Connect with us

Lifestyle

Solusi Dr. Michael Triangto Guna Cegah Dampak Negatif Olahraga Lari

Published

on

Kabarhiburan.com – Olahraga lari menjadi tren di Indonesia dan di seluruh dunia sejak lama. Selain relatif murah dan mudah melakukannya, olah raga menghibur ini dapat dilakukan dimana saja. Melalui olahraga lari pula, jalinan relasi dan komunitas dapat berkembang lebih luas.

Meningkatnya kebutuhan berlari dengan cara yang baik dan benar, juga diikuti oleh kemajuan perekonomian. Mulai dari industri pakaian olahraga khusus pelari, kaos kaki, sepatu, minuman, suplemen olahraga, hingga peralatan gadget terkini untuk merekam aktifitas lari.

Maraknya ajang olahraga lari pun meninginspirasi pebisnis untuk menjadi sponsor berbagai even lomba. Mulai dari 5K, 10K, half marathon, full marathon, ultra marathon. Ada pula penyelenggara yang kreatif mengadakan lomba versi baru, misalnya Vertical Run, Color Run, Mountain Run, dan lainnya.

Semua memberi kesempatan seluas mungkin bagi masyarakat pecinta olahraga lari untuk mengikuti lomba lari di berbagai tempat, sesuai kalender lomba yang ditawarkan.

Dr. Michael Triangto, SpKO – spesialis kedokteran olahraga dari RS Mitra Kemayoran dan Klinik Slim n Health Jakarta, membenarkan  bahwa olahraga lari memang menjanjikan banyak dampak positif, baik secara fisik maupun mental.

“Ini kabar baik yang diharapkan mampu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dan dapat mengurangi terjadinya penyakit-penyakit tidak menular. Sebut saja obesitas, diabetes melitus, hipertensi, kolesterol darah tinggi dan penyakit-penyakit lainnya, bilamana kita mampu mengantisipasi hal–hal negatif yang mungkin terjadi,” jelas dr. Michael.

Dr. Michael mengingatkan bahwa fenomena olahraga lari juga dapat menimbulkan berbagai kasus ringan seperti cedera, terkilir, overused injury, dehidrasi. Hingga yang berat, seperti pingsan bahkan meninggal, bagai gunung es lantaran banyak kasus yang tidak dilaporkan.

Michael mengingatkan pada sejarah olahraga marathon yang berawal dari Pheidippides, seorang prajurit Yunani yang berlari sejauh 42.195 KM ke Athena untuk memberitahukan kemenangan perang di Marathon, yang berakhir dengan kematiannya.

“Peristiwa tersebut mengingatkan kita kalau berlari sejauh itu dapat berakibat fatal, bila tidak memiliki kesiapan fisik yang prima. Demikian pula bila para pengemar olahraga lari mengikuti eforia olahraga lari, tanpa pengetahuan tentang kesehatan olahraga yang benar,” katanya.

Mengurangi Biaya Pengobatan

Dalam rangka menekan terjadinya gangguan kesehatan dan tetap menjaga tren positif dari olahraga lari itu sendiri, dr. Michael memberikan enam solusinya:

Pertama, pelari perlu secara teratur memeriksakan kesehatan maupun kebugaran tubuhnya, yang dinyatakan dalam bentuk sertifikat kesehatan. Sertifikat ini dikeluarkan oleh dokter spesialis kedokteran olahraga, atau yang berkompeten memeriksa kesehatan dan kebugaran pelari.

Sertifikat hanya berlaku selama waktu tertentu, sehingga perlu diperbaharui jika masa berlakunya sudah berakhir.

“Kondisi tubuh dan metabolisme setiap pelari dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dengan melakukan check-up rutin akan membantu mencegah pelari dari hal negatif terhadap kesehatan yang bisa terjadi saat mengikuti kompetisi lari,” jelas dr. Michael.

Kedua, sebelum memasuki arena lomba, pelari sudah terlebih dahulu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang terjadi sebelum berlomba. Mulai dari adanya pengobatan penyakit, gangguan postur sampai dengan kelainan bentuk dari telapak kaki, guna menghindari gangguan kesehatan yang lebih serius.

Ketiga, setiap pelari wajib membiasakan diri meningkatkan pengetahuan tentang segala hal yang berhubungan dengan olahraga lari. Mulai dari tehnik berlari yang benar, peralatan yang harus dimiliki, pemilihan medan yang akan ditempuh dan pengaturan periodisasi latihan yang baik sampai masa istirahat yang cukup.

“Melalui upaya ini  diharapkan pelari lebih selektif dalam berlomba, sehingga target untuk hidup lebih sehat juga dapat tercapai,” ujar Michael yang juga memberi masukan terhadap para penyelenggara, antara lain:

Keempat, penyelenggara wajib mempersiapkan lomba sebaik-baiknya. Mulai dari sisi keamanan lintasan, depot air yang cukup dalam jarak yang ditentukan, tim medis, para medis dan ambulans yang memadai dan terampil dalam menangani kasus-kasus gangguan kesehatan akibat olahraga.

“Perlu disiapkan pula asuransi untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Kelima, penyelenggara diharapkan melibatkan induk olahraga atletik untuk meningkatkan nilai keamanan dari setiap lomba dengan memberikan pelatihan bagi para pelari dan instruktur secara berkala.

Keenam, penyelenggara perlu melibatkan pemerintah, seperti Kemenkes dan Kemenpora yang membuat berbagai peraturan dan pengawasan atas berjalannya peraturan tersebut sebagaimana yang telah ditetapkan.

Dr Michael membenarkan, keenam solusi tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun diyakini dapat meminimalkan angka kesakitan dan kematian, serta meningkatkan kualitas dari perlombaan lari.

Selanjutnya memberi banyak keuntungan, yakni meningkatkan kesehatan masyarakat, mengurangi biaya pengobatan yang dikeluarkan pemerintah, meningkatkan kemampuan bekerja, serta meningkatkan roda perekonomian negara tanpa perlu mengorbankan pihak-pihak tertentu. (Tumpak Sidabutar/KH)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle

SeOn Hadirkan Konsep One Stop Solution Untuk Sekolah Berbasis Online

Published

on

Kabarhiburan.com, Jakarta- Pandemi covid-19 yang hampir setahun belum mereda, menuntut lembaga sekolah melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring. Dalam konteks digitalisasi lembaga pendidikan, SeOn Indonesia menghadirkan platform sekolah gratis dengan konsep one stop solution.

Disampaikan oleh Muhamad Ibra Abdi selaku Public Relation SeOn Indonesia di Bandung pada Senin 11 januari 2020 menjelaskan, SeOn versi terbaru ini mengusung konsep one stop solution yang menghadirkan lebih banyak fitur. Menggabungkan Sistem Manajemen Sekolah, Sistem Informasi Sekolah dan Sistem Manajemen Pembelajaran dalam satu platform.

Nama fitur dan fungsi dibuat sama dengan sistem manajemen di sekolah pada umumnya, seperti ‘Ruang Kelas’, ‘Ruang TU’, ‘Ruang Guru’ dan lainnya. Sehingga lebih mudah digunakan oleh guru, siswa maupun orangtua.

Ibra menambahkan, guna mendukung kegiatan belajar mengajar, SeOn versi 2 sudah dilengkapi dengan fitur live video, bank soal, ujian online, rekap penilaian, PR, grup diskusi dan lainnya. Hingga semua bisa dilakukan dalam satu platform.

“Kami juga buat tampilannya seperti sosial media agar suasana belajar lebih menyenangkan. Harapannya bisa meningkatkan minat dan semangat belajar siswa” terang Ibra.

Untuk dapat mengakses platform SeOn secara gratis, pihak se kolah dapat langsung berkunjung ke website resmi seonindonesia  dan mendaftarkan sekolahnya di halaman registrasi. Customer service SeOn akan menghubungi pihak sekolah untuk menjelaskan prosesnya lebih lanjut.

Kebijakan pemerintah untuk yang menghentikan sementara kegiatan belajar di sekolahbkarena pandemi Covid-19 yang belum usai mengakibatkan proses pembelajaran terpaksa dilakukan secara daring atau online.

Penggunaan platform untuk menunjang kegiatan belajar antara siswa dan guru menjadi kebutuhan pihak sekolah agar proses pendidikan bisabtetap berlangsung.

Seon Indonesia sebuah startup edutech di Bandung berusaha menghadirkan suasana sekolah yang mudah dan menyenangkan dengan Platform SeOn. Nama SeOn diambil dari akronim Sekolahan Online.

“Misi kami adalah ingin berkontribusi dengan membantu para stake holder sekolah mencapai tujuan Pendidikan” tegas Ibra. (KH/S Gembur)

Continue Reading

Lifestyle

Hydrokyoot, Minuman Penuh Kebaikan Bagi Tumbuh Kembang Anak

Published

on

By

Kabarhiburan.com – PT Karniel Pacifik Indonesia (KPI) melebarkan sayap produknya. Kini, meluncurkan produk baru, Hydrokyoot untuk menyasar  pasar anak-anak dan remaja. Sebelumnya, PT KPI meraih sukses dengan produk  Hydromamma yang best seller, berupa asupan nutrisi dan hidrasi untuk wanita dewasa.

Hydrokyoot merupakan minuman mengandung ekstrak buah natural dan multivitamin. Sengaja Hydrokyoot diciptakan guna memberi pengalaman minum yang menyenangkan dengan berbagai varian rasa segarnya, juga penuh kebaikan bagi tumbuh kembang anak.

Setiap sachet Hydrokyoot mengandung banyak vitamin dan mineral, diantaranya terkandung Tinggi Kalsium dan Fosfor yang baik untuk pembentukan tulang dan perkembangan sistem saraf otak anak di masa pertumbuhan.

Selain itu, Hydrokyoot juga mengandung Tinggi Vitamin C yang sangat baik untuk menjaga imunitas tubuh serta Tinggi 11 Vitamin penting lainnya.

Lily Tenacious Wijono, selaku Direktur Marketing & Sales KPI membenarkan bahwa Hydromamma lebih ditujukan sebagai asupan nutrisi dan hidrasi untuk wanita dewasa, sedangkan Hydrokyoot lebih diperuntukkan untuk anak-anak dan remaja terutama yang sedang dalam masa pertumbuhan.

“Kalangan anak-anak dan remaja yang terbiasa dengan aktivitas tinggi, mereka tentu butuh asupan nutrisi berupa mineral dan vitamin sebagai penunjang pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang baik. Untuk itulah kami menghadirkan Hydrokyoot,” jelas Lily, baru-baru ini di Jakarta.

Hydrokyoot, lanjut Lily, aman diminum setiap hari sebagai penunjang kebutuhan hidrasi dan nutrisi harian anak, sehingga terhindar dari dehidrasi yang merupakan salah satu penyebab utama dari sulitnya anak untuk konsentrasi.

“Hydrokyoot juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak dan remaja terutama di masa pandemi seperti sekarang ini,” kata Lily.

Hydrokyoot hadir dengan empat pilihan rasa; jeruk, apel, stroberi dan anggur. Dijual dalam bentuk sachet. 1 boks berisi 12 sachets dijual dengan harga Rp. 50ribu.

Bisa dibeli di https://www.hydromamma.com/id/beli/hydrokyoot/best-seller. (Tumpak S)

Continue Reading

Lifestyle

Gisella Anastasia Fokus Kembangkan Madame Gie Kebanggannya

Published

on

By

Gisella Anastasia Sambut Tahun Baru.

Kabarhiburan.com – Penyanyi Gisella Anastasia siap menyambut Tahun Baru dengan banyak kegiatan. Salah satu yang Gisel lakukan adalah fokus mengurus bisnis yang sudah dirintisnya.

Ibu dari satu anak ini terus melangkah, di tengah isu tak sedap yang melilitnya beberapa waktu lalu. Gisel tetap aktif berkarir sembari tetap fokus kembangkan brand kebanggaannya, Madame Gie.

“Madame Gie selalu memberikan kejutan untuk MG’ers. Kali ini Madame Gie mengeluarkan skincare series untuk memanjakan kulit sehat MG’ers,” tulis Gisel dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/12).

Tahun depan, Gisella Anastasia bakal mengenalkan skin care series terbaru untuk para MG’ers (sebutan pengguna Madame Gie).

Total ada 5 produk skincare series yang bakal dirilis Gisel. Sebut saja, face cleanser, toner, serum, mist sampai face care pimple spot.

Jebolan Indonesian Idol tersebut, mengatakan pengenalan skin care series terbaru tersebut sudah diimpikannya sejak lama.

“Skincare series Madame Gie ini sudah saya nantikan sejak lama, dan ini terwujud juga karena banyak ya permintaan dari para sahabat dan MG’ers, makanya aku persembahkan skin care series ini untuk mereka,” tambahnya.

Saat disinggung soal harga, Gisel menjanjikan jika harga dari produk terbarunya yang bakal rilis nanti bakal tetap ramah bagi kantong. Sementara itu, kualitasnya sendiri akan tetap terjaga.

“Harapan Madame Gie karena sebentar lagi menyambut tahun baru 2021, ingin membuat kulit MG’ers lebih sehat dan lebih glowing pastinya dan tetap ramah di kantong MG’ers yang paling utama,” tuntas Gisel.

Selain Madame Gie, Gisel diketahui memiliki beberapa bisnis lain di bidang yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah Mamain Cafe, Gulu Gulu, dan Gill by Giselle.

Seperti diketahui, Madame Gie merupakan produk bisnis yang dijalani Gisel. Produknya merupakan brand kosmetik keluaran PT Tjhindatama Mulia yang berdiri pada 2018 lalu.

Pada Oktober 2020 lalu, Madame Gie merayakan ulang tahun ke 2 dengan rangkaian acara setiap harinya, mulai 1 hingga 31 Oktober 2020. (Tumpak S)

Continue Reading
Advertisement

Trending