Connect with us

Musik

Mengenang Sepanjang Jalan Karya Oddie Agam Di Blantika Musik Indonesia

Published

on

Harimau mati meninggalkan belang, gajah mati meninggalkan gading. Manusia meninggal, jasa dan prilakunya akan diingat dan dikenang. Setidaknya, begitulah ungkapan pribahasa.

Demikian juga, kepergian seorang musikus dan penyanyi, Oddie Agam —
wafat pada Rabu (27/20-2021) meninggalkan kenangan indah tersendiri bagi para penikmat musik, lagu pada zamannya. Setidaknya, lagu lagu “genre Oddie” masih dapat dinikmati hingga akhir hayat.

Perjuangan seorang Oddie Agam masuk di pasar musik Indonesia pada dekade tahun 1983 -1984 bukanlah perkara mudah. Jatuh bangun, getir manis almarhum rasakan perjalanan karirnya.

Akhirnya, perjuangan panjang berbuah manis, saat album ke empat, bertajuk namanya sendiri, Oddie Agam, diterima oleh penikmat musik Indonesia.

Album tersebut dirilis pada1990. Didalam album ini, Oddie meminta empat penyanyi wanita yang saat itu sedang naik daun, yakni Vina Panduwinata, Anggun, Malyda dan Asti Asmodiwat untuk mengusung karya karyanya.

Bersama Vina, Oddie menyanyikan lagu Tamu Istimewa. Sedangkan dengan Malyda, Oddie tampil dengan lagu Bebaskan Asmara. Lalu bersama Asti Asmodiwati, Oddie menyanyikan Menunggu.

Jauh sebelum karirnya meledak, Oddie Agam mencetak album perdana, berjudul Aku, Kau dan Dia pada tahun 1983. Sebagai musisi ia sempat bergabung dengan band reggae. Dan ia menyelipkan alunan musik reggae dalam lagu Aku, Kau dan Dia yang menjadi debut album perdananya.

Album ini terdiri dari sebelas lagu antara lain Hanya Kau Satu; Aku, Kau & Dia; Bila Kita Berjumpa; Malu Malu Kucing; dan Bayangmu.

Tajuk album keduanya, Bellina, di rilis pada tahun 1984. Judul album tersebut diambil dari nama aktris cantik yang saat itu tengah naik daun, Meriam Bellina — lewat film Cinta Dibalik Noda dan peraih Piala Citra 1984. Sayangnya, album dari Oddie tak sempat meroket, meski “mendompleng’ ketenaran nama Meriam Bellina saat itu — meski foto aktris tersebut pun menghiasi di cover kasetnya.

Dua tahun setelah merilis album kedua, tepatnya di tahun 1986, Oddie Agam kembali merilis album ketiga berjudul Gadis Sentimentil.
Album ini mengusung semangat ‘back to sixties’ dengan sentuhan modern. Hal ini dikarenakan lagu-lagu dalam album ini kental dengan warna musik era tahun 60-an seperti yang diusung Neil Sedaka dan Paul Anka atau The Platters.

Sayangnya, album yang terisi sepuluh lagu dalam satu kaset tersebut, lagi lagi
tak mengkatrol namanya di blantika musik pop Indonesia. Padahal, album tersebut apik di kemasnya. Sebut saja, diantaranya judul lagu Gadis Sentimentil ( Sha La La ).Siapa Lagi, Sebuah Kunci, Jelita dan Jatuh Cinta Sekali Lagi

Di era tahun 1990 an, nama Oddie Agam mulai surut. Kita tahu masa Oddie, “varian” dari lagu lagu sejenis Lomba Cipta Lagu Prambors. Nah, di tahun 1990 an ini, lagu lagu cengeng tengah merajai telinga penikmat musik di tanah air. Diantaranya, seperti lagu lagu dari Betaria Sonata, Ratih Purwasih dan lainnya. Saat itu, Oddie mencoba menghadirkan kembali karya-karya terbaiknya lewat album THE BEST OF 84-94.

Lagu-lagu orisinal di album ini juga menampilkan satu lagu baru, tajuk Pintar Pintaran dan juga hits-hits besar yang dibawakan oleh penyanyi lain.

Beberapa lagu tersebut seperti Tamu Istimewa, aslinya Oddie duet dengan Vina Panduwinata. Akan tetapi di album ini dinyanyikan ia bersama Paramitha Rusady, dan lagu Memori melejit lewat Ruth Sahanaya.

Di puncak karirnya, Oddie Agam pernah beberapa kali merekam album solo —- sekarang disebutnya, single. Ya single Antara Anyer dan Jakarta di Atlantic Record di produserin oleh Erwin Gutawa, penyanyi Atiek CB. Entah kenapa, lagu tersebut kurang dapat respon di masyarakat.

Selang beberapa lama, lewat penyanyi asal Malaysia Sheila Madjid lagu tersebut direkam ulang lewat suara khas Sheila — alhasil di pasaran meledak Melambungkan nama penyanyi sehingga Sheila pun didaulat menjadi diva oleh penikmat musik pop di tanah air.
Lagu tersebut, merupakan karya monumental seorang Oddie Agam. Pasalnya, oleh almarhum, karya ini dianggap masterpiece — lantaran popularitas lagu tersebut berlangsung cukup lama dan lintas negara.

Tercatat, ada banyak karya dari Oddie Agam yang dipasaran cukup berpengaruh untuk penikmat musik pop di tanah air. Diantaranya, lagu Surat Cinta diusung oleh Vina Panduwinata, Bahasa Cinta, Vina Duet dengan Broery Marantika. Dan, di lagu Begitulah Cinta, Vina Duet bersama Harvey malaiholo.

Sederet lagu lainnya yang dibawakan artis top tanah air saat itu, lagu Anak Sekolah dibawakan oleh Chrisye, Aku Cinta Padamu oleh Itang Yunaz. Arti Kehidupan diusung oleh Mus Mujiono. Puncak Asmara, yang dibawakan oleh macan festival, Utha Likumahuwa. Dan masih banyak lagi sederet lagu lagu Oddie Agam yang dikenal dan dinikmatin oleh penikmat musik di tanah air.

Tahun 2015 produser Seno H Hardjo mempersatukan Oddie Agam dan James F Sundah dalam satu album bertajuk The Great Composer. ” Ini apresiasi saya kepada kedua orang Composer yang lagu lagunya masih di putar di radio radio, tetapi penciptanya tidak dikenal, ” ujar Seno selaku produser saat itu, di restoran, kawasan Kemang.

Seperti diketahui, Oddie terserang stroke pada tahun 2017. Akan tetapi, berselang tiga tahun kemudian Oddie dapat kembali ke dunia musik. Semangat Oddie Agam begitu luar biasa. Di tahun 2020 lalu, Oddie Agam terlibat konser bertajuk Karya Emas Tiga Komposer di Balai Sarbini. Melibatkan artis, Chintami Atmanegara, Adjie Soetama, Deddy Dhukun, Agus Wisman, Ratu Ira, Alma dan Rita Effendy ditayangkan secara streaming.

Keikutsertaan Oddie Agam dalam konser tersebut, tak lain bentuk kepeduliannya untuk galang dana dari pekerja seni yang peduli Covid 19, ” Saya harus banyak cukup istirahat, agar bisa menyampaikan semua dari apa
yang saya akan sampaikan” begitu tutur Oddie Agam pelan di saat diwawancarai wartawan.

Siapa yang tahu, kalau ternyata, konser tersebut itu, pertunjukan seorang Oddie Agam terakhir kalinya menyapa para penikmat lagu lagunya. Selamat jalan kawan.( Zar/KH)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Musik

Duet Perdana Shakira Jasmine dan Nuca Dalam Lagu ‘Meant 2 Be’

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Dua penyanyi muda, Nuca dan Shakira Jasmine baru saja merilis lagu kolaborasi mereka berdua yang diberi judul ‘Meant 2 Be’.

Lagu berbahasa Inggris yang bercerita tentang dua insan yang pernah memiliki kisah masa lalu, kemudian bertemu dan memiliki kesamaan, hingga mereka ditakdirkan bersama untuk melalui masalah dan berjanji untuk saling melengkapi.

“Kita buat lagu ini agar tiap orang merasa dia enggak sendirian. Makanya lagu ini bisa jadi penyemangat dan saling menguatkan satu sama lain,” ujar Shakira Jasmine saat ditemui di Jakarta, Senin (29/11).

Pada kesempatan yang sama, Nuca menyebutkan bahwa kisah dalam lagu ‘Meant 2 Be’ sangat berkaitan dengan mereka berdua.

Shakira Jasmine menceritakan perkenalannya dengan Nuca di ajang kompetisi menyanyi, The Voice Kids Indonesia (2016). Empat tahun kemudian, mereka bertemu ketiks membuat cover lagu. Rupanya mereka memiliki selera genre musik yang sama.

“Dalam perjalanannya, lagu ‘Meant 2 Be’ ini enggak sengaja terbentuk,” kata Shakira Jasmine, yang saat itu juga membuat notasi dan lirik lagu. Sementara Nuca langsung membuat instrumennya. Dalam waktu 40 menit, lagu ‘Meant 2 Be’ sudah tercipta.

Sebelum bernyanyi bersama, Shakira Jasmine dan Nuca terlebih dulu membuat demonya dari tempat masing-masing. Mereka saling berkirim materi untuk melengkapi lagu tersebut.

“Setelah demonya jadi, aku infokan ke Musica Studio’s,” ujar Shakira.

Nuca menambahkan, setelah demo lagu selesai, berlanjut ke tahap berikutnya di dapur rekaman dan membuat video klip.

“Sempat ada beberapa revisi di bagian lirik lagu dan dua kali rekaman karena ada perubahan di beberapa bagian,” katanya.

Konsep video klip ‘Meant 2 Be’ menampilkan seorang musikus muda bernama Kira yang ingin mengganti senar gitar ke toko musik. Di sana, dia tak sengaja bertemu Nuca, mantan rekan bermusiknya yang sudah lama tak bersua.

Mereka bertengkar ketika awal bertemu kembali. Cekcok disebabkan sesuatu hal di masa lalu yang belum selesai di antara mereka. Namun demikian, Kira dan Nuca punya mimpi yang sama: ingin menjadi musikus.

Lagu ‘Meant 2 Be’ dari Shakira Jasmine dan Nuca sudah bisa dinikmati di seluruh platform musik digital, yaitu Apple Music, Spotify, Joox, Langit Musik, Youtube Music, Noice, dan Resso.

Video musiknya dapat disaksikan di Youtube Musica Studio’s. (Tumpak S)

Continue Reading

Musik

Nia LIDA Ajak dr. Iqhbal LIDA Pacaran Selama Syuting Video Klip ‘Lebih Dari Hidupku’

Published

on

By

dr. Iqhbal LIDA dan Nia LIDA (Foto: Dok. Liputan6)

Kabarhiburan.com – Rahmadonal Muhammad Iqhbal alias dr Iqhbal LIDA semakin menegaskan eksistensinya di industri musik Tanah Air. Usai meraih gelar Juara Pertama LIDA 2021, disusul meluncurkan single perdana berjudul Lebih Dari Hidupku.

Pencapaian ini sangat membanggakan dr. Iqhbal LIDA, karena ingin dikenal sebagai penyanyi dangdut selain sebagai dokter umum.

“Alhamdulillah. Iqhbal ingin dikenang masyarakat bukan hanya sebagai dokter, tapi juga dari karya saya di panggung dangdut,” jelasnya pada program Semangat Senin (29/11).

Single Lebih Dari Hidupku  yang pernah Iqhbal nyanyikan di Panggung Kemenangan, menyiratkan sebuah perasaan cinta yang teramat dalam.

Penciptanya, Adibal Sahrul, sengaja mengemas lagu dengan aransemen yang mampu memainkan emosi pendengarnya. Musiknya pun menyematkan sisi keharuan dan keromantisan.

“Lagu ini memang menceritakan seseorang yang begitu mencintai pasangannya. Hingga dia merasa rasa cintanya melebihi dari dia mencintai hidupnya sendiri,” tutur Iqhba.

Tak tanggung-tanggung, dr Iqhbal menggandeng Nia LIDA pada video klip Lebih Dari Hidupku. Di bawah arahan sutradara Ryan Wiedaryanto, dr. Iqhbal LIDA dan Nia LIDA beradegan layaknya pasangan kekasih yang sedang menikmati liburan.

Masalah sempat muncul di pihak Iqhbal saat pembuatan video klip. Ia merasa canggung beradu akting dengan Nia LIDA.

“Soalnya, baru pertama kali bertemu dengan Nia pas pembuatan video klip. Aku canggung bahkan deg-degan,” kenang dr. Iqhbal.

Beruntung, Nia dapat mengatasi keadaan.

“Setiap megang tanganku, dia bilang deg-degan. Ya sudah. Aku bilang, hari ini kita pacaran, biar kamu enggak deg-degan lagi,” ujar Nia LIDA sambil tertawa. (Tumpak S)

Continue Reading

Musik

Denny Caknan Jawara ‘Anugerah Dangdut Indonesia 2021’, Borong 3 Piala

Published

on

By

Denny Caknan borong 3 piala Anugerah Dangdut Indonesia 2021 (Foto: Instagram denny_caknan)

Kabarhiburan.com – Ajang penghargaan untuk insan musik dangdut, Anugerah Dangdut Indonesia (ADI) 2021 MNCTV berlangsung di panggung megah nan meriah, pada Rabu (24/11) malam.

Para bintang dangdut papan atas, tampil memesona pemirsa dan menyaksikan pembacaan 94 Nominasi untuk 12 Kategori penghargaan. Terdiri 7 kategori terpopuler, 4 kategori terbaik pilihan juri dan 1 kategori lifetime achievement.

Ajang yang tahun ini bertema: Beauty of Dangdut, ADI 2021 dibuka oleh penampilan 3 Diva yakni Ayu Ting Ting, Inul daratista dan Zaskia Gotik menyanyikan lagu ‘sakasi slow’ dan ‘jang ganggu’.

Penampilan para bintang dangdut lainnya pun tak kalah menariknya, seperti Via Vallen menampilkan ‘dinda jangan marah-marah’, Hendra Kumbara dan Denny Caknan dengan lagu ‘yowis!’.

Disusul Dewi Persik dan Inul Daratista dengan lagu medley ‘arjuna buaya, mimpi manis  dan masa lalu’ dan masih banyak lagi penampilan bintang dangdut lainnya.

Tibalah saat yang ditunggu adalah pengumuman para pemenang ADI 2021. Denny Caknan memborong sekaligus 3 penghargaaan melalui “Video Clup Dangdut Terbaik“, “Penyanyi Dangdut Paling Di Hati“, serta satu lagi bersama Happy Asmara juga meraih “Kolaborasi Dangdut Paling Di Hati“.

Syukur Alhamdulillah . Trimakasih bapak, ibuk. Keluarga dan semuanya yang mensupport saya… Kulo Terharu,” tulis Denny Caknan di instagram pribadinya.

Berikut daftar lengkap pemenang Anugerah Dangdut Indonesia 2021:

1.Lagu Dangdut Terbaik: “Seindah Pelangi“, Inul Daratista.

2.Penyanyi Dangdut Wanita Terbaik : Evi Masamba.

3.Penyanyi Dangdut Pria Terbaik: Danang.

4.Video Clip Dangdut Terbaik: Denny Caknan.

5.Lagu Dangdut Paling di Hati: ‘Lesti Kejora’.

6.Penyanyi Dangdut Wanita Paling di Hati : Ayu Ting Ting.

7.Penyanyi Dangdut Pria Paling di Hati : Dennny Caknan.

8.Lagu Popdut Paling di Hati : Happy Asmara.

9.Kolaborasi Dangdut Paling di Hati : Denny Caknan & Happy Asmara.

10.Duo/Trio/Group Dangdut Paling di Hati : Guyon Waton.

11.Penyanyi Dangdut Pendatang Baru Paling di Hati : Gitalia KDI.

12.Lifetime Achievement : Muchsin Alatas

Continue Reading
Advertisement

Trending