazid lagi.

YPJI, imbuh Yazid juga berharap, kegiatan penggalangan donasi bencana seperti ini bisa terus dilakukan lewat kerjasama dengan sejumlah donatur.

“Semoga musibah bisa cepat berlalu, termasuk pandemi Covid-19 agar bisa segera berakhir, dan kondisi kembali normal. Semoga program ini sedikit banyak dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir,” pungkasnya. (Rls)

Continue Reading

Event

Rayakan Ulang Tahun ke 33, Kim Soo Hyun Dapat Roma Kelapa

Published

on

By

Aktor Kim Soo Hyun (Foto Instagram: kim_soo_hyun_16)

Kabarhiburan.com – Penggemar drama Korea di Tanah Air sudah tidak asing dengan wajah Kim Soo Hyun. Aktor tampan ini kerap membintangi drama-drama populer Korea Selatan.

Aktor dengan bayaran termahal di Korea tersebut merayakan ulang tahun ke 33, pada hari Rabu (16/2) kemarin. Berbagai ucapan selamat ulang tahun dari para fans seluruh dunia berdatangan untuk Kim Soo Hyun di media sosial, bahkan sempat menjadi trending di Twitter.

Ia pun memamerkan tumpukan hadiah  dari orang-orang terdekat dan dari para fansnya. Salah satu yang mencuri perhatian adalah foto pertama yang diunggahnya.

Menariknya, diantara tumpukan hadiah itu terlihat produk dari Indonesia, yakni Roma Kelapa dari Mayora.

Para penggemar pun lalu memotret tumpukan hadiah  untuk pemain drama It’s Okay to Not Be Okay tersebut, lalu membagikannya lewat media sosial.

Unggahan tersebut membuat penggemar dari Indonesia bertanya-tanya, siapa gerangan penggemar yang mengenalkan Roma Kelapa kepada Kim Soo Hyun.

Tak jarang dari mereka merasa iri karena belum dapat kesempatan untuk mengirimkan hadiah ke idolanya, apalagi hadiah khas Indonesia yang mengesankan seperti Roma Kelapa. Yang pasti, mereka bangga melihat camilan favorit tersebut sudah go international.

Seperti yang kita tahu, Roma Kelapa merupakan biskuit yang dibuat dengan bahan baku kelapa asli yang berkualitas. Masyarakat Indonesia biasa memakannya secara langsung sebagai camilan atau mencelupkannya ke teh, kopi, atau susu yang hangat.

Bayangkan, jika Kim Soo Hyun membuka kemasan Roma Kelapa, mencelupkannya ke teh, kopi, atau susu favoritnya, lalu memakannya seperti yang biasa orang Indonesia lakukan. (Tumpak S)

Continue Reading

Event

Kim Soo Hyun Dapat Roma Kelapa, Penggemar Langsung Heboh

Published

on

By

Kim Soo Hyun (Foto: Instagram Soohyun k_216)

Kabarhiburan.com – Aktor film ternama dari Korea Selatan, Kim Soo Hyun merayakan ulang tahun ke 33, pada Rabu (16/2) silam.

Ia pun menerima ucapan selamat dari para penggemarnya di seluruh dunia melalui media sosial, hingga sempat menjadi trending di Twitter. Kim Soo Hyun juga mengabadikan tumpukan hadiah ultah yang diterima di akun instagram pribadinya.

Menariknya, diantara tumpukan hadiah ulang tahun tersebut, terlihat produk dari Indonesia. Salah satunya Roma Kelapa dari Mayora.

Para penggemar pun mengabadikan foto yang terdapat di postingan aktor drama It’s Okay to Not Be Okay tersebut, lalu menyebarkannya lewat media sosial. Itu artinya, cemilan dari Indonesia tersebut sudah go international.

Unggahan tersebut membuat penggemar dari Indonesia bertanya-tanya, siapa gerangan yang mengirimkan cemilan tersebut untuk aktor film The Thieves (2021), Secretly, Greatly (2013) dan Real (2017.

Banyak yang merasa iri karena belum mengirimkan cemilan Roma Kelapa kepada sang idola. Mereka membayangkan Kim Soo Hyun membuka kemasan Roma Kelapa, mencelupkannya ke teh, kopi, atau susu, lalu memakannya, seperti yang biasa orang Indonesia lakukan.

Seperti diketahui, Roma Kelapa merupakan biskuit berbahan baku kelapa asli dan berkualitas. Booming sejak akhir 1970-an, Roma Kelapa masih populer hingga saat ini. (Tumpak S)

Continue Reading
Advertisement

Trending