Connect with us

Musik

PWI Sie Musik, Film dan Lifestyle Dorong Pemerintah Terbitkan Ijin Konser

Published

on

Para narasumber dalam diskusi: ‘Recovery Industri Hiburan di Era New Normal’, Sabtu (22/8).

Kabarhiburan.com, Jakarta – Pemerintah RI mencanangkan new normal sejak 2 bulan silam, namun para pekerja seni di dunia hiburan musik dan film belum bisa melakukan aktivitasnya hingga hari ini.

Situasi tersebut disebabkan oleh kebijakan pemerintah masih kerap berubah-ubah. Belum adanya prosedur tetap alias protap sebagai panduan agar aktivitas dunia hiburan bisa berjalan kembali di era new normal saat ini.

Hal ini mengemuka dalam diskusi: Recovery Industri Hiburan di Era New Normal, yang diselenggarakan PWI Sie Musik, Film dan Lifestyle di Jambuluwuk Resort, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/8).

Promotor musik Harry Koko Santoso mencatat, tidak kurang dari 76.000 musisi yang hari ini tidak bisa melakukan kegiatan alias menganggur sejak pandemi Covid-19.

Promotor musik, Harry Koko Santoso

“Dari catatan kami, memang ada sekitar 30.000 musisi dari zamannya band Koes Plus sampai Raisa sekarang yang punya kegiatan. 1000 lebih diantaranya sudah eksis,” jelas Koko.

CEO Deteksi Musik ini juga mencatat, dalam sehari saja ada ribuan kegiatan musik yang tertunda, maka hitung sendiri berapa banyak konser yang tertunda selama pandemi Covid-19 sampai hari ini.

“Kalaupun ada kegiatan musik di acara pernikahan, ulang tahun dan sebagainya di tingkat kelurahan di berbagai kota, namun skalanya masih sangat kecil. Yang pasti, pandemi telah membuat para musisi kesulitan secara ekonomi,” katanya.

Harry Koko menambahkan bahwa hampir semua negara di dunia mengalami masalah besar selama pandemi, namun pemerintah harus ada ketegasan yang pasti tentang protokol kesehatan demi menunjang kegiatan ekonomi.

Caranya, pemerintah daerah memberi kelonggran bagi kegiatan seni. Misalnya, menggratiskan sewa gedung atau areal bagi kegiatan seni, mengurangi atau bahkan menghapus pajak tontonan bagi kegiatan seni. Syukur-syukur, industri kreatif  PHRI juga dibantu.

Kalau kegiatan mereka mendapat bantuan konkret dari pemerintah, saya kira kita bisa keluar dari masa pendemi ini,” pinta Harry Koko Santoso.

Tidak ada kegiatan manggung (off air) selama Pandemi Covid-19 juga disuarakan oleh Agi Sugianto selaku produser artis, seperti Trio Macan, T-Five dan D’Mojang.

”Hitung saja, jika Trio Macan sekali manggung dibayar 70 juta. Jika dalam sebulan katakanlah 4 kali, maka jika dihitung dari bulan maret sampai sekarang sudah berapa juta ratus juta kerugiannya,” jelas Agi.

Lebih jauh Agi mengatakan bahwa penghasilan utama artis di bawah naungannya, terbesar berasal dari konser off air, sehingga jika tidak ada konser, itu artinya tidak ada pemasukan.

Demi memaksimalkan pemasukan, Agi sudah melakukan terobosan, seperti mengadakan  konser secara digital. Hasilnya, 70 persen hasil digital masih tergantung dari hasil konser artisnya. Sementara pemasukan dari YouTube,  belum bisa dijadikan ladang pemasukan.

“Pemasukannya fluktuatif yang baru bisa diterima pada tahun depan,” jelas Agi yang mengamini pernyataan Harry Koko Santoso, tentang perlunya prosedur tetap dari pemerintah untuk menggerakkan kembali dunia hiburan di masa new normal.

Selain Harry Koko Santoso dan Agi Sugianto, PWI Sie Musik, Film dan Lifestyle juga menghadirkan para narasumber lain, seperti  musisi – Roy Jeconiah, Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) – Djonny Sjafruddin, pekerja seni – Inggrid Wijanarko, komedian – Derry 4 Sekawan, Ketua Umum Pafindo – Bagiono Prabowo dan Ketua Umum Parfi – Alicia Johar.

Diskusi yang berlangsung dalam suasana akrab ini dibuka secara resmi oleh Ketua PWI DKI Jakarta, Sayid Iskandarsyah, yang hadir bersama jajaran pengurus harian PWI DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Sayid Iskandarsyah mengatakan bangga dengan kegiatan PWI DKI Jakarta Sie Musik, Film dan Lifestyle  yang menghadirkan para narasumber yang kompeten di bidangnya.

Ketua PWI DKI Jakarta Sie Musik, Film dan Lifestyle

Irish Riswoyo selaku Ketua PWI Sie Musik, Film dan Lifestyle berharap kegiatan ini mampu  menemukan solusi terbaik dan keputusan bersama yang kelak akan diserahkan DPR RI Komisi X.

“Sebagai jurnalis yang kesehariannya meliput kegiatan hiburan, ikut prihatin dengan kondisi dunia hiburan yang belum juga bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

“Disini kami merasa perlu duduk bersama dan berdikusi dengan semua stakeholder dunia hiburan, guna menemukan solusi terbaik agar pekerja seni bisa segera kembali beraktivitas di era new normal ini,” ujar jurnalis senior ini.

Suksesnya diskusi Recovery Industri Hiburan di Era New Normal, mendapat dukungan dari Jambuluwuk Resort, Warner, Pafindo, Proaktif, Nagaswara, Balihai, Keith Rustam, Sandec Sahetapy, Bogor Rain Cake, Deteksi Production, PT Bromo Noto Negoro dan PT Satas Transportindo International (STI). (Tumpak Sidabutar/KH)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Musik

Aldiv Muncul dengan Lagu Galau, ‘Tinggalkan Rasa’

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Solois pendatang baru, Aldiv mencurahkan perasaan terdalamnya saat menyanyikan single perdananya, berjudul Tinggalkan Rasa, karya duo komposer muda, Feriko Nainggolan dan Joko Bramantyo (Gawean Fikojoko).

“Perasaanku saat ini sangat bahagia. Karena ini merupakan bagian bersejarah dalam hidupku. Dan, aku bersyukur bisa memberikan karya single pertama aku,” ujar pria bernama lengkap Aldi Choirul Anwar ini.

Aldiv mengenalkan single Tinggalkan Rasa melalui Dumeca Records, di Hotel Raffles, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (21/1/2021).

Lagu ini menceritakan tentang percintaan sepasang kekasih, di mana si pria telah berkorban banyak hal demi wanita yang ia cintai. Hanya saja, cintanya tak berbalas sepenuh hati. Wanita tersebut malah kedapatan berbagi hati dengan pria lain.

Secara tema, musik dan lirik, lagu ini sangat mengena dan mewakili kehidupan kawula muda. Kisah cinta serupa selalu ada dari zaman ke zaman dan terus berulang-ulang. Siapa pun di antara kita, pasti ada yang pernah mengalaminya. Lagu Tinggalkan Rasa sangat cocok untuk menemani hati Anda yang galau.

“Semoga karyaku bisa diterima oleh seluruh masyarakat,” pinta Aldiv, yang pernah memenangkan kejuaraan menyanyi di Surabaya dan kompetisi Bigo Live baru-baru ini.

Baginya, peluncuran single Tinggalkan Rasa ini merupakan suatu pencapaian terbesar. Ini akan memotivasinya agar terus berkarya dan berkarya lagi di masa mendatang.

Aldiv pun mengaku ingin fokus menjalani karier musik yang sudah dipilihnya. Perjalanan panjang dalam mengeluarkan karya musik, membuatnya menghargai proses yang sudah ia lewati.

Aldiv bangga bisa membuktikan bahwa putra daerah juga bisa memberikan karyanya di belantika musik indonesia. Semua pengalaman yang sangat luar biasa di balik proses pembuatannya memberikannya lebih banyak ilmu dan pelajaran lagi.

Lagu Tinggalkan Rasa sudah dapat dinikmati platform musik digital, seperti Joox, iTunes, Spotify dan Deezer. (Tumpak S)

Continue Reading

Musik

Memulai Perjalanan Baru, Sheryl Sheinafia Rilis Album ‘Jennovine’

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Membuka tahun 2021 saatnya bagi solois Sheryl Sheinafia mengekspresikan kemajuan bermusiknya, melalui album terbarunya bertajuk Jennovine.

Baginya, album tersebut berperan menunjukkan kemampuan untuk beradaptasi dengan dunia yang belum sepenuhnya ia pahami.

Dalam keterangan resminya, Jumat (15/1/2021), Sheryl memulai perjalanan baru dengan musiknya di album terbaru ini.

Hal tersebut terlihat dengan jelas ia melakukan pendekatan berbeda melalui produksi musik disepanjang album. Komposisi lagu-lagu terlihat sangat kontras dengan karya-karya Sheryl sebelumnya.

Bisa dikatakan seperti kupu-kupu yang pertama kali melebarkan sayapnya. Pendek kata, Jennovine berperan sebagai kebangkitan Sheryl Sheinafia sebagai musisi.

Di album ini Sheryl berkolaborasi dengan sejumlah musisi Indonesia lainnya, seperti A. Nayaka, Pamungkas dan Rendy Pandugo.

Album Jennovine dari Sheryl Sheinafia rilis 15 Januari 2021 di seluruh platform musik digital seperti Spotify, Apple Music, Joox, Langit Musik, Noice dan Resso.

Official video lyric dapat disaksikan di platform Vidio dan YouTube ‘Musica Studios’ secara bertahap. Adapun video karaoke dapat dinikmati bersama dalam waktu dekat di channel YouTube ‘Musica Karaoke’. (Tumpak S)

Continue Reading

Musik

Jelang Album Kedelapan, Tipe-X Rilis Single ‘Kisah Cinta Kamu dan Aku’

Published

on

By

Kabarhiburan.com – Lebih dari 25 tahun perjalanan bermusik dan terus menjaga eksistensinya di jagad musik Tanah Air, merupakan prestasi tersendiri yang patut dibanggakan. Itulah Tipe-X dengan musik Ska-nya.

Memasuki tahun 2021, kelompok musik yang digawangi Tresno-X (vokal), Micky-X (bass), Yoss-X (gitar), Arie-X (drum), Billy-X (gitar) dan Anto-X (trombone) menyatakan siap meluncurkan album kedelapan mereka.

Sebelum sampai ke sana, Tipe-X terlebih dulu merilis single dan video klip terbaru, berjudul Kisah Cinta Kamu dan Aku, pada hari ini, Senin (18/1/2021).

Single ciptaan Tresno tersebut merupakan single pertama dari album kedelapan mereka, diharapkan dapat memuaskan dahaga kerinduan jutaan Friend-X (sebutan fan base Tipe-X) di Tanah Air.

“Single ini mengisahkan pasangan cinta yang dipisahkan oleh jarak yang lumayan jauh. Pada salah satu baitnya tertulis, yang paling kerasa saat merindu, cuma bisa pandang pandang fotomu,” ujar Tresno-X yang ditemui di Bekasi, Kamis (14/1).

Selanjutnya pada bait refrain, Tresno-X menitip pesan bahwa orang yang berjauhan itu harus saling percaya dan enggak boleh curiga, walaupun godaan selalu ada.

Menurut Tresno, kisah cinta yang dimaksud dalam lagu tersebut tidak melulu tentang orang pacaran. “Syair lagu ini relate dengan situasi terkini selama pandemi, dimana banyak keluarga yang terpisah karena pandemi. Demikian pula ibu yang merindukan anaknya di perantauan,” jelasnya.

Video Klip Kisah Cinta Kamu dan Aku sudah bisa dinikmati di kanal YouTube Favorite Record.mulai hari ini, Senin (18/1/2021)  (Tumpak S)

Continue Reading
Advertisement

Trending