Connect with us

Event

‘Menggali Mitos’ Bersama Jelita Callebaut dan Produser Muhammad Bagiono

Published

on

Jelita Callebaut (Dok. KJS))

Kabarhiburan.com, Jakarta – Aktris Jelita Callebaut mengaku tidak ambil pusing dengan yang namanya mitos. Baginya, mitos hanya warisan yang turun temurun menjadi tradisi sebagian masyarakat.

“Bangsa ini meninggalkan banyak warisan berupa cerita-cerita mitos, makanya sekarang ini juga banyak film horor Indonesia yang mengadaptasi mitos,” ujar Jelita dalam Talkshow tentang Menggali Mitos pada perhelatan Jakarta Horror Screen Festival di kedai kopi Lali Bojo, Jalan Pahlawan Revolusi No. 28, Pondok Bambu, Jakarta Timur, Kamis (2/7) malam.

Bagi bintang film Inem Pelayan Sexy New  dan film Gentayangan ini, mitos sengaja dikemas menjadi film horor misteri dengan treatment jumpscare.

“Lalu dimunculkan sosok mengerikan dan menakutkan, lalu berjubel deh yang nonton,” ujar putri aktris senior Doris Callebaut, yang diamini oleh Alda Agustine.

Alda Augustine meyakini bahwa mitos hanyalah warisan sejarah zaman nenek moyang saja.

“Hari gini masih aja percaya mitos. Kapan majunya kita,” ujar Alda.

Sementara model dan pesinetron Monique Sekar menilai bahwa saat ini mitos masih menjadi barang mewah bagi kebanyakan orang di Tanah Air.

“Setiap daerah pasti punya legendanya sendiri yang menjadi tradisi, sebagai sesuatu kisah yang menjadi pedoman untuk diyakini, meski absurd,” jelas Monique.

Produser Muh. Bagiono (kedua dari kiri) diapit oleh Jelita Callbaut, Alda Agustine dan Monique Sekar.

Talkshow yang digagas oleh Kumpulan Jurnalis Sinema Indonesia (KJSI) ini juga menampilkan produser dan Spritualis Muhammad Bagiono, yang meyakini bahwa mitos merupakan cerita turun-temurun yang dikemas sedemikian rupa dengan kekuatan aturan-aturannya agar orang lain patuh.

“Ada beragam cerita mitos tentang misteri, horor hingga soal sopan santun, ada mitosnya,” ujar Bagiono dalam talkshow sekaligus peluncuran YouTube Mitoholic dan menyampaikan proyek film berjudul Bukan Jodoh Biasa.

Bagiono memisalkan, kalau maghrib jangan keluyuran, banyak setan berkeliaran. Faktanya, setan berkeliaran enggak kenal waktu.

“Kenapa saat kecil kita sering diberitahu agar jangan keliaran saat maghrib? Karena hari sudah mulai gelap, ketajaman penglihatan pun berkurang. Begitu juga dengan  duduk depan pintu, katanya pamali. Faktanya, kalau duduk dipintu akan menghalangi orang yang akan keluar dan masuk rumah,” jelas Bagiono.

Berbeda dengan mitos dalam ruang misteri dan horor, menurut Bagiono, masih banyak masyarakat kita yang percaya dengan dongeng-dongeng misteri dan horor.

“Mereka meyakini benar, hal itu berdampak besar terhadap kehidupan mereka yang meyakininya. Mungkin, mitos juga terformulasi dengan dongeng-dongeng pengantar tidur. (Tumpak Sidabutar/KH)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Event

YPJI Galang Donasi via Live Streaming Bagi Korban Banjir Jakarta dan Jawa Barat

Published

on

By

Kabarhiburan.com, Jakarta – Salah satu bentuk kepedulian terhadap penderitaan para korban bencana alam di berbagai wilayah di Indonesia, Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia (YPJI)  menggelar kegiatan penggalangan donasi bagi para korban terdampak.

Salah satu bencana yang baru saja terjadi yakni banjir di wilayah Jakarta dan Jawa Barat (Jabar) pada 20 Februari 2021 silam, dijadikan sebagai fokus penggalangan dana ini.

Penggalangan dana terlaksana berkat kerja sama YPJI dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI), Politeknik STMI Jakarta, yang berlangsung sejak awal Februari 2020.

Penggalangan dana juga dilakukan lewat acara live streaming bertajuk ‘Live Charity Stream Disaster Relief’ secara online, yang digelar di Lobbyn Sky Terrace, Hotel Liberta, Kemang, Jakarta Selatan, yang berlangsung Kamis (25/2) malam.

Acara meriah tersebut tersebut dimeriahkan penampilan DJ Ay Claudia dan DJ Jasmine Larosie, dengan dipandu oleh host pengurus YPJI, yakni Pray dan D Novriansyah, selaku Kepala Bidang Donasi dan Sosial YPJI.

Donasi yang terkumpul dalam program ini akan disalurkan bagi masyarakat dan juga rekan jurnalis terdampak banjir di wilayah Jakarta dan Jawa Barat.

Wakil Ketua YPJI, Mambang Yazid, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari YPJI ke masyarakat dan jurnalis yang yang terdampak bencana banjir.

“Sebagai jurnalis, kita turut merasakan penderita masyarakat terdampak banjir. Rencananya, kita akan serahkan donasi bagi korban banjir bersama teman-teman mahasiswa HMTI Politeknik STMI Jakarta,” ujar Mambang Yazid.

Dalam penggalangan donasi ini, YPJI juga bekerjasama dengan Mustika Ratu dan Lobbyn Sky Terrace Hotel Liberta, serta beberapa donatur pribadi yang enggan menyebut namanya.

“YPJI juga berterima kasih banyak kepada semua pihak yang telah mendukung kita. Terima kasih juga buat para donatur pribadi yakni Maya Miranda Ambarsari selaku President Director PT Batamec Shipyard, Vicky Muhamad, Gita, Puri, Igub, serta donatur lainnya,” ujar Mambang Yazid lagi.

YPJI, imbuh Yazid juga berharap, kegiatan penggalangan donasi bencana seperti ini bisa terus dilakukan lewat kerjasama dengan sejumlah donatur.

“Semoga musibah bisa cepat berlalu, termasuk pandemi Covid-19 agar bisa segera berakhir, dan kondisi kembali normal. Semoga program ini sedikit banyak dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir,” pungkasnya. (Rls)

Continue Reading

Event

Rayakan Ulang Tahun ke 33, Kim Soo Hyun Dapat Roma Kelapa

Published

on

By

Aktor Kim Soo Hyun (Foto Instagram: kim_soo_hyun_16)

Kabarhiburan.com – Penggemar drama Korea di Tanah Air sudah tidak asing dengan wajah Kim Soo Hyun. Aktor tampan ini kerap membintangi drama-drama populer Korea Selatan.

Aktor dengan bayaran termahal di Korea tersebut merayakan ulang tahun ke 33, pada hari Rabu (16/2) kemarin. Berbagai ucapan selamat ulang tahun dari para fans seluruh dunia berdatangan untuk Kim Soo Hyun di media sosial, bahkan sempat menjadi trending di Twitter.

Ia pun memamerkan tumpukan hadiah  dari orang-orang terdekat dan dari para fansnya. Salah satu yang mencuri perhatian adalah foto pertama yang diunggahnya.

Menariknya, diantara tumpukan hadiah itu terlihat produk dari Indonesia, yakni Roma Kelapa dari Mayora.

Para penggemar pun lalu memotret tumpukan hadiah  untuk pemain drama It’s Okay to Not Be Okay tersebut, lalu membagikannya lewat media sosial.

Unggahan tersebut membuat penggemar dari Indonesia bertanya-tanya, siapa gerangan penggemar yang mengenalkan Roma Kelapa kepada Kim Soo Hyun.

Tak jarang dari mereka merasa iri karena belum dapat kesempatan untuk mengirimkan hadiah ke idolanya, apalagi hadiah khas Indonesia yang mengesankan seperti Roma Kelapa. Yang pasti, mereka bangga melihat camilan favorit tersebut sudah go international.

Seperti yang kita tahu, Roma Kelapa merupakan biskuit yang dibuat dengan bahan baku kelapa asli yang berkualitas. Masyarakat Indonesia biasa memakannya secara langsung sebagai camilan atau mencelupkannya ke teh, kopi, atau susu yang hangat.

Bayangkan, jika Kim Soo Hyun membuka kemasan Roma Kelapa, mencelupkannya ke teh, kopi, atau susu favoritnya, lalu memakannya seperti yang biasa orang Indonesia lakukan. (Tumpak S)

Continue Reading

Event

Kim Soo Hyun Dapat Roma Kelapa, Penggemar Langsung Heboh

Published

on

By

Kim Soo Hyun (Foto: Instagram Soohyun k_216)

Kabarhiburan.com – Aktor film ternama dari Korea Selatan, Kim Soo Hyun merayakan ulang tahun ke 33, pada Rabu (16/2) silam.

Ia pun menerima ucapan selamat dari para penggemarnya di seluruh dunia melalui media sosial, hingga sempat menjadi trending di Twitter. Kim Soo Hyun juga mengabadikan tumpukan hadiah ultah yang diterima di akun instagram pribadinya.

Menariknya, diantara tumpukan hadiah ulang tahun tersebut, terlihat produk dari Indonesia. Salah satunya Roma Kelapa dari Mayora.

Para penggemar pun mengabadikan foto yang terdapat di postingan aktor drama It’s Okay to Not Be Okay tersebut, lalu menyebarkannya lewat media sosial. Itu artinya, cemilan dari Indonesia tersebut sudah go international.

Unggahan tersebut membuat penggemar dari Indonesia bertanya-tanya, siapa gerangan yang mengirimkan cemilan tersebut untuk aktor film The Thieves (2021), Secretly, Greatly (2013) dan Real (2017.

Banyak yang merasa iri karena belum mengirimkan cemilan Roma Kelapa kepada sang idola. Mereka membayangkan Kim Soo Hyun membuka kemasan Roma Kelapa, mencelupkannya ke teh, kopi, atau susu, lalu memakannya, seperti yang biasa orang Indonesia lakukan.

Seperti diketahui, Roma Kelapa merupakan biskuit berbahan baku kelapa asli dan berkualitas. Booming sejak akhir 1970-an, Roma Kelapa masih populer hingga saat ini. (Tumpak S)

Continue Reading
Advertisement

Trending