Connect with us

Musik

Purwa Caraka Musik Studio Bertahan Di Masa Pandemi, Ini Kiatnya

Published

on

Kabarhiburan.com – Di tengah hiruk pikuk stasiun televisi menyelenggarakan kontes pencarian bakat untuk mencari penyanyi yang akan mengisi kebutuhan industri musik, satu hal yang nyaris terlupakan adalah pendidikan musik itu sendiri.

Disinilah Purwa Caraka Musik Studio (PCMS) bertahan selama 32 tahun. Didirikan 1 Oktober 1988 di Bandung, kini memiliki lebih dari 90 cabang di seluruh Indonesia.

“Memajukan pendidikan musik di Indonesia sudah menjadi komitmen. Kami percaya dengan memberikan kontribusi kepada perkembangan kecerdasan anak-anak Indonesia melalui pendidikan musik, akan berdampak pada regenerasi bangsa yang jauh lebih baik,” kata Purwacaraka, pimpinan PCMS.

Kang Purwa, demikian nama panggilan akrab pria kelahiran Beograd, Yugoslavia, 60 tahun silam ini mengakui bahwa di masa sulit akibat pandemi covid19 yang kini tengah melanda,  kegiatan pendidikan musik yang pertama kali kena imbasnya.

Banyak orangtua, lanjutnya, yang terpaksa menghentikan pendidikan musik yang tengah berjalan karena alasan pandemi seperti sekarang ini.

“Untung saja, sekarang zaman internet, sehingga pengajaran tetap dapat dilanjutkan dengan mengunakan teknologi yang rata rata sudah dipunyai oleh murid murid PCMS tanpa harus datang ke studio atau sekolah PCMS, ” katanya.

Selama masa pandemi, PCMS dituntut agar bisa survive, memelihara semangat bermusik anak-anak dengan berbagai cara. Harus survive secara kehidupan, tentu menuntut agar bisa berinovasi dan beradaptasi dengan dunia yang baru.

“Kami siap bekerja keras untuk memberikan pelayanan pendidikan musik yang semakin baik,” ujar Kang Purwa menambahkan.

Itu sebabnya sebagai pimpinan PCMS, Kang Purwa sempat membuat beberapa program yang dapat diikuti oleh seluruh siswa PCMS maupun masyarakat umum.  Sebut saja diantaranya program main bareng Home Concert,  Berani Berisik,  Lets Talk About ( ngobrol dengan alumni atau musisi berprestasi),  serta bahasan musik dan teater, musik dan film.

Semua program tersebut dimaksudkan agar terus memelihara semangat bermusik. Semangat berkesenian.

“Saya tidak ingin jumawa dengan mengatakan bahwa sangat sedkit sekali orang, bahkan pemerintah sekali pun yang peduli pendidikan musik di saat pandemi ini. Padahal, ini waktu yang sangat baik karena anak anak semua di rumah didampingi orangtuanya,” kata Kang Purwa.

“Dengan terus memelihara semangat bermusik maka anak akan bisa menunjukkan bakat dan kemampuannya, bahkan juga disaksikan oleh anak-anak lain,” tambahnya.

Purwa mengharapkan anak-anak dalam situasi pandemi ini tetaplah belajar dan bermain musik. Bakat bermusik tidak akan menjadi sesuatu yang besar tanpa melalui proses latihan.

Bahkan lewat proses latihan banyak hal yang terjadi diluar dugaan. Misalnya Teza Sumendra, Rossa, dan Afgan kini dikenal sebagai penyanyi ternama yang pernah mengecap pendidikan di PCMS.

“Ada beberapa nama yang enggak sesuai jurusannya, tapi memberikan kontribusi dari sisi lain, misalnya Rossa, dulu di Bandung belajar piano. Afgan juga pernah di Cipete belajar piano. Saya percaya, musisi yang belajar piano biasanya eksplorasi nadanya lebih bagus,” tuturnya.

Selain mereka, penyanyi Marcell Siahaan pernah pula belajar di lembaga kursus musik milik Purwa tersebut. Marcel yang saat itu mengambil kursus bermain drum, bahkan sempat berkontribusi untuk menjadi tenaga pengajar di sana. Di samping itu, sejumlah personel grup musik Tanah Air juga sempat belajar di PCMS.

Hingga kini, Purwa berkomitmen untuk terus mengembangkan apa yang telah ia jalani saat ini, dari segi pelayanan maupun prestasi.

Tak hanya itu, Purwa juga ingin menambah kualitas lembaga kursusnya, serta membuka beberapa kelas baru untuk mengikuti pekembangan zaman. (Tumpak Sidabutar/KH)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Musik

Duet Perdana Shakira Jasmine dan Nuca Dalam Lagu ‘Meant 2 Be’

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Dua penyanyi muda, Nuca dan Shakira Jasmine baru saja merilis lagu kolaborasi mereka berdua yang diberi judul ‘Meant 2 Be’.

Lagu berbahasa Inggris yang bercerita tentang dua insan yang pernah memiliki kisah masa lalu, kemudian bertemu dan memiliki kesamaan, hingga mereka ditakdirkan bersama untuk melalui masalah dan berjanji untuk saling melengkapi.

“Kita buat lagu ini agar tiap orang merasa dia enggak sendirian. Makanya lagu ini bisa jadi penyemangat dan saling menguatkan satu sama lain,” ujar Shakira Jasmine saat ditemui di Jakarta, Senin (29/11).

Pada kesempatan yang sama, Nuca menyebutkan bahwa kisah dalam lagu ‘Meant 2 Be’ sangat berkaitan dengan mereka berdua.

Shakira Jasmine menceritakan perkenalannya dengan Nuca di ajang kompetisi menyanyi, The Voice Kids Indonesia (2016). Empat tahun kemudian, mereka bertemu ketiks membuat cover lagu. Rupanya mereka memiliki selera genre musik yang sama.

“Dalam perjalanannya, lagu ‘Meant 2 Be’ ini enggak sengaja terbentuk,” kata Shakira Jasmine, yang saat itu juga membuat notasi dan lirik lagu. Sementara Nuca langsung membuat instrumennya. Dalam waktu 40 menit, lagu ‘Meant 2 Be’ sudah tercipta.

Sebelum bernyanyi bersama, Shakira Jasmine dan Nuca terlebih dulu membuat demonya dari tempat masing-masing. Mereka saling berkirim materi untuk melengkapi lagu tersebut.

“Setelah demonya jadi, aku infokan ke Musica Studio’s,” ujar Shakira.

Nuca menambahkan, setelah demo lagu selesai, berlanjut ke tahap berikutnya di dapur rekaman dan membuat video klip.

“Sempat ada beberapa revisi di bagian lirik lagu dan dua kali rekaman karena ada perubahan di beberapa bagian,” katanya.

Konsep video klip ‘Meant 2 Be’ menampilkan seorang musikus muda bernama Kira yang ingin mengganti senar gitar ke toko musik. Di sana, dia tak sengaja bertemu Nuca, mantan rekan bermusiknya yang sudah lama tak bersua.

Mereka bertengkar ketika awal bertemu kembali. Cekcok disebabkan sesuatu hal di masa lalu yang belum selesai di antara mereka. Namun demikian, Kira dan Nuca punya mimpi yang sama: ingin menjadi musikus.

Lagu ‘Meant 2 Be’ dari Shakira Jasmine dan Nuca sudah bisa dinikmati di seluruh platform musik digital, yaitu Apple Music, Spotify, Joox, Langit Musik, Youtube Music, Noice, dan Resso.

Video musiknya dapat disaksikan di Youtube Musica Studio’s. (Tumpak S)

Continue Reading

Musik

Nia LIDA Ajak dr. Iqhbal LIDA Pacaran Selama Syuting Video Klip ‘Lebih Dari Hidupku’

Published

on

By

dr. Iqhbal LIDA dan Nia LIDA (Foto: Dok. Liputan6)

Kabarhiburan.com – Rahmadonal Muhammad Iqhbal alias dr Iqhbal LIDA semakin menegaskan eksistensinya di industri musik Tanah Air. Usai meraih gelar Juara Pertama LIDA 2021, disusul meluncurkan single perdana berjudul Lebih Dari Hidupku.

Pencapaian ini sangat membanggakan dr. Iqhbal LIDA, karena ingin dikenal sebagai penyanyi dangdut selain sebagai dokter umum.

“Alhamdulillah. Iqhbal ingin dikenang masyarakat bukan hanya sebagai dokter, tapi juga dari karya saya di panggung dangdut,” jelasnya pada program Semangat Senin (29/11).

Single Lebih Dari Hidupku  yang pernah Iqhbal nyanyikan di Panggung Kemenangan, menyiratkan sebuah perasaan cinta yang teramat dalam.

Penciptanya, Adibal Sahrul, sengaja mengemas lagu dengan aransemen yang mampu memainkan emosi pendengarnya. Musiknya pun menyematkan sisi keharuan dan keromantisan.

“Lagu ini memang menceritakan seseorang yang begitu mencintai pasangannya. Hingga dia merasa rasa cintanya melebihi dari dia mencintai hidupnya sendiri,” tutur Iqhba.

Tak tanggung-tanggung, dr Iqhbal menggandeng Nia LIDA pada video klip Lebih Dari Hidupku. Di bawah arahan sutradara Ryan Wiedaryanto, dr. Iqhbal LIDA dan Nia LIDA beradegan layaknya pasangan kekasih yang sedang menikmati liburan.

Masalah sempat muncul di pihak Iqhbal saat pembuatan video klip. Ia merasa canggung beradu akting dengan Nia LIDA.

“Soalnya, baru pertama kali bertemu dengan Nia pas pembuatan video klip. Aku canggung bahkan deg-degan,” kenang dr. Iqhbal.

Beruntung, Nia dapat mengatasi keadaan.

“Setiap megang tanganku, dia bilang deg-degan. Ya sudah. Aku bilang, hari ini kita pacaran, biar kamu enggak deg-degan lagi,” ujar Nia LIDA sambil tertawa. (Tumpak S)

Continue Reading

Musik

Denny Caknan Jawara ‘Anugerah Dangdut Indonesia 2021’, Borong 3 Piala

Published

on

By

Denny Caknan borong 3 piala Anugerah Dangdut Indonesia 2021 (Foto: Instagram denny_caknan)

Kabarhiburan.com – Ajang penghargaan untuk insan musik dangdut, Anugerah Dangdut Indonesia (ADI) 2021 MNCTV berlangsung di panggung megah nan meriah, pada Rabu (24/11) malam.

Para bintang dangdut papan atas, tampil memesona pemirsa dan menyaksikan pembacaan 94 Nominasi untuk 12 Kategori penghargaan. Terdiri 7 kategori terpopuler, 4 kategori terbaik pilihan juri dan 1 kategori lifetime achievement.

Ajang yang tahun ini bertema: Beauty of Dangdut, ADI 2021 dibuka oleh penampilan 3 Diva yakni Ayu Ting Ting, Inul daratista dan Zaskia Gotik menyanyikan lagu ‘sakasi slow’ dan ‘jang ganggu’.

Penampilan para bintang dangdut lainnya pun tak kalah menariknya, seperti Via Vallen menampilkan ‘dinda jangan marah-marah’, Hendra Kumbara dan Denny Caknan dengan lagu ‘yowis!’.

Disusul Dewi Persik dan Inul Daratista dengan lagu medley ‘arjuna buaya, mimpi manis  dan masa lalu’ dan masih banyak lagi penampilan bintang dangdut lainnya.

Tibalah saat yang ditunggu adalah pengumuman para pemenang ADI 2021. Denny Caknan memborong sekaligus 3 penghargaaan melalui “Video Clup Dangdut Terbaik“, “Penyanyi Dangdut Paling Di Hati“, serta satu lagi bersama Happy Asmara juga meraih “Kolaborasi Dangdut Paling Di Hati“.

Syukur Alhamdulillah . Trimakasih bapak, ibuk. Keluarga dan semuanya yang mensupport saya… Kulo Terharu,” tulis Denny Caknan di instagram pribadinya.

Berikut daftar lengkap pemenang Anugerah Dangdut Indonesia 2021:

1.Lagu Dangdut Terbaik: “Seindah Pelangi“, Inul Daratista.

2.Penyanyi Dangdut Wanita Terbaik : Evi Masamba.

3.Penyanyi Dangdut Pria Terbaik: Danang.

4.Video Clip Dangdut Terbaik: Denny Caknan.

5.Lagu Dangdut Paling di Hati: ‘Lesti Kejora’.

6.Penyanyi Dangdut Wanita Paling di Hati : Ayu Ting Ting.

7.Penyanyi Dangdut Pria Paling di Hati : Dennny Caknan.

8.Lagu Popdut Paling di Hati : Happy Asmara.

9.Kolaborasi Dangdut Paling di Hati : Denny Caknan & Happy Asmara.

10.Duo/Trio/Group Dangdut Paling di Hati : Guyon Waton.

11.Penyanyi Dangdut Pendatang Baru Paling di Hati : Gitalia KDI.

12.Lifetime Achievement : Muchsin Alatas

Continue Reading
Advertisement

Trending