Connect with us

Event

Jajaran Pemenang AMI Awards 2020, Grup Band NOAH Menang Banyak

Published

on

Kabarhiburan.com –  Ajang piala bergengsi bagi insan musik Tanah Air, Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2020 sukses menghibur masyarakat Indonesia.

Sesuai temanya, Musik Menyatukan Kita, malam puncak AMI Awards ke-23 telah  menyatukan sederet nama musisi berprestasi di jagad industri musik Indonesia.

Sebut saja, Weird Genius dan Sara Fajira, membawakan single Lathi berkolaborasi dengan Deny Caknan, didaulat sebagai pembuka acara yang berlangsung di Studio RCTI+ tersebut.

Mereka mendendangkan lagu Lathi di atas panggung nan megah serta didukung tata cahaya memukau.

Tiara Andini menjadi penyanyi yang pertama menerima penghargaan AMI Awards 2020 pada kategori ‘Artis Pendatang Terbaru Terbaik’.

Penyanyi muda asal Jember, Jawa Timur ini tidak mampu menahan air mata bahagia, saat menerima penghargaan tersebut.

“Terima kasih kepada Allah SWT. Gak nyangka bisa menang di kategori pendatang baru dan penghargaan pertama saya di AMI Awards. Ini menjadi menjadi penghargaan tertinggi bagiku sejauh ini. Aku ingin terus berada di industri musik. Ini awal yang baik untuk aku jadi semangat,” kata Tiara sumringah.

Setelah Tiara, tampil pula grup band NOAH yang menang banyak. Tidak tanggung-tanggung, band asal Bandung ini memboyong tiga piala sekaligus, yakni Duo/Grup Pop Terbaik, Karya Produksi Re-aransemen Terbaik, dan paling bergengsi adalah Album Terbaik Terbaik.

Vokalisnya, Ariel tidak menyangka kalau album Keterkaitan Keterikatan berhasil memenangkan kategori Album Terbaik Terbaik. Baginya, penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras timnya serta para fans.

“Enggak nyangka banget. Mau bilang terima kasih banyak sebesar-besarnya untuk apresiasinya atas penghargaan ini,” ujar Ariel.

AMI Awards 2020 juga memberikan penghargaan Lifetime Achievement kepada sang ‘Raja Dangdut’ Rhoma Irama, Sang musisi dinilai memiliki jasa besar di belantika musik Indonesia dan masih memberikan inspirasi positif kepada generasi muda.

“Alhamdulillah, terima kasih telah diberikan penghargaan ini, semoga saya tidak selalu lupa untuk bersyukur,” kata Rhoma Irama.

Penghargaan juga diberikan kepada Melly Goeslaw sang penulis lagu yang mampu menembus berbagai generasi.

“Terima kasih AMI Awards. Saya berterima kasih juga kepada musisi yang telah menyanyikan lagu saya dengan sangat baik dan tak lupa saya ingin berpesan kepada musisi generasi muda, berkarya bukan untuk terkenal tapi berkarya lah untuk dikenang,” pinta Melly.

AMI Awards 2020 juga memunculkan kategori Legend Awards. Penghargaan ini diberikan kepada para musisi legenda. Mereka adalah Nasution Bersaudara, Didi Kempot dan Nike Ardila.

Begitu ketiga nama disebut, langsung menerbitkan kenangan bagi keluarga. Mereka beranjak untuk menerima penghargaan diliputi rasa haru yang mendalam.

“Terima kasih AMI Award masih menghargai Nike Ardila, walaupun telah wafat sekian lama, juga terus meneruskan penjuangan Nike Ardila sampai sekarang ini” ungkap Keluarga Nike Ardila.

AMI Awards ke-23 juga dimeriahkan oleh para musisi yang bersinar di era tahun 80-90 dan melegenda hingga kini. Salah satu diantaranya 7 Bintang Plus, terdiri dari Yuni Shara, Memes, Tri Utami, Ita Purnamasari, Deddy Dhukun, Mus Mujiono dan Vinna Panduwinata.

Total 55 kategori penghargaan yang dibagikan kepada para musisi Indonesia dalam perhelatan AMI Awards 2020. Berikut daftar lengkap para pemenang AMI Awards 2020:

1. Album Terbaik Terbaik: Keterkaitan Keterikatan (NOAH)

2. Karya Produksi Terbaik Terbaik: Lathi(Weird Genius, Sara Fajira).

3. Pendatang Baru Terbaik Terbaik: Tiara Andini (Gemintang Hatiku).

4. Karya Produksi Metal Terbaik: Revenge The Fate (Katarsis).

5. Karya Produksi Progressive Terbaik: Isyana Sarasvati (Sikap Duniawi).

6. Karya Produksi Rap/Hiphop Terbaik: Tuan Tigabelas (Move).

7. Karya Produksi Reggae/Ska/Rocksteady Terbaik: Steven & Coconuttreez (Fallin).

8. Karya Produksi Kolaborasi Terbaik: Marion Jola, Laleilmanino (Rayu).

9. Karya Produksi Original Soundtrack Terbaik: Iwa K, Sheryl Sheinafia, Maizura, Agatha Pricilla & Cast (Bebas-Ost. Bebas).

10. Karya Produksi Grup Vokal Terbaik: Trisouls (Cinta Keadaan).

11. Karya Produksi Lagu Berbahasa Daerah Terbaik: Ivan Nestorman (Mata Leso Ge).

12. Karya Produksi Instrumentalia Terbaik: Erwin Gutawa (Kala Sang Surya Tenggelam).

13. Karya Produksi World Music Terbaik: Keubitbit (Saban Sabee).

14. Karya Produksi Re-Aransemen Terbaik: Noah – Nazril Irham, Loekman Hakim, David Kurnia Albert (Kala Cinta Menggoda).

15. Karya Produksi Folk/Country/Balada Terbaik: Nadin Amizah (Bertaut).

16. Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Islami Terbaik: Ungu (Jalan Panjangku).

17. Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Nasrani Terbaik: Citra Scholastika (Sertamu).

Bidang Penunjang Produksi: 

18. Produser Rekaman Terbaik: Laleilmanino – Rayu (Marion Jola, Laleilmanino).

19. Grafis Desain Album Terbaik: Rachel Ajeng – Dari Balik Jendela(Monita Tahalea.

20. Tim Produksi Suara Terbaik: Eka Gustiwana Putra, Gerald Prayogo Pangestu Wibowo, Reza Oktovian, Dhandy Annora – Lathi (Weird Genius, Sara Fajira).

Bidang Pop:

21. Artis Solo Wanita Pop Terbaik: Raisa (Teristimewa).

22. Artis Solo Pria Pop Terbaik: Andmesh (Nyaman).

23. Duo/Grup Pop Terbaik: Noah (Kala Cinta Menggoda).

24. Pencipta Lagu Pop Terbaik: Yovie Widianto (Maafkan Aku #terlanjurmencinta).

25. Penata Musik Pop Terbaik: Andi Rianto (Selesai).

26. Album Pop Terbaik: Cinta Luar Biasa– Andmesh).

Bidang Rock:

27. Artis Solo Pria/Wanita Rock/Instrumentalia Rock Terbaik: Once Mekel (Musisi).

28. Duo/Grup/Kolaborasi Rock Terbaik: Kotak (Hoax).

29. Album Rock Terbaik: Air (Endank Soekamti).

Bidang Jazz:

30. Artis Jazz Instrumentalia Terbaik: Barry Likumahuwa (Trust And Faith).

31. Artis Jazz Kontemporer Terbaik: Ardhito Pramono – Fine Today(Ost. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini).

32. Album Jazz Terbaik: Janapati– Dewa Budjana, Tohpati (Pos Records).

Bidang Soul/R&B:

33. Artis Solo Pria/Wanita Soul/R&B Terbaik: Rinni Wulandari (Born Ready).

34. Duo/Grup Kolaborasi Soul/R&B Terbaik: Marion Jola, Tuan Tigabelas (Favorite Sin).

Bidang Dangdut:

35. Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Terbaik: Lesti (Tirani).

36. Artis Solo Pria/Wanita Dangdut Kontemporer Terbaik: Nella Kharisma (Ada Gajah Dibalik).

37. Duo/Grup/Kolaborasi Dangdut Terbaik: Rhoma Irama, Anisa Rahman (Rabbanaa).

38. Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Dangdut Elektro Terbaik: Siti Badriah (Pipi Mimi).

39. Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Dangdut Berbahasa Daerah Terbaik: Didi Kempot (Tulung).

40. Pencipta Lagu Dangdut Terbaik: Hendro Saky (Tirani).

41. Penata Musik Dangdut Terbaik: Rhoma Irama (Virus Corona)

Bidang Lagu Anak Anak:

42. Artis Solo Lelaki/Perempuan Anak Anak Terbaik: Neona (Kepompong).

43. Duo/Grup/Kolaborasi Anak Anak Terbaik: Kotak (Nussa – Bundaku).

44. Pencipta Lagu Anak Anak Terbaik: Baim, Artika Sari Devi (Adikku Tersayang).

45. Penata Musik Lagu Anak Anak Terbaik: Ava Victoria (Namaku Dru)

Bidang Urban:

46. Artis Solo Pria/Wanita Urban Terbaik: Gamaliel (/Forever More/).

47. Duo/Grup Kolaborasi Urban Terbaik: Andien, Dekat – Somewhere In Tajikistan

Bidang Alternatif:

48. Artis Solo Pria/Wanita Alternatif Terbaik:Hindia (Rumah Ke Rumah).

49. Duo/Grup/Kolaborasi Alternatif Terbaik: Efek Rumah Kaca (Tiba Tiba Batu)

Bidang Keroncong:

50. Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Keroncong/Stambul/Langgam/Asli Terbaik: Irene Mus Mulyadi, Mus Mulyadi (Dinda Bestari).

51. Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Keroncong/Stambul/Langgam /Ekstra/Kontemporer Terbaik: Sruti Respati (Hujan Pagi).

Bidang Dance & Elektronika:

52. Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Dance Terbaik: Weird Genius, Sara Fajira (Lathi).

53. Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Elektronika Terbaik: Sri Hanuraga Trio, Dira Sugandi (Rangkaian Melati).

54. Legend Award: Didi Kempot, Nasution Bersaudara, Nike Ardilla

55. Lifetime Achievement Award: Nasution Bersaudara, Rhoma Irama dan Melly Goeslaw. (TumpakS)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Event

Royalty Musik, Membangun Iklim Kesadaran Hukum Bagi Para Musisi

Published

on

By

Yovie Widianto

Kabarhiburan.com – Presiden Joko Widodo menandatangani PP 56 pada 30 Maret 2021, tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu Dan/Atau Musik. PP yang dimaksudkan untuk memperkuat Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Faktanya di lapangan, masih bertolak belakang dengan peraturan yang telah diundangkan. Alhasil, ruwet sengkarut tata kelola royalti Hak Cipta Lagu Dan/Atau Musik di Indonesia, belum terurai sebagaimana mestinya.

Seperti terungkap dalam zoom meeting yang digagas Komunitas Pewarta Hiburan Indonesia (Kophi) pada Kamis (2/12) malam. Sengkarut tata kelola royalti itu belum menunjukkan titik terang. Masih sangat kelam, dan masih jauh dari benderang.

Terlalu sulit mengurai persoalannya, bukan semata telah menahun permasalahannya, tapi keterlibatan musisi sebagai bagian aktif dari persoalan ini juga sangat rendah sekali, utuk tidak mengatakan cenderung mengambil posisi apatis. Alhasil, sebagaimana dikatakan Denny MR, selaku pemandu acara, persoalannya sangat berlapis-lapis. Sampai pada taraf sangat sulit sekali mengurainya.

Persoalan pat-gulipat PT LAS selaku pihak ketiga yang ditunjuk LMKN tanpa proses tender, dan tudingan salah satu komisioner LKMN ternyata juga memiliki saham di PT LAS, belum purna. Atau sengaja tidak diselesaikan, bahkan setelah publik mengetahui bobrok dan akal-akalan mereka, kini ada persoalan baru.

Seperti Posan Tobing, selaku musisi menggugat label Warner ke pengadilan, menyusul Musica Studio’s mengajukan gugatan UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta ke Mahkamah Konstitusi (MK). Tuntutannya, agar royalti produser dinaikkan dari 50 tahun menjadi 70 tahun.

Atau, dalam bahasa Candra Darusman, Musica Studio menginginkan penghilangan pasal 18 dan 30, untuk diganti menjadi Kesepakatan Industri. Turunannya hak kepemilikan master lagu, yang tadinya hanya selama 25 tahun akan kembali menjadi milik musisi, akan bertambah menjadi 70 tahun. Setelah itu, baru kembali ke penciptanya.

Dalam bahasa Cholil Mahmud, vokalis dan gitaris band Efek Rumah Kaca dan Pandai Besi, sengkarut persoalan royalti harus direspon musisi dengan mengubah cara berpikirnya. Meski pagi-pagi sekali, Cholil Mahmud yang sekarang bermukim di New York AS, mengatakan pendapatnya mewakili dirinya sendiri, bukan musisi secara umum.

“Musisi mesti mempunyai perubahan sikap, sehingga dikotomi musisi mainstream dan sidestream hilang, tidak ada lagi. Karena kita sekarang hidup di era borderless,” kata anggota Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) itu, sembari menambahkan, meski sepemahamannya, musisi sidestream biasanya yang memiliki sendiri master lagunya, dan memiliki sistem hubungan yang berbeda dengan pihak label, jika misalnya dibandingkan dengan musisi mainstream. Saat jaman terlalu berlari seperti sekarang, dengan segala digitalisasinya.

“Mau tidak mau musisi sidestream menjadi bagian dari industri, atau satu kolam dengan musisi mainstream. Karenanya, semua musisi harus mempunyai kesadaran hak-hak yang melekat pada dirinya. Dari hak cipta dan hak terkait yang muncul dari karyanya, termasuk hak mekanikal,” katanya.

Meski dia juga mengakui, banyak musisi yang tidak tahu, ihwal hak cipta dan hak terkait. Atau banyak diantaranya sangat tidak concern tentang persoalan ini.

“Makanya persoalan ini harus dibicarakan terus menerus, agar berdampak pada musisi itu sendiri,” katanya.

Karenanya Cholil Mahmud mengakui sangat membutuhkan bantuan media, untuk terus menyuarakan hal ini. Karena pada saat bersamaan tidak banyak media yang membicarakan, dan menulis persoalan ini dengan baik, karena persoalan royalti memang sangat rumit.

“Kalau media menulis dengan baik (persoalan royalti), akan sangat membantu sekali musisi,” katanya. Sehingga kerumitan seperti conflick of interest antara LMKN dan PT LAS, karena komisioner LMKN menjadi pemilik saham PT LAS, bisa dicegah via suara publik yang disuarakan media. Juga persoalan perseteruan royalti lainnya.

Senada, Candra Darusman mengatakan, meski masih mengaku prematur pendapatnya ihwal persoalan gugatan Musica ke MK, karena dia belum menyelesaikan membaca dan mendalami 58 halaman gugatan Musica Studio ke MK via Otto Hasibuan & Associates, tapi dasarnya ada upaya penghilangan pasal 18 tentang pencipta, dan pasal 30 tentang pelaku atau penyanyi.

“Menghilangkan pasal 18 dan 30 diganti kesepakatan industri. Maknanya, master lagu bisa dihidupkan lagi kalau ada kesepakatan industri antar para pihak. Kalau kesepakatan tidak tercapai, ya ngga jadi apa-apa,” katanya. Meski Candra Darusman juga akhirnya menemu simpulan, gugatan Musica ke MK juga bisa dimaknai sebagai upaya menggairahkan kembali industri musik, agar master master lama bisa dimanfaatkan lagi.

“Saat kali pertama membaca berita gugatan itu, darah saya mendidih. Setelah saya baca, ternyata ada unsur menggairahkan,” katanya sembari menekankan, persoalan gugatan ini jangan sampai membuat kita semua, juga publik, melupakan permasalah LMKN dan pihak terkait, menjadi terbengkalai.

Keprihatinan Mendalam

Candra Darusman bersama Federasi Serikat Musik Indonesia (Fesmi) memang sedang mensiasati persoalan gugatan ini dengan sangat hati-hati. Terutama mendalami dugaan upaya penghilangan pasal 18 dan 30, serta sedang menyusun dokumen, karena melibatkan concerned party.

Atau pihak terkait yang menjadi subjek dugaan atau laporan Pelanggaran berdasarkan Kebijakan tertentu.

Ihwal gugatan kepemilikan master 50 tahun menjadi 70 tahun, atau 25 tahun menjadi 70 tahun, juga disikapi dengan keprihatinan mendalam oleh Yovie Widianto. Karena di satu pihak, sebagai pencipta lagu hits, yang banyak bertebaran dalam khazanah musik Indonesia. Yovie Widianto dari lubuk hati terdalam juga menginginkan pembagian royalti yang adil dari para pihak, atau pencipta dan label.

“Sebagai komposer, kita berbisnis dengan baik-baik dengan semua label rekaman. Meski banyak temen saya yang mengatakan, harusnya saya ‘dapat’ lebih. Karena itu, (persoalan gugatan ini) mendapatkan perhatian saya, sebagai komposer, saya hanya mengatakan, yuk kembali ke hari nurani,” kata Yovie, meski di saat bersamaan dia menyadari dunia bisnis, pasti berpikir untung dan rugi. Makanya dia berharap agar lekas tercapai kesepakatan win win solution.

“25 tahun itu, sudah lama. Tapi ini kok 70 tahun hak master baru kembali. Katakanlah kita mulai terjun di industri ini umur 25 tahun, kalau 70 tahun, kan uda ngga ada (meninggal dunia),” katanya masgul.

Untungnya Yovie Widianto mengaku bukan sebagai pribadi yang mudah terprovokasi. Dan sangat meyakini bahwa rejeki tidak ada yang tertukar. Karenanya, ketika banyak kawan-kawannya — sekali lagi — mengatakan seharusnya dia mendapatkan lebih atas royalti lagunya, dia menyikapi dengan biasa saja.

“Tapi saya tetap berharap seperti teman-teman saya di Korea, Jepang dan lainnya, agar hak saya terpenuhi dengan semestinya,” katanya, sembari berharap ada klausul jika hendak menghidupkan kembali master di masa lalu, bagusnya ada pembicaraan ulang dengan penciptanya. Siapapun itu. Sembari menyorongkan azas transparansi, dan akuntabilitas.

“Saya tetap berharap tetap ada yang baik ke depan di industri musik. Dengan transparansi tetap bisa cuan, kok,” katanya.

Pendampingan Hukum

Diana Silfiani, selaku legal consultant sejumlah musisi di Indonesia mengakui, awareness musisi ihwal royalti memang sangat minim. Atau agak kurang mengoptimalisasi revenue. Turunannya, revenue-nya tidak maksimal. Seperti pemahaman tentang pola kerja LMKN untuk performing berdasarkan square (ukuran) tempat tampil, juga belum diketahui semua musisi.

Karenanya sebagai penasehat hukum, Silfiani mengaku miris atas gugatan Musica ke MK. “Miris. Musisi dan pencipta lagu akan dibawa ke mana? Diam saja, atau bagaimana? Makanya, saya sering heran mengetahui banyak musisi hendak melakukan perikatan apapun, tapi tidak didampingi legal consultant,” katanya.

Dalam semua perikatan, kata Silfiani, harusnya ada pendampingan hukum. “Karena membaca dan memahami perjanjian itu, teknis sekali,” katanya menambahkan.

Karenanya, Silfiani berterima kasih, sejumlah pewarta sudi turut membicarakan persoalan royalti ini. Harapannya, musisi lekas berhimpun dan bergerak, untuk menyelematkan periuk nasinya sendiri, sebelum terlalu lama terlelap tidur, dan terlambat semuanya.

Fenomena sangat lambannya musisi merespon persoalan royalti, juga dirasakan sejumlah pewarta musik. Selain Denny MR, yang sudah lelah mengingatkan musisi untuk bergerak, merumuskan pemikiran, dan memperjuangkan hak-haknya, Irish Blackmore juga mengatakan hal serupa.

“Kalau kita pakai teori terbalik, dalam persoalan ini. Kenapa wartawan yang malah bergerak untuk menghadirkan pertemuan ini, (juga sejumlah pertemuan lainnya yang digagas Lesehan Musik / Lesmus). Musisinya? malah adem ayem,” kata Irish yang juga Ketua PWI Jaya Seksi Musik dan Film, protes.

“Kita belum menemukan gregetnya teman-teman musisi. Yang peduli, cuma nama itu-itu saja. Pertemuan ini terjadi kan, hanya bagian dari tanggung jawab moral kami. Inilah yang kami sayangkan. Harusnya, kawan-kawan musisi bergerak memperjuangkan nasibnya sendiri,” kata Irish menyayangkan.

Lebih lanjut, Irish Blackmore mengatakan, sejatinya pewarta hanya ingin mempersiapkan dan memberikan panggung kepada para musisi. Sebelum akhirnya terus mendukungnya dari segala sisi.

“Tapi apa yang terjadi, yang mau diberikan panggung, enggak nongol-nongol, bahkan seolah-olah masalah ini dibiarkan seperti benang kusut,” katanya.

Kalau musisi terus berdiam diri, menanggapi persoalan itu, maka Irish Blackmore meyakini, goal persoalan ini tidak akan pernah terwujud, yakni memartabatkan musisi pada tempat semestinya.

Peran wartawan hanya sebatas sebagai pendorong diamini sepenuhnya oleh Denny MR. “Mungkin awareness musisi sangat kecil, makanya kita cari solusi agar kawan-kawan (lekas) keluar kandang,” kata Denny MR yang dibenarkan Cholil Mahmud.

Sebagai salah satu pilar demokrasi, kata Cholil Mahmud, peran wartawan memang cenderung tidak terlihat. “Semoga kawan-kawan wartawan tidak lelah mencermati persoalan royalti ini. Sampai ketemu alasan kenapa musisinya tidak mau bergerak. Dan musisi mempunyai keberanian menempuh jalur hukum,” katanya.

Berperkara di pengadilan, di negara hukum seperti Indonesia, menurut Cholil Mahmud adalah keniscayaan, jadi tidak ada yang istimewa. Makanya, tidak ada cara yang lain, selain musisi harus berani.

Meski Candra Darusman tetap mewanti-wanti, bergerak tetap harus. Tapi harus lewat perhitungan terperi. “Saya rasa kita harus bergerak dengan sistematis dan terukur. Dengan mempersiapkan argumen dan pendalaman. Tidak bisa asal bunyi,” kata Candra Darusman.

Chandra Darusman juga sangat tahu, klausul yang digunakan Musica via ke MK adalah, ada 60 negara di dunia yang memberikan hak fiksasi kepada produser selama 70 tahun. Tapi itu bukan berarti menjadi pembenar hal yang sama bisa diterapkan di Indonesia.

Pada akhirnya, dalam zoom meeting yang difasilitasi Kang Iyu dan Arey Arifin itu, seharusnya jika ada persoalan abuse (suatu tindakan dimana ketika seseorang, dengan sengaja menyalahgunakan, memanfaatkan, memperlakukan orang lain secara tidak pantas dan tidak wajar tanpa memikirkan perasaan dan diri orang tersebut), sebagaimana dikatakan Diana Silfiani, bisa dihadapi di muka hukum.

“Bagaimana membangun iklim kesadaran (hukum) kepada kawan-kawan musisi? Tergantung individu masing-masing. Kalau relevan dengan dirinya sendiri, (biasanya) dia akan bergerak membuat gerakan yang relevan juga,” kata Silfiani. (Tumpak S)

Continue Reading

Event

Ayo Ramaikan World Expo Osaka 2025!

Published

on

By

Kobukuro

Kabarhiburan.com – Kota Osaka bersiap jadi tuan rumah World Expo Osaka 2025, yang akan digelar pada 13 April sampai 13 Oktober 2025.

Perhelatan bertemakan Designing Future Society for Our Lives, ini gaungnya sudah dimulai sejak jauh-jauh hari. Salah satunya, pada acara bertajuk Nakanoshima Winter Party – Road to EXPO 2025, yang berlangsung di Kota Osaka, Minggu (28/11).

Pada acara tersebut, Kenji Wakamiya, selaku Menteri yang bertanggung jawab atas pameran internasional,  mengatakan dalam pidatonya, “Apa yang akan terjadi di masa depan selama 50 tahun tergantung pada World Expo Osaka 2025″.

Nakanoshima Winter Party – Road to EXPO 2025 dihadiri 4.500 orang dengan membawa bukti vaksinasi. Hirofumi Yoshimura selaku Gubernur Prefektur Osaka dan Ichiro Matsui selaku Walikota Osaka membuat deklarasi pembukaan dan menyerukan kegembiraan kota Osaka menuju World Expo Osaka 2025.

Acara ini dimeriahkan oleh komedian popular Jepang yakni Milk Boy, SO.ON Project (Idol group), Charlotte (influencer comedian) yang memiliki 1.35 juta followers luar negeri di social medianya. Ada juga OSK Nippon Revue Company yang tahun depan akan merayakan 100 tahunnya.

Charlotte

Setelah pertunjukan, Hiroyuki Ishige, selaku Sekretaris Jenderal Asosiasi Pameran Internasional Jepang, mengatakan bahwa sekarang adalah puncak dari persiapan World Expo Osaka 2025.

“Ini adalah waktu yang paling sulit bagi kami. Saat ini kami sedang mengumpulkan uang dan SDM. Walaupun World Expo Osaka 2025 penyelenggaraannya memakan waktu, kami sangat berusaha untuk melakukan yang terbaik,” jelas Hiroyuki Ishige.

Sementara itu, Menteri Wakamiya mengatakan, pihaknya berencana untuk melibatkan 150 negara, tetapi karena pengaruh bencana Corona, saat ini baru 60 negara yang mendaftar.

“Kami harus mengumpulkan 90 negara lagi. Jadi, kami harap yang hadir di sini dapat membantu untuk mempromosikan World Expo Osaka 2025 di social media kalian,” pintanya.

Mengenai pavillion yang mengusung tema “Reborn”, Walikota Osaka, Matsui mengatakan, ingin membuat pavilion yang bisa membuat semua menikmati hidup lebih muda 10 tahun dan menikmati pengalaman perawatan medis preventif.

“Serta kami ingin membuat paviliun yang dapat merepresentasikan kesehatan dari Osaka dan Dunia” ucapnya.

Nakanoshima Winter Party – Road to EXPO 2025 diakhiri dengan acara live performance yang sangat meriah dari artis Kobukuro yang merupakan Duta World Expo Osaka 2025. (TS)

Continue Reading

Event

Doni Salmanan Kolaborasi Boedy JVS Luncurkan Vapor D’MOON

Published

on

By

Doni Salamanan dan Budiyanto meluncurkan D’MOON.

Kabarhiburan.com – Sosok Doni Salmanan asal Bandung, seorang YouTuber sekaligus trader muda di Indonesia. Beberapa kali namanya menjadi buah bibir di jagad maya, terutama lewat aksi donasi Rp 1 M kepada Reza Arap baru-baru ini.

Saat ini reputasi Doni tak hanya akrab dengan kesan dermawan, namun netizens juga memandangnya sebagai sosok yang visioner dalam bisnis. Doni Salmanan baru saja memperluas ranah bisnisnya.

Doni berkolaborasi dengan Budiyanto (Boedy JVS), pendiri sekaligus Chief Executive Officer dari Jakarta Vapor Shop (JVS) Group. Keduanya menghadirkan D`MOON, brand vapor (e-liquid).

Ketertarikan Doni Salmanan pada bisnis ini, terlebih D’MOON merupakan brand vapor yang mengusung energy optimistic, kesan misterius dan dream big spirits. D’MOON juga menjadi taste-works kedua yang dinaungi JVS Brew, anak usaha yang baru diresmikan JVS Group.

Doni Salmanan mengaku bahwa keputusannya bermitra dengan dengan Boedy JVS sebagai langkah terbesarnya di tahun 2021. Boedy JVS adalah simbol bisnis vapor terbesar di Indonesia.

“Rencana mewujudkan D`MOON sudah diinisasi sejak September 2021, akhirnya terwujud pada Jumat, 26 November 2021,” ujar Doni Salmanan, dalam keterangannya, Kamis (2/12).

Doni Salmanan dan Boedy JVS memperkenalkan D`MOON melalui sesi seremonial bertajuk “D`MOON Fest: Ready to D`Moon”, di hadapan ratusan pengunjung yang menghadiri venue Nara Park (kawasan Rancabentang, Ciumbuleuit, Bandung).

Nara Park disulap menjadi festival venue yang sarat hadiah menarik. Ratusan pengunjung yang terdiri dari perwakilan distributor, influencers, vapestores, komunitas vape dan masyarakat umum, dimanjakan oleh aneka carnival games, beanbag seats, penampilan musik dan sesi bagi-bagi hadiah.

Sesi peluncuran D`MOON divisualisasi lewat tayangan vidio animasi seorang astronot yang mendarat di bulan. Vidio animasi tiga dimensi ini diproduksi khusus oleh ICONIC Entertainment, produsen multimedia yang juga dinaungi JVS Group.

Perhelatan “D`MOON Fest: Ready to D`Moon” memang ditujukan untuk membawa kesan ‘humble party’ ala Doni Salmanan dan Boedy JVS, ke dalam kemasan offline festival (live-event).

Dari acara ini, pengunjung bisa membawa pulang banyak hadiah, mulai dari sampel liquid, official hampers boxset, gift-bags, sampai give away berupa uang tunai dan dua unit sepeda motor. (Tumpak S. Foto-foto: JVS Group)

Continue Reading
Advertisement

Trending