Connect with us

Event

PAPPRI bersama Kementerian Ketenagakerjaan RI Siap Lindungi Pekerja Musik

Published

on

Kabarhiburan.com – Di tengah situasi tidak menentu yang dirasakan pekerja musik belakangan ini, akhirnya sebuah kabar gembira datang dari PAPPRI (Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia), yang menyatakan bahwa pekerja musik akan terlindungi hak-haknya dan diharapkan terjamin pula kesejahteraannya.

Hal ini akan diwujudkan melalui regulasi yang akan digodok oleh pemerintah bersama organisasi PAPPRI, seperti terungkap dalam dialog interaktif, yang berlangsung di Jakarta, Rabu (29/12).

Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah, hadir dalam dialog interaktif tersebut, menyatakan bahwa pekerja musik harus diperlakukan sama dengan pekerja profesi lainnya. Itu artinya, pekerja musik harus terlindungi dalam hal pengaturan jam kerja, upah dan jaminan sosialnya.

“Tidak boleh ada diskriminasi gender, kekerasan fisik maupun psikis, apalagi kekerasan seksual. Oleh sebab itu, pertemuan interaktif ini mengangkat “Tema Setara dan Sejahtera Pekerja Musik Indonesia,” kata Ida Fauziyah.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen PAPPRI, Johnny Maukar menyampaikan pesan dari Ketua Umum PAPPRI, A.M Hendropriyono, menandaskan bahwa sebagai organisasi profesi PAPPRI harus bermanfaat bagi seniman musik dan menjadi lokomotif penggerak dalam membangun ekosistem musik yang baik.

“Jadi, acara ini merupakan langkah awal dari serangkaian kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang akan diselengarakan di beberapa kota di Indonesia, guna mendapatkan masukan dan menyusun naskah akademik bagi Peraturan Menteri Ketenagakerjaan tentang Perlindungan Bagi Pekerja Musik,” jelas Johnny Maukar.

Sementara Ayu Soraya, selaku Ketua Bidang Program DPP PAPPRI sekaligus Ketua Pelaksana acara dialog interaktif, mengatakan bahwa kegiatan FGD sebenarnya direncanakan pada tahun lalu, namun tertunda menyusul pandemi Covid-19.

“Syukur pada akhir tahun 2021, PAPPRI bersama sama Jamsostek dan Kementerian Ketenagakerjaan dapat mewujudkannya,” jelas Ayu Soraya.

Mengenai kesejahteraan pekerja musik,  Direktur utama BPJS  Ketenagakerjaan (Jamsostek) Anggoro Eko Cahyo memberikan jaminan bahwa Jamsostek akan memberikan dukungan maksimal bagi jaminan sosial pekerja musik, sebagaimana halnya selama ini terhadap pekerja profesi lainnya.

Candra Darusman yang menjabat sebagai Ketua Umum Federasi Serikat Musik Indonesia (Fesmi) membenarkan tentang perlunya perlindungan bagi pekerja musik. Dalam kesempatan itu Candra menyampaikan Pokok Pokok Pikiran Fesmi kepada Menteri Ketenagakerjaan RI.

Musisi Once Meckel yang juga pengurus PAPPRI di bidang hukum, usai menyanyikan dua lagu dalam acara tersebut, menyampaikan fakta sedih tentang bagaimana para pekerja musik mencari sesuap nasi setiap malam di restoran dan café, sekarang terpaksa hutang sana sini untuk menyambung hidup keluarganya.

Selain dihadiri oleh para musisi dan perwakilan organisasi musik, dialog interaktif ini juga menghadirkan Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar, yang memberikan arahan tentang Deklarasi Gerakan Nasional Anti Kekerasan dan Anti Pelecehan Seksual.

Acara ini dimeriahkan oleh para yang bernaung di bawah PAPPRI. Mereka adalah Delon, Fitri Karlina, Novia Alia. Tampak hadir pula Eros Jarot, Ikke Nurjanah dan Febri WIFI, serta pengurus Kadin dan PHRI. (Tumpak S)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Event

Gelar Konser 27 Mei, Rossa Rayakan 25 Tahun Perjalanan Bermusik

Published

on

By

Rossa siap gelar konseer solo perjalanan 25 tahun bermusik.

Kabarhiburan.com – Rossa siap menggelar konser solo di Istora Senayan Jakarta, pada Jumat, 27 Mei 2022 mendatang.

Konser bertajuk “Rossa 25 Shining Years Concert” diperkirakan bakal disaksikan lebih dari 5000 pecinta musik Indonesia, sekaligus menjadi konser solo pertama di Jakarta, setelah dua tahun dibekap pandemi Covid-19.

Seperti judulnya, konser ini menandai perjalanan bermusik Rossa sejak 25 tahun silam. Rossa sendiri yang memilih judul konser tersebut karena meyakini bahwa semua orang ingin berkilau baik dalam karir, hidup dan kebahagiaan.

Tidak tanggung-tanggung, Rossa perlu melibatkan empat music director yaitu Dandy Lasahido, Risyanda, Eka Gustiwana, Andi Rianto beserta Magenta Orchestra dalam mengaransemen lebih dari 25 lagu lagu hits-nya.

Seperti pada konser sebelumnya, Rossa mengajak teman teman musisi untuk berkolaborasi yaitu: Afgan, Ariel, Lyodra dan Boy William.

Rossa juga mendapuk tim konser yang handal seperti Taba sebagai art director dan Ineth Leimena menjadi di show director.

Pada saat jumpa pers di Jakarta, Rossa mengaku senang sudah bisa kembali konser offline setelah sudah dua tahun lamanya menahan rindu.

“Alhamdulillah. Aku bersyukur, akhirnya yang ditunggu-tunggu hampir tiba. Sudah tidak sabar ingin ketemu dengan para fans,” tutur Rossa pada Selasa (17/5/2022).

Gayung bersambut, antusiasme penggemar Rossa dan penikmat konser juga sangat tinggi dengan tiket konser berhasil habis terjual dalam kurun waktu sangat singkat, hanya beberapa minggu.

Promotornya, Inspire Production berharap ‘Rossa 25 Shining Years Concert’ bisa menjadi inspirasi dan semangat bagi para musisi dan para investor untuk membuka peluang kerja sama di Indonesia dalam bidang Ekonomi Kreatif, khususnya di bidang entertainment.

“Kami bersyukur, akhirnya bisa menggelar konser solo terbesar pertama di masa akhir pandemi,” ujar Intan selaku CEO dari Inspire Production.

Setelah di Jakarta, ‘Rossa 25 Shining Years Concert’ juga akan digelar di Surabaya pada 25 Juni 2022, Bandung 29 Juli 2022 dan beberapa kota besar lainnya.  (Tumpak S)

Continue Reading

Event

Para Penyanyi dan Penari Meriahkan Peringatan Harkitnas 2022 di Tugu Lilin Surakarta

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Perhelatan musik dan tarian akan tersaji dalam menyambut Hari Kebangkitan Nasional ke-114 yang berlangsung di Tugu Kebangkitan Nasional (Tugu Lilin), Solo, pada pada 20 Mei 2022, pukul 10.00 WIB mendatang.

“Akan ada tarian yang dibawakan anak muda mewakili Indonesia bagian Timur, tengah dan bagian barat. Demikian juga para penyanyi yang mewakili Indonesia Timur, Tengah dan Barat,” ujar presenter Sonny Tulung, selaku panitia Hari Kebangkitan Nasional 2022 dalam jumpa pers yang berlangsung di Deteksi Production, Jakarta, Minggu, 15 Mei 2022.

Hari Kebangkitan Nasional tahun ini mengusung tema “Semangat Kebangkitan Nasional” dengan tagline “Bangkit Indonesia!”, diadakan di Solo dimana berbagai organisasi pergerakan kemerdekaan bersatu dan mewujudkan tekadnya untuk Indonesia merdeka, dengan membangun Tugu Lilin pada peringatan 25 tahun Kebangkitan Nasional pada tahun 1933 silam.

Ketua panitianya, Nirmala Firdaus, mengingatkan kembali pentingnya Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini terkait kondisi bangsa yang saat ini masih terpolarisasi secara politik menjadi alasan utama untuk mengobarkan kembali semangat kebangkitan nasional dan nasionalisme yang menyatukan bangsa ini menuju kemerdekaan.

“Semangat kebangkitan nasional mengajarkan kita untuk selalu optimis dalam menghadapi masa depan, merekatkan kembali persatuan dan kebersamaan untuk bangkit menyongsong masa depan yang lebih baik dalam menghadapi semua tantangan dan persoalan sebagai penerus ketangguhan bangsa ini,” tuturnya.

Nirmala menilai, akibat dari polarisasi di masyarakat berbahaya terhadap kehidupan bangsa Indonesia kedepannya karena menciptakan iklim politik identitas yang saling menjatuhkan satu sama lain dan saling curiga satu sama lain.

Lantaran itu, semangat kebangkitan nasional wajib digaungkan kembali dan perlunya persatuan bangsa tanpa membedakan agama, suku, ras, antar golongan serta mempererat kebersamaan untuk bangkit menyongsong masa depan yang lebih baik.

Selain dimeriahkan oleh para musisi dan acara ini juga akan mengundang para tokoh nasional serta pimpinan daerah Kota Surakarta dan pimpinan Provinsi Jawa Tengah, dan tokoh-tokoh nasional. (Tumpak S)

Continue Reading

Event

Balkonjazz Festival di Venue PGN Kararejo Siap Digelar Sabtu 14 Mei 2022

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Balkonjazz Festival 2022 ini akan hadir di Venue Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada Sabtu (14/05/2022).

Pada gelaran yang kedua kali ini Balkonjazz Festival menampilkan para penyanyi ternama. Mereka adalah Kahitna, Pamungkas, Rendy Pandugo, Adhitia Sofyan, Dere, Juicy Luicy, Raissa Anggaini, Coldiac, & Megantoro.

Rachmat Utama selaku sekretaris pada PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk., memberi apresiasi hadirnya Balkonjazz Festival 2022 yang mengusung tagline The Energy That Heals. Ia melihat event yang melibatkan banyak pihak ini menjadi cara untuk menguatkan sinergi antar stakeholder.

Ia juga berharap, Balkonjazz Festival dapat mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan pemulihan industri hiburan kreatif. Sekaligus menjadi bagian integral dari pelaksanaan komitmen ESG (Environmental, Social & Government) yang ada di Pertamina Group.

“Kami merasa sangat terhormat bisa menjadi bagian dari kegiatan yang sangat positif ini. Bagi kami kehadiran Balkonjazz Festival ini akan mampu menjadi ruang yang menghibur melalui penampilan para musisi terbaik sekaligus juga menjadi pemantik mempromosikan potensi ekonomi, khususnya lokasi dimana diselenggarakan Balkonjazz Festival,” tambahnya.

Senada dengan Rachmat Utama, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (persero), Edy Setijono, melihat hadirnya Balkonjazz Festival sebagai salah satu usaha dalam memperkenalkan destinasi yang ada di wilayah sekitar Candi Borobudur.

Borobudur sebagai salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas Indonesia, menurut Edy, pengembangan pariwisatanya tidak hanya boleh terpusat pada satu tempat dan Wilayah saja.

“Kehadiran Balkonjazz Festival akan memberikan manfaat dan informasi menarik dalam usaha mendatangkan wisatawan ke wilayah sekitar Borobudur. Itulah sebabnya kami sangat mendukung kehadiran festival semacam ini,” kata Edy yang menjadi salah satu promotor dari Balkonjazz Festival 2022 ini.

Sementara Bakkar Wibowo, founder Balkonjazz Festival sekaligus promotor dari Sinergi Live, menjelaskan ikhtiar mulia dari hadirnya festival ini untuk mendukung tumbuhnya geliat ekonomi masyarakat lokal melalui pertunjukkan hiburan. Ia merasa keterlibatan dan partisipasi masyarakat lokal menjadi sangat perlu dilibatkan.

“Artinya kebahagiaan yang didapat dari para pengunjung dan penonton festival itu juga menjadi bagian yang terintegrasi dengan kebahagiaan yang diraih oleh masyarakat lokal,” kata Bakkar menjelaskan.

Bakkar mengatakan dalam sejumlah festival di berbagai tempat dan negara, peran serta masyarakat lokal itu selalu dilibatkan. Dalam hal ini, kata dia, Balkonjazz Festival melihat penguatan usaha ekonomi masyarakat lokal bukan lagi menjadi semacam jargon.

“Tapi kami menghadirkannya melalui Pasar Balkon yang telah menjadi identitas melekat dengan Balkonjazz Festival. Pasar ini diperuntukkan dan dikelola secara khusus oleh warga lokal untuk menjual semua hasil produk masyarakat setempat. Di sinilah kelak munculnya sinergi dari sebuah pesta hiburan yang memberikan manfaat kepada masyarakat lokal,” tuturnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Jatmika Budi Santoso, direktur Bhiva Indonesia. Sebagai bagian promotor dari festival ini, ia berharap event sekelas Balkonjazz Festival ini bisa menjadi ritual tahunan yang selalu dinantikan para penikmat musik dan juga pegiat ekonomi lokal.

“Kerinduan inilah yang sudah kami rasakan, terutama ketika pandemi Covid-19 yang mendera Indonesia telah membuat semua aktivitas sosial masyarakat menjadi terhenti. Kini kami berharap tren Covid-19 ini akan terus melandai di negeri ini sehingga membuat aktivitas para seniman dan pekerja kreatif akan semakin tumbuh,” ujarnya. (Tumpak S)

Continue Reading
Advertisement

Trending