Connect with us

Lifestyle

Nusa Tenggara Timur Menuju Bebas GSM (Geser Sedikit Mati)

Published

on

Kadis Kominfo Provinsi NTT, Aba Maulata (kanan) dalam Diskusi Menuju Indonesia Merdeka Sinyal

Kabarhiburan.com, Jakarta – GSM (Geser Sedikit Mati), hanyalah salah satu kelakar yang tersaji dalam film karya sutradara Ernest Prakasa  berjudul Susah Sinyal (2017). Premis GSM yang sempat viral, sebenarnya sindiran halus tentang sulitnya berkomunikasi di kawasan Nusa Tenggara Timur (NTT) karena susah sinyal.

Namun situasi susah sinyal secara berangsur sudah ditinggalkan, menyusul hadirnya internet dan ratusan infrastruktur telekomunikasi BTS (Base Transceiver Station) di wilayah NTT.

Demikian antara lain disampaikan Aba Maulata, selaku Kepala Dinas Kominfo Provinsi NTT yang hadir sebagai nara sumber pada Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (Dismed FMB’9) bertajuk “Menuju Indonesia Merdeka Sinyal” di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jakarta, Rabu (10/4).

Meski belum merata ke seluruh pedesaan di kabupaten dan kota di NTT, kehadirannya telah memberi beragam kemudahan informasi kini dinikmati oleh masyarakat di berbagai bidang kehidupan, seperti pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya.

“Yang paling dirasakan, masyarakat NTT merasa sangat bangga karena mereka kini sudah bisa video call dengan sanak saudara di berbagai wilayah di Indonesia. Bangga mereka walaupun pulsanya habis cepat,” imbuh Aba Maulata sambil tertawa.

Belum 100 persen desa di Indonesia mendapat sinyal, dibenarkan oleh Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Anang Latif.

“Di sinilah istilah Merdeka Sinyal lahir. Komitmen Kominfo, di Indonesia akan Merdeka Sinyal di tahun 2020,” jelas Anang.

Dirut BAKTI ini mengatakan, konektivitas internet akan memunculkan dampak-dampak positif. Akan ada perekonomian digital yang terus berkembang, tele-education, tele-health, dan lainnya, sehingga mampu mendorong perekonomian di desa-desa.

“Inilah komitmen kami (pemerintah). Ke depan bukan lagi 2G tapi langsung 4G yang terkoneksi langsung dengan internet, sehingga sampai di pedesaan di manapun bisa menjual hasil usaha dan pertaniannya melalui online,” jelas Anang.

Hasilnya, akan memberikan harapan baru bagi siapapun, meski di daerah terpencil sekalipun. “Sehingga, mereka yang di ujung wilayah masih tetap merasakan bagian dari NKRI. Dari sinilah muncul program Palapa Ring,” ujarnya.

Inti dari Palapa Ring ini untuk menghasilkan sinyal, yang bukan hanya cepat tapi ngebut. Selanjutnya, dari ujung Barat hingga ujung Timur Indonesia infrastruktur komunikasi terkoneksi dengan baik.

“Sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk menyelesaikan infrastruktur, dengan tidak lagi berhitung untung rugi. Dan, kenapa harus dibangun dengan serat optik, karena sampai sejauh ini menjadi jaringan yang terbaik untuk 4G. Berikutnya akan muncul 5G,” jelas Anang.

Hanya saja, jaringan serat optik hanya berhenti di ibukota kabupaten. Masih ada desa yang jauh dari ibukota kabupaten yang tidak bisa dijangkau dengan kabel sampai ke sana. Masih ada 150.000 yang lokasinya tidak bisa dijangkau dengan kabel.

Dari sana, lahirlah konsep satelit multifungsi. Yang tidak terjangkau kabel, akhirnya menggunakan satelit multifungsi.

“Kedua project ini, satelit dan palapa ring, kemudian disebut dengan ‘Tol Langit’. Diharapkan bisa bermanfaat banyak untuk masyarakat Indonesia di seluruh pelosok negeri,” pungkas Anang.

FMB 9 kali ini, selain menghadirkan Aba Maulata dan  Anang Latif, tampak hadir Direktur Industri Elektronika dan Telematika Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian Janu Suryanto, dan Meidiyanto Andwiputro selaku General Manager of Marketing PT Pasifik Satelit Nusantara. (Tumpak Sidabutar/KH)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle

Kawasan Rekreasi Ancol Kembali Dibuka untuk Umum

Published

on

By

Kabarhiburan.com – PT Taman Impian Jaya Ancol membuka kawasan rekreasi untuk umum, menyusul penetapan kembalinya fase PSBB Transisi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kawasan wisata pantai yang terletak di Jakarta Utara tersebut kembali dibuka sejak Senin (12/10) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Teuku Sahir Syahali, selaku Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol yang dikutip Minggu  (11/10) mengatakan, Taman Impian Jaya Ancol menjawab kerinduan masyarakat luas yang ingin berwisata ke Ancol, baik yang ber-KTP DKI maupun KTP Non DKI.

“Manajemen tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang prima serta menghadirkan kawasan rekreasi yang bersih, sehat, namun juga menyenangkan,” ujar Sahir Syahali.

Pembukaan kawasan rekreasi untuk publik ini tak lepas dari penerapan protokol kesehatan yang Ancol sebut dengan slogan SSBB, yaitu Senang Selamat Bareng Bareng, yang sudah dilaksanakan sejak Juni silam.

SSBB sendiri berupa penerapan protokol kesehatan 3M yaitu Menggunakan masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

Selain itu, pengunjung juga tetap diwajibkan melakukan reservasi secara daring (online) melalui www.ancol.com, selain akan dilakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki kawasan Ancol.

Adapun unit rekreasi yang dapat dikunjungi wisatawan adalah kawasan Taman dan Pantai, Dunia Fantasi, Sea World Ancol, Ocean Dream Samudra, Allianz Ecopark, Pasar Seni, Putri Duyung Ancol, dan juga sejumlah restoran dan mitra yang berada di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Untuk wahana air Atlantis Water Adventures akan dibuka kembali secara bertahap. (Tumpak Sidabutar/KH

Continue Reading

Lifestyle

Dermaster Hadirkan Treatment Facial Hydrafacial Pertama di Indonesia

Published

on

Kabarhiburan.com, Jakarta- Sebagai klinik kecantikan favorit, Dermaster tak pernah ketinggalan melakukan berbagai inovasi kecantikan. Di bulan September ceria ini Dermaster meluncurkan treatment terbarunya yang bernama Hydrafacial.

Bertempat di Cabang Dermaster Menteng Jl. Kendal No 23, Menteng, Jakarta Pusat, peluncuran dihadiri beberapa artis ibukota, diantaranya Iis Dahlia, Angel Lelga, Bella Shofie, Kriss Hatta, Sonia Fergina, Roro Fitria, Susan Sameh, Okie Agustina, Ziva Magnolya, Imaz Fitria dan masih banyak Public Figure lainnya.

Terang Director of Marketing Dermaster Indonesia, Herry Setawan, Hidrafacial ini adalah facial treatment favorit artis Hollywood, seperti Paris Hilton , Beyonce, Matthew Mcconaughey dan selebriti dunia lainnya. Dermaster akan terus berinovasi untuk tetap jadi yang terbaik dan terdepan.

Hydrafacial merupakan treatment dengan menggunakan alat medical grade dengan teknologi Vortex-Fusion® yang telah dipatenkan untuk membuat kulit tampak cerah, halus dan kenyal berseri. Selain itu manfaat Hydrafacial membantu mengurangi pigmentasi, mengurangi kerutan-kerutan halus, membantu mengatasi masalah komedo dan jerawat dan dapat dilakukan pada kulit yang sensitive.

Hydrafacial memiliki sistem vortex fusion yang unik yg membuatnya berbeda dari facial lainnya. Vortex fusion sendiri menciptakan efek vortex untuk membersihkan dan memudahkan mengangkat komedo tanpa menimbulkan rasa sakit sekaligus menghidrasi kulit.

“Hydrafacial sendiri diciptakan dan dikembangkan mulai dari tahun 2001 sampai sekarang di long beach, california, USA, “Ujar Dokter Andi Wijaya, selaku Head Doctor Dermaster Daan Mogot

Hydrafacial mengunakan seri “Hydropeel Tips” yang memiliki fungsi spesifik dari setiap tips berbeda dalam mengeksfoliasi, ekstraksi, dan menghidrasi kulit. Desain spiral dari “hydropeel tips” digunakan bersamaan dengan teknologi vakum dan serum yang telah disesuaikan, menghasilkan sebuah efek vortex yang berguna dalam mengeluarkan dan membuang kotoran yang secara bersamaan juga menghidrasi kulit dengan antioksidan terbaik, “ lanjutnya Dokter Andi.

Kelebihan hydrafacial dibandingkan facial lainnya karena memiliki semua yang dibutuhkan kulit. Dikembangkan dan diciptakan sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan semua tipe kulit dari yang kering, berminyak, maupun tipe kulit kombinasi.

“Dengan teknologi terbaru nya hydrafacial mampu membersihkan mengangkat sel kulit mati, komedo tanpa rasa sakit sekaligus memberi nutrisi dan menghidrasi sampai kelapisan dalam kulit. “Ujar Dokter Dicky selaku Head Doctor Dermaster Bali.

 

Continue Reading

Lifestyle

Jambuluwuk Convention Hall and Resort Bogor Terapkan Protokol Kesehatan

Published

on

By

Salah satu sudut di Jambuluwuk Convention Halla & Resort, Ciawi

Kabarhiburan.com, Jakarta – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta Sie Musik, Film dan Lifestyle sukses menggelar diskusi Recovery Industri Hiburan di Era New Normal, berlangsung di Jambuluwuk Convention Hall & Resort di kawasan Ciawi, Bogor, Sabtu (22/8).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para jurnalis yang prihatin pada kondisi dunia hiburan, yang belum juga bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19, melibatkan para narasumber yang kompeten di bidangnya.

Sebut saja, promotor musik – Harry Koko Santoso, produser musik – Agi Sugianto, musisi – Roy Jeconiah, Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) – Djonny Sjafruddin, pekerja seni – Inggrid Wijanarko, komedian – Derry 4 Sekawan, Ketua Umum Pafindo – Bagiono Prabowo dan Ketua Umum Parfi – Alicia Johar.

Tampak hadir pula Sayid Iskandarsyah selaku Ketua PWI DKI Jakarta beserta jajaran pengurus harian.

Bagi manajemen Jambuluwuk Convention Hall & Resort Ciawi, kegiatan diskusi kian menambah kepercayaan masyarakat menginap di Jambuluwuk Resort Puncak.

Martha W. Thomas selaku Marketing Communication Corporate Manager Jambuluwuk Hotel & Resort, mengatakan ada rasa aman jika wisatawan berlibur di Jambuluwuk yang berkonsep Resort. Areanya bisa dibilang cukup privat.

“Resort jauh lebih aman, karena area interaksinya hanya dalam satu sekeluarga atau satu kelompok kecil. Ini setidaknya bisa meminimalisir resiko tertular Covid-19,” katanya usai memberi sambutan di acara diskusi Recovery Industri Hiburan di Era New Normal.

Guna menjamin kenyamanan peserta diskusi, Resort ini sudah melakukan standar protokol kesehatan yang ketat. Setiap sudut area Jambuluwuk Resort Puncak,  terpampang himbauan kewajiban memakai masker. “Tanpa Masker, Dilarang Masuk Area Hotel” begitu tulisannya.

Martha W. Thomas selaku Marketing Communication Corporate Manager Jambuluwuk Hotel & Resort, Ciawi, Bogor.

“Kami sangat mentaati instruksi protokol kesehatan terkini dari pemerintah pusat serta daerah. Seperti penyediaan hand sanitizer, cek suhu dan pemasangan imbauan tulisan kewajiban memakai masker. Juga penerapan protokol kesehatan bagi karyawan maupun pihak lain yang beraktivitas di area hotel dan restoran kami,” jelas Cahyadi selaku General Manager Jambuluwuk  Convention Hall & Resort.

Ia menambahkan, Jambuluwuk sudah menerapkan peraturan pemerintah tentang program Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE).

“Ini kami jalankan semata mata untuk meningkatkan pelayanan, serta jaminan rasa aman menginap di Jambuluwuk Resort Puncak,” katanya.

Berjarak sekitar 67 kilometer dari Kota Jakarta, Jambuluwuk Convention Hall & Resort  bisa dijangkau melalui jalan Tol Jagorawi dan keluar di Pintu Tol Ciawi, lalu menuju arah Tapos, atau keluar di Pintu Tol Gadog, lalu menuju arah Tapos.

Memiliki 25 unit villa yang berdiri di atas lahan seluas 4 hektar, Jambuluwuk Convention Hall & Resort menawarkan bangunan kayu di tengah suasana yang asri dan serba hijau, pepohonan yang rindang dan tanaman yang cantik memberi pengalaman dekat dengan alam yang eksotis.

Sudah begitu, tersedia segala fasilitas, mulai dari Wi-fi gratis di tempat umum dan di semua kamar sehingga anda tidak akan ketinggalan tetap exis di dunia maya. Fasilitas olahraga seperti kolam renang indoor dan outdoor, lapangan tennis, pingpong, bulutangkis hingga sarana memancing pun tersedia disini.

Selain menyatu dengan keindahan alam, resort ini juga mengakomodir hal-hal yang berbau lokal, dari mulai menu makanan, bahan-bahan sayuran serta buahan yang diambil dari seputar resort. (Tumpak Sidabutar/KH)

Continue Reading
Advertisement

Musik

Terbaru

Trending