Connect with us

Lifestyle

Nelisma Amin : Fashion Desainer yang Aktif Kembangkan Batik Aceh

Published

on

Kabarhiburan, Jakarta- Melihat perkembangan mode fashion di “Bumi Serambi Mekkah” dirasakan desainer Nelisma Amin masih berjalan ditempat. Tak mengherankan jika aktivitasnya kini mulai padat kembali ke fashion desain lagi. Desainer yang aktif di Asosiasi Fashion Aceh (AFA) dan Komunitas Desainer Etnik Indonesia (KDEI) sewaktu hijrah dari Jakarta ke Aceh ingin profesinya sebagai desainer lebih banyak dibalik layar saja.

“Saya sebenarnya ingin dibelakang layar saja. Namun ketika melihat dinamika fashion Aceh yang itu itu saja, saya jadi gerah untuk balik ke fashion desainer lagi. Sebagai daerah yang menerapkan syariat Islam, seyogyanya Aceh bisa menjadi trendsetter busana muslim di Indonesia, sekaligus didunia,” tutur Nelisma.

Kegelisahan Nelisma inilah, lewat Indonesia Modest Fashion Week (IMWF) 2017, Ia tuangkan dalam karya terbarunya bernuansa biru. Jelas Desainer lulusan sekolah mode, Susan Budiarjo itu, hendak memadukan kearifan busana muslim dengan gaya casual dan sporty. Idenya lahir tatkala melihat style fashion Aceh lebih kebarat baratan. Walau mengenakan hijab, namun masih menonjolkan keseksiannya.

Alasan memadukan warna biru, Nelisma ingin memodifikasi tradisi warna masyarakat Aceh yang cenderung menampilkan warta merah, kuning dan hijau. Dilain sisi, Ia juga hendak menegaskan tema “Island” dalam karyanya di IMFW 2017. Biru diambil dari warna pantai, gradasi pertemuan antara laut dan daratan.

” Ada dari sebagain karya saya yang di IMFW menampilkan busana muslim raedy to wear yang casual, simple hingga terlihat sporty. Bisa untuk sehari hari , bahkan cocok untuk kalangan muda,”, tambah Nelisma.

Selain sebagai desainer busana muslim, Nelisma mulai tertarik mengembangkan batik Aceh. Melalui butik Vinnel Gallery yang beralamat di Jalan Teungku Pulo Dibaroh No 16 Kampung Baru, Baiturrahman-Banda Aceh, banyak karya Batik Aceh dengan Motif Bungong Jeumpa dan motif Biji Rumbia. Motif Biji Rumbia Nelisma ingin mengabadikan Pohon Rumbia yang kini hampir punah paska tsunami.

Batik Aceh sesungguhnya sudah lama dikenakan masyarakat Aceh, seiring migrasi masyarakat Jawa ke Aceh. Motif batik Aceh punya ciri khas  kuat karena ada perpaduan unsur alam didalamnya. Warna-warnanya pun cerah, seperti warna merah, kuning dan hijau hingga terlihat Ngejreng dan Glamour.

Dalam Motif batik Aceh itu sendiri, menyimpan begitu banyak makna, yang menggambarkan kepribadian dan filosofi kehidupan masyarakat Aceh. Motif-motif Batik Aceh yang terkenal diantaranya adalah motif Pintoe Aceh ( Pintu Aceh), Bungoeng jeumpa (Bunga Jempa), Tulak Angen , Rincong, Awan Berarak, Awan Meucanek, Gayo, Pucok Reubong, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan batik Jawa, tidak ada catatan resmi tentang awal sejarah batik Aceh. Meski sebagian orang menduga orang-orang Jawa yang membawanya, tidak ada catatan kuat yang membuktikannya. Satu hal yang pasti, batik Aceh telah lama digunakan oleh masyarakat di sana. Bahkan pola atau motif yang dipakai pun mempunyai ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan provinsi lain. Hal tersebut jadi bukti nyata kalau batik memang dipakai oleh masyarakat Indonesia di luar Pulau Jawa.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle

‘Mau Gak Mau Season 2’ Genre Silat Kerajaan

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Setelah meluncurkan episode 1-4 dari Cinematic Audio Series “Mau Gak Mau Season 2”, RAPOT (Reza Anka Radhini Abigail – Potkes) mendapatkan feedback yang sangat meriah dari para pemirsa RAPOT.

Dalam beberapa hari, angka streams berhasil mencapai lebih dari 25.000 pendengar. Sosial media RAPOT pun dibanjiri dengan mention dari para pendengar yang mengaku terbawa dengan alur cerita dan mendapatkan pengalaman audio yang maksimal ketika memakai earphone.

“Bagus banget! Bener-bener kaya dengerin film!” kata akun @rizkyrr dalam Instagram storynya. “Berasa lagi nonton film tapi visualnya sesuai imajinasi masing-masing. Mau Gak Mau Season 2 lebih keren lagi ceritanya!” menurut akun @vinaayuniar, dan masih banyak lagi komen serupa yang masuk ke Instagram RAPOT diiringi harapan pendengar untuk segera merilis episode selanjutnya.

Petualangan RAPOT di episode selanjutnya yaitu genre “Silat Kerajaan” akan membawa Reza, Anka, Radhini, dan Abigail berpetualang untuk menyelesaikan sebuah misi.

Dalam genre ini, RAPOT akan berkolaborasi dengan aktor ternama tanah air yaitu Lukman Sardi, Abimana Aryasatya, Selain itu ada juga musisi populer Tanah Air, Sal Priadi dan Kunto Aji. Tumpal Tampubolon, pemenang penghargaan  Penulis Skenario Asli Terbaik FFI 2006, akan menjadi sutradara, sekaligus penulis skrip untuk genre ini.

Genre Silat Kerajaan diluncurkan 4 episode sekaligus, eksklusif di spotify RAPOT, pada Selasa, 20 April 2021, pukul 16.00 WIB. Jangan lupa, mendengarkan memakai earphone atau headphone untuk pengalaman yang maksimal. (Tumpak S)

Continue Reading

Lifestyle

Tiga Produk Kesehatan Ini Wajib Digunakan Selama Pandemi

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Sejak virus corona merajalela di Indonesia, perhatian masyarakat tiba-tiba menjadi besar terhadap hal-hal berkaitan dengan menjaga kesehatan. Ini karena mulai tumbuh kesadaran untuk melakukan proteksi tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat, suplemen kesehatan hingga olahraga.

Perlunya menjaga kesehatan diyakini akan meningkatkan permintaan masyarakat terhadap Masker dan Hand Sanitizer, serta makanan dan suplemen kesehatan, seperti madu, vitamin C, vitamin D dan E serta beberapa suplemen herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

PT Herba Utama merupakan industri obat tradisional ingin memberikan kontribusi penuh dalam pemenuhan kebutuhan terhadap produk kesehatan, agar masyarakat dengan mudah menggunakan produk kesehatan yang mereka butuhkan, dengan fungsi terbaik dan harga terjangkau.

PT Herba Utama memiliki beberapa lini produk kesehatan yang dapat menunjang kesehatan masyarakat dari luar dan dalam, diantaranya:

MADU ENAK PURE HONEY

Madu Enak Pure Honey adalah 100 persen Madu Asli yang berasal dari 4 sumber madu yaitu Madu Hutan, Madu Randu, Madu Kelengkeng dan Madu Karet.

Madu Enak Pure Honey adalah Madu dengan klaim pada kemasan yaitu Tanpa Pemanis Buatan, Tanpa Pengawet, Tanpa Pewarna, dan Tanpa Pengental, dimana klaim tersebut membuktikan bahwa Madu Enak Pure Honey adalah 100 % Madu Asli Tanpa Campuran apapun.

Madu mengandung antioksidan dari senyawa chrysin, pinobaksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Semua kandungan tersebut tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh terlebih untuk memperkuat system imun dan kekebalan tubuh.

HERBANGIN HABBATUSSAUDA

Herbangin Plus Habatussauda merupakan suplemen yang baik diminum untuk meningkatkan imun tubuh dan juga menjaga daya tahan tubuh. Herbangin Plus Habatussauda merupakan herbal pertama dalam sachet yang mengandung Habatussauda atau jintan hitam dan bahan herbal lainnya, seperti Jahe Merah , Kencur, Temulawak , Adas dan Daun Mint dan madu asli.

Herbangin Habbatussauda direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari, karena sifatnya bukan hanya untuk mengobati namun juga sebagai pencegahan agar daya tahan tubuh meningkat.

SHUKA MASK & SHUKA MASK 4D

Shuka Mask adalah Surgical Face Mask pertama di Indonesia yang memiliki Bacterial Filtration Efficiency (BFE) 99,7 yang  memiliki 3 lapisan. Dimana Filtration terhadap Virus dan Bakteri tertinggi di Indonesia (Dibuktikan dengan Sertifikat Uji).

Shuka Mask juga memiliki Blood Resistance, artinya direkomendasikan untuk mencegah virus dan bakteri, karena tingkat BFE yang sangat baik. Ada 2 jenis, yakni  Earloop Face Mask dan 4D Face Mask. Keduanya memiliki fungsi dan BFE yang sama, namun desainnya berbeda.

Earloop Face Mask memiliki general design yang dapat digunakan oleh semua kalangan, termasuk dokter dan tenaga medis. Sementara 4D Face Mask lebih fashionable bentuk maskernya serta pilihan warnanya (Pink, Dark Grey, Green, Crème). (Tumpak S)

Continue Reading

Lifestyle

Reza dan Valda Akan Nikmati Bulan Ramadan Pertama Bersama

Published

on

By

Reza dan Valda (Foto: Instagram @reza_zakaria_daa)

Kabarhiburan.com – Bulan Ramadan 1442 H tinggal beberapa hari lagi, sekaligus menjadi Bulan Ramadan yang pertama sekaligus istimewa dalam keluarga dari pasangan Reza Zakarya alias Reza DA dan Valda Aviana.

Pernikahan kedua insan ini berlangsung di Purwokerto pada 17 Januari 2021, keduanya mantap mengakhiri masa lajangnya dengan mengucapkan ijab kabul.

Kini, Reza DA dan Valda bersiap menikmati ibadah puasa bersama. Reza pun sudah menyampaikan kebiasaan soal makanan favorit saat sahur dan berbuka.

“Tidak ada yang spesial. Paling hanya soal menu sahur dan berbuka puasa saja,” jelas  Reza dalam ‘Semangat Senin Indosiar’, Senin (5/4).

Sebagai pengantin baru, Reza memilih tidak membebani istrinya soal makanan saat bulan puasa. Kalau perlu, ia pun akan ambil bagian membantu Valda. Dengan kebersamaan, maka seluruh pekerjaan rumah menjadi ringan rasanya.

Tidak lupa, Reza membagikan tips tentang menjaga stamina agar tetap kuat menjalani puasa seharian. Katanya, biasa mengonsumsi susu, madu dan habbatus sauda. Ketiganya rutin dikonsumsi ditengah padatnya kegiatan.

“Intinya adalah niat. Bagaimana kita menjalankan puasa dan semua itu harus didasari dengan niat ibadah,” kata Reza.

Sementara itu Valda mengungkapkan jika Reza merupakan seorang suami yang pengertian serta tak banyak menuntut.

Pasangan ini pun mengenang awal kenalan dulu. Reza mengatakan, pertemuannya dengan Valda sungguh di luar dugaan, yakni saat dirinya menghadiri sebuah acara off air di Purwokerto, Jawa Tengah.

Saat itu, Valda bertugas sebagai penghubung antara Reza dengan fansnya. Seiring dengan waktu, Reza DA kian akrab dengan Valda. “Valda juga dekat dengan mama saya,” kata Reza.

Sempat hilang kontak cukup lama, Valda terkejut saat Reza DA kembali menghubungi dirinya. Reza semakin menunjukkam keseriusannya pada Valda, hingga kemudian tercetus ajakan untuk menikah.

Di mata Valda, Reza DA adalah suami yang sangat baik dan tidak banyak menuntut.

“Alhamdulillah tidak ada yang sulit karena A’ Reza bukan orang yang ribet,” ungkap Valda. (Tumpak S)

Continue Reading
Advertisement

Trending