Connect with us

Event

Ketua Umum PB IDI: Seharusnya IDI Lebih dilibatkan Dalam Penjagaan Mutu Pelayanan

Published

on

Presiden RI Joko Widodo bersama Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Prof dr. Ilham Oetama Marsis, SpOG(K) usai meresmikan Muktamar IDI ke-30 yang berlangsung di Samarinda. (Foto: Dok. PB IDI)

Kabarhiburan.com, Samarinda – Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Prof dr. Ilham Oetama Marsis, SpOG(K) menyayangkan persoalan defisit dana JKN, seharusnya jangan terjadi karena sangat berdampak kepada kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Demikian disampaikan Prof. dr. Ilham Oetama Marsis, SpOG(K) dalam Muktamar IDI ke-30, yang berlangsung di Samarinda.

Ilham Oetama juga memberitahukan bahwa dampak dari terbatasnya dana JKN juga dirasakan pada ditunaikannya hak-hak dokter atas jasa medis.

“Belum diterimanya hak-hak tersebut selama beberapa waktu dan angkanya pun masih di bawah standar kepatutan bagi profesi yang mengemban tanggung jawab atas nyawa dan keselamatan pasien, tentunya secara manusiawi akan mempengaruhi sikap individual dokter, ujarnya dalam rilis yang diterima Kabarhiburan.com, Sabtu (27/10).

Namun fakta di lapangan, para dokter masih bisa bersabar berbulan-bulan dengan kondisi di mana hak-haknya belum ditunaikan.

Dugaan akan beban biaya yang disebabkan oleh tindakan medis yang tidak perlu, harusnya dapat diselesaikan dengan mekanisme Audit Medis yang menjadi domain IDI bersama perhimpunan profesi.

“Atas dasar ini, IDI seharusnya dilibatkan lebih dalam (involved) dalam penjagaan mutu pelayanan, bukan hanya dilibatkan sebagai pelengkap instrumen program JKN,” kata prof. dr. Ilham Oetama Marsis, SpOG(K).

Ia menambahkan bahwa perbaikan sistem jaminan Kesehatan harus dibarengi dengan perbaikan sistem Kesehatan nasional. Perbaikan sistem Kesehatan nasional tidak lepas dari perbaikan SDM Kesehatan dan fasilitas Kesehatan, yang harus diikuti pula oleh perbaikan pembiayaan kesehatan.

“Pembiayaan kuratif yang dibebankan dalam pembiayaan JKN harus ditopang dengan pembiayaan preventif dan promotif kesehatan. Amanah UU No.36 tahun 2009 mengenai  minimal 5% dana Kesehatan dari APBN dan 10% dari APBD harus ditunaikan,” anjur Ilham Oetama Marsis.

Muktamar IDI merupakan musyawarah nasional dokter Indonesia yang digelar tiap tiga tahun yang salah satunya untuk menentukan kebijakan strategis nasional. Kali ini mengambil tema: ‘Transformasi Sistem Pelayanan kesehatan dan Sistem Pendidikan Kedokteran yang Komprehensif dan Multisektoral menuju Indonesia Sehat’.

Salah satu fokus utama yang dibahas adalah permasalahan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) yang telah memasuki tahun ke-5. Program kesehatan untuk masyarakat ini disambut baik oleh IDI dan bersepakat harus berjalan baik.

Acara Muktamar IDI Ke-30 ini juga dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Dalam acara tersebut, Jokowi juga didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, dan seluruh Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia.

Rangkaian kegiatan Muktamar IDI ke-30 dimulai sejak tanggal 23 Oktober 2018 dengan penyelenggaraan berbagai kegiatan sidang ilmiah. Muktamar dihadiri oleh 1.576 peserta yang terdiri dari 885 utusan IDI Cabang, 256 peninjau IDI Cabang, 180 peninjau IDI Wilayah, 126 peninjau perhimpunan, 48 peninjau kolegium, dan 81 peninjau dari pengurus PB IDI. (Tumpak Sidabutar/KH)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Event

Easy Goers Terus Berbagi Kebahagiaan Untuk Anak-Anak Yatim

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Jelang Idul Fitri 1442 H di tengah pandemi, komunitas Easy Goers kembali berbagi kebaikan untuk sesama.

Komunitas yang terbentuk dari teman nongkrong di Jakarta itu membagikan 54 kotak sembako untuk anak yatim dari Yayasan Al Abqo Amanah dan Yayasan Ar Ridho. Semuanya dari kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (6/5).

Dalam acara yang berlangsung khidmat, selain berbuka puasa bersama. Anak-anak juga diajak untuk bermain bersama, yakni menjawab kuis seputar pengetahuan agama. Setiap anak tampak antusias dan berlomba memberi jawaban yang berhadiah menarik tersebut.

Penggagasnya, Permata Belladonna Warokka menjelaskan bahwa kegiatan serupa merupakan agenda tahunan.

“Kebetulan sekarang berkolaborasi dengan Komunitas Easy Goers. Alhamdulillah, kegiatan yang positif ini berjalan dengan lancar,” ujar Permata tentang kegiatan Easy Goers yang ketigabelas sepanjang Ramadan 2021.

Permata, begitu sapaannya, menandaskan bahwa komunitas Easy Goers bukan sekadar grup nongkrong, melain selalu ingin berbuat aksi positif untuk membantu sesama.

“Dari pada hanya sekadar bicara, kami berbuat nyata yang memberikan manfaat untuk anak-anak (yatim piatu, Red.). Doa-doa mereka akan memperlancar rejeki dan kesehatan kita semua,” katanya.

“Sebenarnya sih, enggak cuma momen Ramadan saja kegiatan bakti sosialnya. Ada banyak kegiatan lain, yang juga kita lakukan, seperti operasi bibir sumbing, membagikan sembako hingga makanan berbuka puasa. (Tumpak S)

Continue Reading

Event

Sambut Idul Fitri 1442 H, Indosiar Hadirkan 3 Konser Semarak Bertema dari 4 Kota

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Tidak Mudik sesuai anjuran pemerintah dan merayakan Lebaran bersama keluarga di rumah saja, tetap akan menyenangkan dengan rangkaian program yang disiapkan oleh Indosiar, setiap hari sejak Senin, 10 Mei 2021.

Harsiwi Achmad selaku Direktuir Programming SCM membenarkan bahwa Indosiar telah menyiapkan sederet FTV unggulan, hingga variety show dan konser-konser bersuasana Lebaran dan kemeriahan hari-hari libur Lebaran pemirsa Indonesia.

“3 konser Semarak Lebaran yang mengangkat tema dari 4 kota di Indonesia, diharapkan dapat mengobati kerinduan pemirsa akan kampung halaman,” jelas Harsiwi.

Mulai dari FTV Unggulan, yang selalu memberikan kisah-kisah inspiratif dan sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari.

Diawali dengan Ratapan Buah Hati Spesial Lebaran, mulai Senin, 10 Mei 2021 pada pukul 7.30 WIB.

Kisah Nyata Spesial Lebaran, mulai Kamis pada pukul 11.30 WIB, berlanjut pada Suara Hati Istri Spesial Lebaran, pada pukul 15.30 WIB.

Sementara rangkaian konser akan diawali dari panggung Semarak Malam Takbiran di Indosiar, pada Rabu, 12 Mei 2021, pukul 20.30 WIB. Menghadirkan deretan penyanyi kenamaan seperti  Inul Daratista, Dewi Perssik, Nassar, Fitri Carlina, Cita Citata, Abdel dan Jarwo Kwat.

Mereka akan sepanggung dengan para bintang jebolan ajang menyanyi Indosiar, seperti  Lesti DA, Fildan DA, Weni DA, Kelompok JD Eleven, Waode POPA, Shandy POPA, Trio Ngapak, dan Pantura Babes.

Keesokan harinya, Kamis, 13 Mei 2021 pukul 20.30 WIB. Indosiar menyajikan Konser Euphoria Lebaran, yang menjadikan Lebaran hari pertama makin seru dirayakan bersama keluarga.

Konser tersebut menghadirkan kolaborasi kejutan, antara Rhoma Irama & Soneta Group bersama band Ungu, Via Vallen, Lesti DA, Grup Byoode, Grup D’Divo, Grup Hi-Squad, Selfi LIDA dan Agnes POPA.

Dua konser pertama tersebut akan dipandu oleh Irfan Hakim, Ramzi, Gilang Dirga, Rara LIDA dan Jirayut DAA.

Menariknya, kemeriahan Lebaran berlanjut ke Surabaya: Konser Semarak Lebaran Surabaya “Neng Omah Ae Rek”, pada Jumat, 14 Mei 2021, pukul 20.30 WIB.

Berlanjut ke Bandung:  Semarak Lebaran Bandung “Tong Mulih Heula”, pada Sabtu, 15 Mei 2021, pukul 20.30 WIB.

Kemudian ke Yogyakarta dan Solo: Semarak Lebaran Yogya & Solo “Ora Mudik Ora Popo”, pada Minggu, 16 Mei 2021, pukul 20.30 WIB.

Konser di kota-kota tersebut akan dimeriahkan oleh Elvy Sukaesih, Rita Sugiarto, Soimah, Dewi Perssik, Nassar, Ikke Nurjanah, Fitri Carlina, Kristina, Uut Permatasari, Cici Paramida, Cita Citata, Five Minutes, Jenita Janet, Popsicle & Rieka Roeslan, Jigo Band, Siti Rahmawati, Sodiq, Tasya Rosmala,

Hadir pula, Fildan DA, Weni DA, Reza DA, Ical DA, Selfi LIDA, Byoode, JD Eleven, Waode POPA dan Agnes POPA.

Aksi menghibur lewat variety show: “Tukul Arwana One Man Show Lebaran”, dipastikan membuat segar suasana malam, mulai Rabu, 12 Mei 2021 pukul 00.30 WIB.

Tukul menghadirkan para bintang tamu, seperti Irfan Hakim, Ega Prayudi, Novita Eka, Wahyu Jovan Utama, Soraya Larasati, Marcella Simon, Indra Bekti, Aldilla Jelita dan Asri Welas.

Mereka akan membahas berbagai tema menarik, seperti “Ramadan Keluarga Selebriti”, “Wajah Teduh Paras Cantik”, serta “Perjuangan dan Doa”.

Tidak ketinggalan, dua judul “Mega Bollywood” yakni “Dilwale” pada Sabtu, 15 Mei 2021 pukul 00.30 WIB dan “My Name Is Khan”, pada Minggu, 16 Mei 2021 pukul 00.30 WIB. (Tumpak S)

Continue Reading

Event

Inovasi Tiada Henti, NOICE Kembali Hadirkan Sejumlah Konten Baru

Published

on

By

Podcast yang ada di NOICE

Kabarhiburan.com – Aplikasi audio streaming NOICE baru saja meluncurkan tampilan barunya, kini diperkaya dengan  fitur-fitur yang akan memberikan pengalaman streaming yang lebih nyaman dan menyenangkan.

Menyambut bulan suci Ramadan, NOICE juga menghadirkan beberapa konten terbaru untuk menemani pendengar di waktu luang.

Tampilan baru aplikasi Noice akan memudahkan pengguna menjelajahi dan memutar konten yang tersedia, yakni mencangkup fitur-fitur yang selama ini banyak diminta oleh pengguna Noice yaitu: Lanjut Dengarkan, Download, Sleep timer dan Share to Instagram Story.

Lanjut Dengarkan merupakan fitur resume playing untuk langsung mendengarkan konten pada menit terakhir yang didengarkan, jadi pengguna tidak perlu repot untuk mencari menit terakhir jika belum selesai mendengarkan konten.

Download adalah fitur dimana pengguna dapat mengunduh konten ke perangkat mereka, sehingga pengguna dapat mengakses konten tanpa akses internet. Sleep Timer adalah fitur untuk mengatur waktu kapan aplikasi harus berhenti berputar secara otomatis.

Sementara itu, melalui Share to Instagram Story, pengguna dapat langsung membagikan apa yang sedang mereka dengarkan ke akun Instagram mereka tanpa harus mengambil screenshot. Asyik, bukan?

Fitur-fitur terbaru tersebut kini telah tersedia di aplikasi Android, disusul bagi pengguna iOS pada bulan mendatang.

Jelang Ramadan kemarin, NOICE juga mengajak Ustaz Husein Ja’far Al Hadar untuk membuat podcast bertajuk Berbeda tapi Bersama. Podcast ini membahas perbedaan dari dua sudut pandang berbeda, dimana perbedaan tersebut tidak diperdebatkan tetapi dirangkul dan saling dihargai.

NOICE juga memastikan bakal menghadirkan podcast Ramadhan di Ruang Tamu. Tema itu dibawakan oleh komika Randhika Djamil yang akan berkeliling ke rumah rumah untuk mengetahui kebiasaan orang-orang selama bulan Ramadhan.

Pendengar NOICE juga akan bisa mendengarkan seri-seri podcast baru lainnya bersama penyiar sekaligus pelawak Onad & Danang (‘Onad Danang Meet Everybody’), pembawa acara Hesti Purwadinata (‘VS Netizen’), dan lain-lain.

“Berbeda tapi bersama menghadirkan perspektif berbeda mengenai suatu isu atau suatu masalah. Saya akan membawa perspektif keagamaan atau keislaman, sementara bintang tamu yang kami undang memiliki perspektif berbeda bahkan bertolak belakang dengan saya,” jelas Ustaz Husein, di Jakarta, Senin (3/5).

Ia menyebutkan, akan mengajak bintang tamu untuk berdialog dalam iklim keterbukaan dan kejujuran serta to the point tentang berbagai isu.

Melalui konten-konten terbaru ini, NOICE berharap dapat terus menghadirkan konten-konten yang menghibur, informatif, dan mudah diakses bagi masyarakat Indonesia.

Seperti diketahui, sejak diluncurkan pada 6 bulan silam, NOICE telah mengalami perkembangan pesat dalam segi konten dan pengguna aplikasi.

Hingga Maret 2021, NOICE memiliki lebih dari 560.000 pengguna, dimana pendengar hariannya bisa menghabiskan lebih dari satu jam untuk mendengarkan konten di NOICE.

Di sisi konten, NOICE juga sudah memiliki lebih dari 1.000 jam konten audio yang bisa diakses kapan saja dan lebih dari 10.000 jumlah audio konten dalam bentuk episode podcast, radio, dan musik.

Berikut beberapa testimoni dari pengguna Noice:
“Akhirnya nemu aplikasi berisi podcast yang seru-seru buat didengerin sambil kerja. Tingkatkan kualitasnya terus yah!” cuit akun Ndjahsb, review aplikasi NOICE pada App Store iOS.

“Kontennya bagus-bagus semua. No debat lah.” cuit akun @Prayogaanggiawan.

“Noice adalah sebuah terobosan menarik untuk hiburan yang dikemas dalam bentuk podcast. Di dalamnya banyak podcast-podcast menarik dengan segala pembahasan unik dan lucu. Aplikasi yang asik untuk temen nyetir di jalan.” cuit akun Doditadit.

Sejauh ini NOICE sudah meluncurkan podcast, musik, dan radio. Selanjutnya,  NOICE akan meluncurkan format konten baru, berupa audiobook di kuartal kedua tahun ini.

Format baru ini berisi rangkuman buku dalam bentuk audio yang cocok untuk para pendengar, yang tidak sempat membaca tapi ingin mendapatkan esensi dari buku-buku terpopuler di Indonesia.

NOICE juga akan meluncurkan beberapa fitur sosial yang akan lebih memudahkan interaksi antara sesama pendengar dan juga pendengar dan kreator di NOICE.

Setelah fitur dan konten baru, Tahun 2021 NOICE akan meluncurkan kemitraan dengan Telkomsel. Tujuannya, untuk terus memanjakan pendengar dan mengembangkan produk.

Adrian Syarkawie, Presiden Direktur PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) sekaligus CEO Noice, menjelaskan bahwa bentuk kemitraan dengan Telkomsel sedang digodok.

“Kami berharap dengan kemitraan ini, pendengar NOICE akan bisa mengakses lebih banyak lagi konten di NOICE,” jelas Adrian Syarkawie.

Adrian Syarkawie menekankan bahwa inovasi terus-menerus adalah kunci untuk memenangkan persaingan industri.

“Kami berkomitmen untuk terus memperbaiki layanan Noice serta memperluas konten kami sehingga dapat menjangkau lebih banyak lapisan masyarakat dan menjadi bagian integral dari gaya hidup mereka,” katanya.

“Dengan inovasi ini, kami harap NOICE bisa menjadi pilihan audio platform lokal nomor satu di Indonesia,” pungkas Adrian Syarkawie. (Tumpak S)

Continue Reading
Advertisement

Trending